Pengaruh Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Matematika Permulaan Pada Anak Kelompok B
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13251Keywords:
Media Balok Cuiseniare, Kemampuan Matematika Permulaan, pendidikan anak usia diniAbstract
Downloads
References
Ade Andre payadnya, putu. dkk. 2018.Panduan Penelitian Eksperimen beserta analisis Statistik. Deepublish:Yoyakarta
Alhamdu. 2016.Psikologi Eksperimen.Palembang:Neofikri
Andriani Ningsih dan Purwanto.2015. Pengaruh Penggunaan Media Batang Cuisenaire Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pembelajaran dan Pengurangan Bilangan Disekolah Dasar. Jurnal PGSD, Vol 3, No 2. Hal 1913.
Andriani Ningsih. 2015. pengaruh penggunaan media batang cuisenaire terhadap hasil belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan bilangan di sekolah dasar. Jurnal JPGSD
Anisaul Khasanah, Binti, dkk. Penyuluhan Tentang Pengenalan Konsep Bilangan Melalui Metode Bermain Alat Manifulatif Dengan Memperlihatkan Tahapan Berpikir AUD. Jurnal Proseding Relawan. Vol 1, 2017.
Ariesta, Riany. 2009. Alat Permainan Edukatif Lingkungan Sekitar. PT Sandiarta Sukses: Bandung.
Azwar, S. 2018.Metodologi Penelitian Psikologi.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Burhan Bungin, Metode Penelitian Kuantitatif. (Jakarta:Kencana, 2011), hlm. 132
Cahyani Kusuma, Tesya. Heni Listiana. 2021. Pengembangan Pembuatan APE Bagi Ana Usia Dini. Prenamedia Group: Jakarta.
Depdiknas, Permainan Berhitung Permula Di Taman Kanak-kanak (Jakarta: Depdiknas, 2007), hal.1
Depdiknas. Aktivitas Mengajar Taman Kanak-Kanak . Jakrta: Depdiknas.Hlm 1
Desi Prihati. Penggunaan Media Balok Cuisenaire Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Mengenal Warna Dan Ukuran Pada Anak Kelompok A Di Tk R. A Kartini. Jurnal Mahasiswa Univ Surabaya. Hal. 4
Dinar Pratisti, Wiwien. Susatyo Yuwono. 2018. Psikologi Eksperimen. Muhammadiyah University Press: Surakarta.
Ditha Sandyprihati, dkk. 2021. Efektivitas Penggunaan Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuaan Mengenal Konsep Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Ilmiah PTK PNF.
Eddy Rofli, Iche Andriyani Liberaty, Pariyana. Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian Kedokteran.(Pekalongan: 2021).
Fadlillah, M. 2019. Bermain dan Permainan.Prenamedia Group:Jakarta.
Fitria, Analisa. Mengenalkan Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia dini. Jurnal Studi Gender dan anak.
Gilar Gandana, Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Mellaui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 di Tk At-Thoyobah. Jurnal Paud Agapedia. 4( 2017): 99
Guslinda dan Rita Kurnia, 2014. Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Surabaya: CV Jaked Publishing.
Hamzah, M Ali dan Muhlisrarini.2014. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers. Hlm.47
Hamzah, Nur. 2015. Pengembangan Sosial Anak Usia Dini. IAIN Pontianak Press: Pontianak
Herdiansyah, H.2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Salemba Humanika
Intan Kurnia Sari dan Tri Nova Hasti Yunianta, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Model Contextual Teaching And Learning Dengan Media Cuisenaire Rodsâ€, Jurnal Scholaria 7, no. 2 (2017) : h. 145
Izni Azima, dkk; Penggunaan Media Flashcard untuk Mengenalkan Matematika Permulaan pada Anak Usia Dini; Jurnal Obsesi Pendidikan Anak Usia Dini; 2 (2021); 2009.
Kementrian Pemdidikan dan Kebudayaan, Model Pengenalan Matematika Melalui Permainan Kreatif. (Bandung: Edithole,2016). Hlm 12
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direjtorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, ibid. Hlm. 12
Kementrian Pendidikan Nasional tentang peraturan Menteri Pendidikan dan kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 tahun 2014 standar tingkat pencapaian Perkembangan anak (STTPA)
Kristanto. 2011. Identifikasi Model Sekolah Ramah Anak (SRA) Jenjang Satuan Paud Kec. Semarang Selatan. Jurnal Penelitian PAUDIA.
L. Hasyim, Hasim. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Dalam Persepektif Islam. Jurnal LENTERA
Lasuka, maya. Meningkatkan Kemapuan PRA-Matermatika dengan Menggunakan Media Balok Cusnaire pada Anak Kelompok A2 PAUD HAqiqi Kota Bengkulu.Jurnal Ilmiah Potensial.
