Implementasi Model Guided Inquiry Secara Daring untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keaktifan Siswa Kelas 5 SDN Tulung 02 pada Tema Panas dan Perpindahannya

Authors

  • Endang Prihatin SDN Tulung 02

DOI:

https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11025

Abstract

Tujuan dari Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran Guided Inquiry secara daring dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa kelas V SDN Tulung 02 pada tema Panas dan Perpindahan  semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SDN Tulung 02 Kecamatan Saradan sebanyak dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan lembar observasi keaktifan siswa.. Hasi dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran Guided Inquiry  secara daring dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan keaktifan siswa Kelas V SDN Tulung 02 pada tema 6 semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Peningkatan kemampuan kognitif siswa yang dilihat dari hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebanyak 27%. Peningkatan keaktifan belajar dari siklus I ke Siklus II sebanyak 18%

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Dewi, P. S. (2016). Perspektif Guru sebagai Implementasi Pembelajaran Inkuiri Terbuka dan Inkuiri Terbimbing terhadap Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 1(2), 179-186.

Febriana, M., Al Asy'ari, H., Subali, B., & Rusilowati, A. (2018). Penerapan model pembelajaran Inquiry Pictorial Riddle untuk meningkatkan keaktifan siswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 4(1), 10-16.

Furmanti, T., & Hasan, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi dan Keaktifan Siswa di SMP N 5 Seluma. In Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship (Vol. 1, No. 1).

Hakim, L., & Yudasmara, D. S. (2018). Upaya meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani menggunakan metode bermain untuk siswa kelas V SDN 2 pagelaran. TEGAR: Journal of Teaching Physical Education in Elementary School, 1(2), 65-77.

Putriani, E. D. (2014). Implementasi Strategi TPCK Dengan Media Simulasi Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Konsep Getaran dan Gelombang. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2).

Retno, R. S., & Yuhanna, W. L. (2016). Pembelajaran konsep dasar IPA dengan scientific inquiry untuk meningkatkan kemampuan berpikir, bekerja dan bersikap ilmiah pada mahasiswa. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 1-9.

Retno, R. S., & Yuhanna, W. L. (2018). Implementasi green living berbasis scientific inquiry pada pembelajaran ipa terhadap kinerja ilmiah mahasiswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 8(1), 31-40.

Wibowo, N. (2016). Upaya peningkatan keaktifan siswa melalui pembelajaran berdasarkan gaya belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128-139.

Wungow, S. G. (2020). Keaktifan belajar siswa di dalam pembelajaran online kimia melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing (Doctoral dissertation, Universitas Pelita Harapan).

Yuhanna, W. L., Retno, R. S., & Juwanita, J. (2017). Implementasi Pembelajaran “Inquiry Small Research†Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(2), 71-77.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. Sosiohumaniora: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2).

Downloads

Published

2021-09-12

Issue

Section

Articles