Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Teori Newman dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Segitiga dan Segiempat

Lady Agustina

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis kesalahan siswa dan penyebab kesalahan siswa dalam mengerjakan soal cerita dengan tema segitiga dan segiempat berdasarkan Teori Newman. Jenis kesalahan menurut Teori Newman adalah kesalahan membaca, memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, karena mendeskripsikan kesalahan dan faktor penyebab kesalahan dilakukan. Subjek pada penelitian ini adalah 27 dari 210 siswa kelas VII yang melakukan kesalahan dalam merespon soal cerita segitiga dan segiempat. Tahapan pada penelitian ini adalah (1) memberikan 2  buah soal, (2) menganalisis jenis kesalahan berdasarkan lembar jawaban siswa dengan mengacu pada jenis kesalahan Newman, (3) performing triangulation by interview untuk menentukan faktor penyebab dari setiap jenis kesalahan, dan (4) drawing conclusion tentang jenis kesalahan dan faktor penyebab kesalahan. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa terdapat 3 (tiga) kelompok berdasarkan banyaknya jenis kesalahan yaitu (1) kelompok dengan kesalahan terbanyak yaitu kesalahan memahami, transformasi, keterampilan proses, dan penulisan, (2) kelompok dengan kesalahan sedang yaitu kesalahan transformasi, keterampilan proses, dan penulisan jawaban akhir, dan (3) kelompok dengan kesalahan sedikit yaitu  kesalahan transformasi dan keterampilan proses. Selain itu, kesalahan membaca tidak ditemukan pada penelitian ini.


Keywords


Analisis Kesalahan;Segitiga;Segiempat;Teori Newman

Full Text:

PDF

References


Amalia, SR. 2017. Analisis Kesalahan Berasarkan Prosedur Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau Dari Gaya Kognitif Mahasiswa. Aksioma. 8(1). 17-30

As’ari, A.R., Kurniati, D., Abdullah, A.H., Muksar, M., & Sudirman, S. 2019. Impact of Infusing Truth Seeking and Open-Minded Behaviors on Mathematical Problem-Solving. Journal for the Education of Gifted Young Scientists,

(4)

In’am, A. 2014. The Implemention of the Polya Method in Solving Euclidean Geometry Problems. International EducationStudies. 7(7). 149-158

Nurussafa’at,F.A.,dkk. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Volume Prisma dengan Fong’s Schematic Model For Error Analysis. Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa.Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 4(2). 174-187.

Ozkan,M&Bal,AP.2017. Analysis of the Misconceptions of 7th Grade Student on Polygons and Spesific Quadrilaterals. Eurasian Journal of Educational Research. 67. 161-182

Rahardjo, Marsudi dan Astuti Waluyati. 2011. Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran di Sekolah Dasar. Yogyakarta:Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Salman, MF. 2002. Types of Errors Commited in Word Problem Solving by Cocrete and Formal Operational Junior Secondary School Student Mathematics Students. Retrieved April 5, 2015

Singh, P, Rahman, AA, &Sian,H,T. 2010. The Newman Procedure for Analyzing Primary Four Pupils Errors on Written Mathematical Task: A Malaysian Perspective. Procedia on International Conference on Mathematics Education Research 2010 (ICMER 2010, 8(2010): 264-171

Sukoriyanto; Nusantara,T; Subanji&Chandra,TD. 2016. Students Erors in Solving the Permutation and Combination Problems Based on Problem Solving Steps of Polya. International Education Studies. 9(2). 11-16

Songsaen, S., Kotchasit Boonchird, S., Pinyoanuntapong, B. andPichayakul, T. 2014. The development of crıtıcal thınkıng for early chıldhood educatıon students through maple instructional model. Journal of Graduate Studies Valaya Alongkorn Rajabhat University, 8(3),110-129.

Wongsila, S. &Yuenyong, C. 2019. Enhancing Grade 12 Students’ Critical Thinking and Problem-Solving Ability in Learning of the STS Genetics and DNA Technology Unit. Journal for the Education of Gifted Young Scientists, 7(2), 215-235


Article Metrics

Abstract has been read : 828 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i2.14199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats