Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Lingkaran

Authors

  • Eyldi Elyadi Husein Tangahu Universitas Negeri Gorontalo
  • Sarson W. Dj. Pomalato Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v13i1.21336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah dalam meningkatkan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita pada materi lingkaran di kelas VIII MTs Negeri Suwawa semester ke 2 untuk tahun pelajaran 2023/2024 dengan rancangan Post Test Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Negeri Suwawa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Simple Random Sampling. Dari sampel yang terpilih, dipilih satu kelas menjadi kelas eksperimen, yaitu kelas yang diterapkan model pembelajaran berbasis masalah dan satu kelas sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang diterapkan model pembelajaran konvensional. Hipotesis dalam penelitian ini yakni terdapat pengaruh positif terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Sebelum melakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan pengujian normalitas data dan homogenitas varians. Hasil pengujian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan sampel yang dipilih berasal dari populasi yang homogen. Analisis data untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dengan taraf signifikan (α) 0,05 dan dk (n1 + n2 – 2).  Dari hasil pengujian menunjukkan bahwa thitung > ttabel yakni 2,15 > 1,68, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi dibandingkan dengan kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita yang belajar dengan model pembelajaran konvensional pada materi lingkaran.

Kata kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Kemampuan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles