Pengaruh Media Ispring Quiz Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Di Kelas VII SMP Negeri 5 Bolaang Mongondow Utara
Keywords:
Ispring Quiz Maker, Hasil Belajar Siswa, Bilangan Bulat.Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Ispring Quiz Maker terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bolaang Mongondow Utara Tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 99 siswa dan sampel penelitian diambil dua kelas dengan cara Teknik Random Sampling. Yang diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen atau kelas yang dibelajarkan dengan media Ispring Quiz Maker dan kelas VII B sebagai kelas kontrol atau kelas yang dibelajrkan menggunakan media Power Point dan Quizizz. Dalam penelitian ini hasil analisis inferensial menunjukan bahwa kedua data berdistribusi normal serta homogen sehingga dilanjutkan dengan pengujian kovarians (Uji ANACOVA) yang memperoleh hasil H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dalam hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa lebih tinggi setelah dibelajarkan menggunakan media ispring Quiz Maker dibandingkan dengan menggunakan media Power Point dan Quizizz. Dengan hal ini berarti terdapat pengaruh positif penggunaan media Ispring Quiz Maker terhadap hasil belajar siswa.
Â
Downloads
References
Akmalia, F. (2020). Pemanfaatan Ispring Suite Quizmaker Untuk Pembuatan Soal-Soal Bahasa Arab. Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 2(2), 15-29.
Bito, N., & Masaong, A. K. (2023). Peran Media Pembelajaran Matematika sebagai Teknologi dan Solusi dalam Pendidikan Di Era Digitalisasi dan Disruption. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 88-97.
Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) terhadap hasil belajar matematika siswa sd. Jurnal cakrawala pendas, 3(1).
Djikilo, F. A., Zakaria, P., Isa, D. R., & Majid, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Open Ended di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Batudaa. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2), 508-513.
Faelasofi, R. (2016). Penerapan metode mind mapping pada pembelajaran matematika. JURNAL e-DuMath, 2(2).
Hasan, M. E. W., Majid, M., & Takaendengan, B. R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Negeri 1 Bonepantai. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3105-3115.
Hasibuan, I. (2015). Hasil belajar siswa pada materi bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal peluang, 4(1).
Ismail, Y. (2021). Membangun Sikap Positif Untuk Menghindari Sikap Phobia Matematika. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 9(2), 134-140.
Khaerani, K., Ismail, S., & Oroh, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Prisma. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 10(2), 153-163.
Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16(2).
Purba, H. S., Pramita, M., & Sari, D. P. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan iSpring untuk Guru SD. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 461-469.
Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1-14.
Umam, K., & Yudi, Y. (2016). Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 84-92.
Sahir, S. H. (2021). METODOLOGI PENELITIAN (T. Koryati (ed.); Ist ed,). PENERBIT KBM INDONESIA.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.