Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Materi Bangun Datar Dikelas IV SD

Authors

  • Ismar Suryani Universitas PGRI Palembang
  • Destiniar Destiniar Universitas PGRI Palembang
  • Sunedi Sunedi Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14609

Keywords:

Media Pop up Book, Bangun datar, Matematika, Hasil Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pop up book terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bangun datar kelas IV SD Negeri 10 Palembang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas IV yang berjumlah 25 siswa, yang terbagi menjadi dua kelas , yaitu kelas A Eksperimen berjumlah 13 siswa dan kelas B kontrol 12 siswa. Penelitian berjenis kuantitatif dengan pendekatan eksperimen semu (Quasi Eksperimen Design), dengan teknik pengumpulan data menggunakan  cara observasi dan tes soal essay dan pilihan ganda serta dokumentasi dan teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV A eksperimen yang diajarkan menggunakan media pop up book lebih baik dibandingan dengan tanpa media pop up book, hal tersebut dibuktikan pada hasil rata-rata posttest siswa kelas IV A eksperimen adalah 75,61 sedangkan kelas IV B kontrol 70,25. Selain itu dibuktikan juga dengan hasil uji hipotesis yaitu T_hitung = 3,052  ≥ T_tabel = 1,720.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anggari, Angie Siti .(2017). Tema Berbagi Pekerjaan Tematik Terpadu 2013 Buku Guru SD/MI Kelas IV Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik. Jakarta

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian, jakarta: Pt. Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2002). Media pembelajaran jakarta: Raja grafindo persada.

Bluemel, Nancy Larison dan Rhonda Hariss Taylor. 2012. Ebook:Pop-up Books A Guide For Teachers and Librarians. California: ABC-CLJO, LLC (https://books.google.co.id/books?id=vlJeUBr8aU8C&pg=PA14 & dq=pop-, diakses pada 17 Februari 2022).

Cecep, H., Widyastuti, A., Subakti, H., Hasibuan, F. A., Sartika, S. H., Ardiana, D. P. Y., Avicenna, A., Salim, N. A., Karwanto, K., Kato, I., et al. (2021). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Yayasan Kita Menulis.

Dimyati dan Mudjiono (2006) .Belajar dan pembelajaran. Jakarta, PT. Rineka Cipta Dishinta, D. D. (2020). Efektifitas penggunaan whatsapp sebagai media belajar kelas ii sd islam an nizomiyah. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, volume 1.

Dzuanda.2011. Design Pop-up Child Book Puppet Figure Series? Gatotkaca?. Jurnal Library ITS Undergraduate (Online), (http://library.its.undergraduate.ac.id, diakses pada 17 Februari 2022).

Fitria, N. (2020). Pengembangan Pop Up Book Pada Materi Bangun Datar Kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu Ibnu Qoyyim Pekanbaru. Ph thesis, UNIVERSITAS ISLAM Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Giyanti, G. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Untuk Peserta Didik Tunarungu SMP-LB Pada Materi Gerak Dan Gaya. PhD thesis, UIN Raden Intan Lampung.

Hasbullah, (2012) Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hasanah, U. (2019). Pengaruh Media Pop Up Book Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 99 Kota Bengkulu. PhD thesis, IAIN BENGKULU.

Munadi, Y. (2008). Media pembelajaran sebuah pendekatan baru.

Permadi, M. F., YANTORO, Y., and HAYATI, S. (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi. PhD thesis, Universitas Jambi.

Putu_Anggie_Sinthiya, I. A. and Sobri, M. R. (2021). Rancangan aplikasi sistem cerdas pembelajaran ilmu bangun datar sd negeri 01 candiretno. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 4:19–25.

Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.

Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Prenada Media.

Sidharta, A. (2005). Media pembelajaran. Bandung: Departemen Pendidikan.

Sundayana, R. (2013). Media pembelajaran matematika. Bandung: Alfabeta.

Sudaryono,(2016). Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta: Prenadamedia Group

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sylvia, N. I. and Hariani, S. (2015). Pengaruh penggunaan media pop-up book terhadap keterampilan menulis narasi siswa sekolah dasar. Jurnal PGSD Universitas Negeri Surabaya, 3(02):1197–1205.

Usman, H. (2006). Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran landasan dan aplikasinya

Downloads

Published

2023-03-09

Issue

Section

Articles