Pengaruh Media Ispring Quiz Maker Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Bilangan Bulat Di Kelas VII SMP Negeri 5 Bolaang Mongondow Utara

Authors

  • Sulastri Atalap Universitas Negeri Gorontalo
  • Yamin Ismail Universitas Negeri Gorontalo
  • Bertu Rianto Takaendengan Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Ispring Quiz Maker, Hasil Belajar Siswa, Bilangan Bulat.

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Ispring Quiz Maker terhadap hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat. Metode penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 5 Bolaang Mongondow Utara Tahun pelajaran 2023/2024 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 99 siswa dan sampel penelitian diambil dua kelas dengan cara Teknik Random Sampling. Yang diperoleh kelas VII C sebagai kelas eksperimen atau kelas yang dibelajarkan dengan media Ispring Quiz Maker dan kelas VII B sebagai kelas kontrol atau kelas yang dibelajrkan menggunakan media Power Point dan Quizizz. Dalam penelitian ini hasil analisis inferensial menunjukan bahwa kedua data berdistribusi normal serta homogen sehingga dilanjutkan dengan pengujian kovarians (Uji ANACOVA) yang memperoleh hasil H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dalam hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa lebih tinggi setelah dibelajarkan menggunakan media ispring Quiz Maker dibandingkan dengan menggunakan media Power Point dan Quizizz. Dengan hal ini berarti terdapat pengaruh positif penggunaan media Ispring Quiz Maker terhadap hasil belajar siswa.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akmalia, F. (2020). Pemanfaatan Ispring Suite Quizmaker Untuk Pembuatan Soal-Soal Bahasa Arab. Tsaqofiya: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab, 2(2), 15-29.

Bito, N., & Masaong, A. K. (2023). Peran Media Pembelajaran Matematika sebagai Teknologi dan Solusi dalam Pendidikan Di Era Digitalisasi dan Disruption. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 88-97.

Cahyaningsih, U. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (tgt) terhadap hasil belajar matematika siswa sd. Jurnal cakrawala pendas, 3(1).

Djikilo, F. A., Zakaria, P., Isa, D. R., & Majid, M. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Open Ended di kelas VII-1 SMP Negeri 1 Batudaa. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 11(2), 508-513.

Faelasofi, R. (2016). Penerapan metode mind mapping pada pembelajaran matematika. JURNAL e-DuMath, 2(2).

Hasan, M. E. W., Majid, M., & Takaendengan, B. R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII SMP Negeri 1 Bonepantai. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 3105-3115.

Hasibuan, I. (2015). Hasil belajar siswa pada materi bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 1 Banda Aceh tahun pelajaran 2013/2014. Jurnal peluang, 4(1).

Ismail, Y. (2021). Membangun Sikap Positif Untuk Menghindari Sikap Phobia Matematika. EULER: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 9(2), 134-140.

Khaerani, K., Ismail, S., & Oroh, F. A. (2022). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik Pada Materi Prisma. Euler: Jurnal Ilmiah Matematika, Sains dan Teknologi, 10(2), 153-163.

Nur'aini, I. L., Harahap, E., Badruzzaman, F. H., & Darmawan, D. (2017). Pembelajaran matematika geometri secara realistis dengan GeoGebra. Matematika: Jurnal Teori dan Terapan Matematika, 16(2).

Purba, H. S., Pramita, M., & Sari, D. P. (2022). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan iSpring untuk Guru SD. JCES (Journal of Character Education Society), 5(2), 461-469.

Rustan, E., & Bahru, M. S. (2018). Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 1-14.

Umam, K., & Yudi, Y. (2016). Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 84-92.

Sahir, S. H. (2021). METODOLOGI PENELITIAN (T. Koryati (ed.); Ist ed,). PENERBIT KBM INDONESIA.

Downloads

Published

2025-03-30

Issue

Section

Articles