Laylatul Iftitah, Selfi. 2019. Evaluasi Pembelajaran Anak Usia Dini. Duta Media Publishing: Lekoh Barat Bangkes Kadur Pemekasaan:
Lisa. Prinsip dan Konsep Permainan Matematika Bagi AUD. Jurnal STAIN Malikussaleh. Vol III, No 1. Januari-Juni 2017.
Maâ€ruf Abdullah, Metode Penelitian Kuantitatif, (Banjarmasin: Aswaja Presindo,2015) Hln.248.
Mauliyah Ulfah, Pengembangan Pembelajaran Matematika Dalam National Council Of Teachers Of Mathmatics (NCTM) Pada Anak. Jurnal Equalita. Vol 1, No 2, Desember 2019. Hal 135
Moh Fauziddin,Peningkatan Kemampuan Matematika Anak Usia Dini Melalui Permainan Jam Pintar Di Taman Kanak-Kanak Pembina Kec Bangkinang Kota. Jurnal PAUD Tambusi, Vol 1, No 1. Hal 51. 2015
Muhiyatul Huliyah.2016. Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Guru Raudlatul Athfal.
Nia Fatmawati, Peningkatan Kemampua Berhitung Melalui Pendekatam Realistic Mathematic Education, (Jurnal: Universitas Negeri Jakarta, 14) Vol. 8 No 2. Hlm.325
Nikmatur Ridha. Proses Penelitian, Masalah, Variabel, dan Paradigma penelitian.jurnal Hikmah (Sumatra Medan: 2017
Nila Puspita, Ratna . Pengaruh Media Loto Warna dan Bentuk Terhadap Pemahaman Geometri Anak Kelompok B. Jurnal PG Paud Trunojoyo. Vol 3, No 2. Oktober 2016. (Trunojoyo Madura: 2016)
Nofianti, Rita. 2021. Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Edu Publisher:Tasikmalaya.
Ramadhan, Muhammad.2021. Metode Penellitian. Media Nusantara: Surabaya.
Retno Dwi Astuti.2018. Pengaruh Penggunaan Media Balok Cuisenaire Terhadap Kemampuan Berhitung Permulaan Anak Usia Dini Kelompok B Di Tk Nusa Indah Bulutengger Sekaran Lamongan. Jurnal Inovatif
Rizki Safira, Ajeng. Ayunda Sayyudatul Ifadah. 2020. Pembelajaran Sains dan Matematika Anak Usia Dini. Caremedia Communication: Gresik Jawa Timur.
Rizki Syafira, Ajeng. 2020. Media Pembelajaran Anak Usia Dini.Communication: Gresik Jawa Timur.
Sandu Siyoto, M. Ali Sodik, Dasar Metodologi Penelitian, (Kediri: Literasi Media Publishing, 2015), hlm. 83.
Sudarsana, Ketut. Membentuk Karakter Anak Sebagai Generasi Penerus Bangsa Melalui Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal PURWADITA.
Sudono, A. (2006). Sumber Belajar Dan Alat Permainan. Jakarta: PT. Grasindo. Hal 36
Sudono, Anggani. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk PAUD. Grasindo: Jakarta
Sugiyono.2015.Metodoli Penelitian.Bandung:Alfabeta
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2014), hlm. 221
Suryana, Dadan. 2013. Pendidikan Anak Usia Dini (Teori dan Praktik Pembelaiaran). UNP Press: Padang.
Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini Stimulasi dan Aspek perkembangan Anak,Jakarta: KENCANA.
Susan Speary Smith, Early Childhood Mathematics, Fourt Edition. (USA: Pearson, 2009) Hlm. 75
Suwandi, dkk. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Pembelajaran Matematika Pada Anak Usia Dini,Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora. Vol 2, No 4, September 2014. (Jakarta: 2014).
Tesya Cahyani Kusuma.Peningkatan Kemampuan Pengukuran Dalam Matematika Awal Metode Discovery (Penelitian Tindakan Di Tk Pertiwi I Kantor Gubernur Padang Tahun 2015). Jurnal Tumbuh Kembang, Vol 4, No 1.2017. hlm 77
The National Associaton for The Education of Young Children (NAEYC) dan The National Council of Theancer of Mathematics (NCTM). Early Chlidhood Mathematics: Promoting Goog Begginnings. (USA:2010),p.1
Tirmidzaini, Astri, dkk. 2019.APE Inovatif Untuk Anak Usia Dini. Edu Publisher: Tasikmalaya.
Umayah dkk. Pengaruh Balok Cuisenaire Untuk MediaBilangan Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Intersections. Vol 6, No 1. Fenruari 2021. Hal 38.
Wulansari, Vitaloka; penggunaan balok Cuisenaire dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak di taman kanak-kanak ibunda .kubang kabupaten kerinci; Jurnal Mitra Pendidikan; 2(2020); 40.
Yenny D wi Astuti, dkk; Peran Guru Dalam Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-10 Melalui Permainan Fruits Monopoly Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran, Vol 4, No 2 (2020).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.