Desain Didaktis Keliling Persegi untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14096Keywords:
Didactical Design Research, Hypothetical Learning Trajectory, Learning obstacle.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah desain didaktis pada materi keliling persegi sehingga mampu mengatasi learning obstacle yang dialami siswa kelas IV SDN 92 Palembang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan model penelitian Didactical Design Research (DDR). Subjek penelitian ini yaitu 12 orang siswa kelas IV, 17 orang siswa kelas V, dan 1 orang guru kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara kepada guru, pemberian tes berupa tes diagnostik, tes materi prasyarat, dan tes identifikasi akhir, catatan lapangan, dan rekaman video. Berdasarkan hasil penelitian, melalui implementasi desain didaktis yang telah dilakukan dapat membantu mengatasi atau mengurangi learning obstacle yang dialami siswa pada materi keliling persegi karena adanya perubahan signifikan dilihat dari hasil tes identifikasi akhir siswa yang diberikan setelah penerapan desain didaktis. Selain itu, desain didaktis mampu menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.
Downloads
References
Aisah, L., dkk. (2016). Desain Didaktis Konsep Luas Permukaan dan Volume Prisma dalam Pembelajaran Matematika SMP. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1 (1), ISSN 2502-5872.
Amalya, Y. M., dkk. (2020). Desain Didaktis Keliling Persegi Melalui Model Pembelajaran SPADE. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (2), 54-65.
Cahyadi. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3 (1), 35-43.
Fuadiah, N. F. (2021). Desain Didaktis Dalam Perspekif Merdeka Belajar. Prosiding DDR Conference 2021. 1-8.
Fuadiah, N. F. (2017). Hypothetical Learning Trajectory Pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis Di Sekolah Menengah. Jurnal Mosharafa, 6 (1), ISSN 2527-8827.
Gunanto, dan Adhalia, D. (2016). ESPS: Erlangga Straight Point Series Simple & Modern. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Hermanto, R., dan Santika, S. (2017). Eksplorasi Epistemological dan Didactical Obstacle Serta Hypothetical Learning Trajectory Pada Pembelajaran Konsep Jarak. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 3 (2), 115-128.
Hermawan, R. P., dkk. (2021). Desain Didaktis Keliling Persegi Berbasis Permainan Tradisional Engklek Di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 (4).
Kinanti, P. L., dan Sudirman. (2017). Analisis Kelayakan Isi Materi Dari Komponen Materi Pendukung Pembelajaran Dalam Buku Teks Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI SMA Negeri di Kota Bandung. SOSIETAS, 7 (1), 341-345.
Lusiana, R., Suprapto, E., & Sukristini, I. (2021). The Effectiveness of Problem Based Learning (PBL) on Mathematics Learning Achievement in terms of Student Adversity Quotient (AQ). Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(02), 55-63.
Maryati, S., dkk. (2019). Desain Didaktis Keliling Persegi dan Persegi Panjang Berbasis Permainan Oray-Orayan. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3 (1), ISSN 2597-4866.
Moleong, J. (2017). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mursalin. (2016). Pembelajaran Geometri Bidang Datar di Sekolah Dasar Berorientai Teori Belajar Piaget. DIKMA (Jurnal Pendidikan Matematika), 4 (2), 250-258.
Nurilfatihah, S., dkk. (2021). Desain Didaktis Keliling Belah Ketupat Melalui Model Pembelajaran SPADE. PEDADIKTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8 (1), 123-134.
Priatna, N., dan Yuliardi, R. (2019). Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Putri, B.B.A., dkk. (2019). Analisis Faktor Rendahnya Minat Belajar Matematika Siswa Kelas V Di SD Negeri 4 Gumiwang. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5 (2), 68-74.
Putri, D.A., Hetilaniar., dan Riyanti, H. (2022). Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN 17 Palembang. Jurnal Pendidikan Tambusai. 6(2). 13962-13969.
Rahmawati, P., Afreza, I. N., Anshori, M. L., Putri, Q. A., & Lusiana, R. (2021). PELATIHAN BIOENTERPRENEURSHIP BAGI REMAJA PUTUS SEKOLAH DI LOPOSOS DESA SAMBIREJO UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI DI SEKTOR INDUSTRI KREATIF. PATIKALA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 16-23.
Rezky, Raizal. (2019). Hypothetical Learning Trajectory (HLT) Dalam Perspektif Psikologi Belajar Matematika. Ekspose: Jurnal Penelitian Hukum dan Pendidikan, 18 (1), 762 – 769.
Setyansah, R. K., Suprapto, E., Kurniawan, Y. G., Putri, K. D., & Dewi, E. K. (2021). PENGGUNAAN HANDSANITIZER, SABUN CUCI TANGAN ALAMI DAN DISINFEKTAN DI DESA NGALE SEBAGAI STRATEGI PENANGGULANGAN VIRUS COVID–19. Batoboh: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 6(1), 10-18.
Sugiyono. (2021). Metode PENELITIAN PENDIDIKAN (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta.
Suryadi. (2019). MONOGRAF 2 Didactical Design Research (DDR). Bandung: Gapura Press.
Suryadi. (2019). Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Bandung: Gapura Press.
Suryati, A. Y., dan Nur’aeni, E. (2020). Desain Didaktis Konsep Keliling Lingkaran Berbasis Model Pembelajaran SPADE. PEDADIKTA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7 (2), 66-76.
Yuberti. (2014). TEORI Pembelajaran Dan pengembangan Bahan Ajar Dalam Pendidikan. Lampung: Anugrah Utama Raharja (AURA).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.