Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII SMPN 4 Kaur pada Materi Perbandingan Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya
DOI:
https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10420Keywords:
Kemampuan Pemecahan Masalah, Langkah Penyelesaian Polya, Materi perbandinganAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi perbandingan siswa kelas VII SMPN 4 Kaur berdasarkan langkah penyelesaian Polya. Langkah penyelesaian terdiri dari 4 indikator penyelesaian masalah yaitu: (1) memahami masalah, (2) merencanakan penyelesaian, (3) melaksanakan perencanaan penyelesaian, dan (4) melihat kembali. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek dari penelitian ini yaitu 27 orang siswa kelas VII SMPN 4 Kaur pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Instrumen yang dipakai dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen wawancara. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMPN 4 Kaur tahun ajaran 2020/2021 berdasarkan langkah Polya yaitu 46,25% (kategori sedang). Sebaran tingkat kemampuan pemecahan masalah matematiknya dalam tiap tahapan Polya sebagai berikut: memahami masalah 74,26% (kategori tinggi), merencanakan penyelesaian 42,04% (kategori sedang), melaksanakan rencana penyelesaian 39,81% (kategori rendah) dan melihat kembali 28,89% (kategori rendah). Jadi dapat disimpulkan bahwa peserta didik masih kesulitan dalam merencanakan, melaksanakan dan melihat kembali pada soal pemecahan masalah.
Downloads
References
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 151–160. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/21635
Effendi, L. A. (2012). Pembelajaran Matematika dengan Metode Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(2), 1–10. http://jurnal.upi.edu/file/Leo_Adhar.pdf
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar ? Journal for Research in Mathematics Learning, 3(2), 141–148. http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i2.9597
Ifanali. (2014). Penerapan Langkah-Langkah Polya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Pemecahan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 1 (Maret), 147–158. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JEPMT/article/view/3217
Mauleto, K. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau Dari Indikator Nctm Dan Aspek Berpikir Kritis Matematis Siswa Di Kelas 7B Smp Kanisius Kalasan. JIPMat, 4(2), 125–134. https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i2.4261
Nilawati, N., Duskri, M., & Trina Sari, N. (2019). Penggunaan Model Pembelajaran Brain Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa MTs. MaPan, 7(1), 85–98. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a7
Ninik, H., & Suharto. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Untuk Setiap Tahap Model Polya dari Siswa SMK Ibu Pakusari Jurusan Multimedia pada Pokok Bahasan Program Linear. KadimA, 5(3), 1-8. https://doi.org/10.12681/er.9602
Pasesi, O. A. (2018). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas x di sma negeri 3 kota bengkulu dalam pembelajaran model means-ends analysis (mea). 2(1), 97–104. https://doi.org/10.33369/jp2ms.2.1.97-104
Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006. (2006). Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Permendiknas. https://asefts63.files.wordpress.com/2011/01/permendiknas-no-22-tahun-2006-standar-isi.pdf
Pertiwi, D. P., Sugita, G., & Sukayasa. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perbandingan Di Kelas VII SMP Negeri 9 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 3(1), 1-13. http://jurnal.fkip.untad.ac.id/index.php/jpmt/article/view/264
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Sudjana. (2005). Metode Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung.
Susanta, A., Susanto, E., & Maizora, S. (2021). Analisis Kemampuan Siswa SMP/ MTs Kota Bengkulu Dalam Menyelesaikan Soal Matematika TIMSS. Jurnal THEOREMS (The Original Research Of Mathematics), 5(2), 131-139. http://dx.doi.org/10.31949/th.v5i2.2567
Zakiyah, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematik siswa sma dengan terhadap materi splkdv. Journal On Education, 1(2), 83–89. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.29
Downloads
Published
Issue
Section
License
Please find the rights and licenses in JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains). By submitting the article/manuscript of the article, the author(s) agree with this policy. No specific document sign-off is required.
1. License
The non-commercial use of the article will be governed by the Creative Commons Attribution license as currently displayed on Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
2. Author(s)' Warranties
The author warrants that the article is original, written by stated author(s), has not been published before, contains no unlawful statements, does not infringe the rights of others, is subject to copyright that is vested exclusively in the author and free of any third party rights, and that any necessary written permissions to quote from other sources have been obtained by the author(s).
3. User Rights
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s spirit is to disseminate articles published are as free as possible. Under the Creative Commons license, JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) permits users to copy, distribute, display, and perform the work for non-commercial purposes only. Users will also need to attribute authors and JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) on distributing works in the journal and other media of publications.
4. Co-Authorship
If the article was jointly prepared by more than one author, any authors submitting the manuscript warrants that he/she has been authorized by all co-authors to be agreed on this copyright and license notice (agreement) on their behalf, and agrees to inform his/her co-authors of the terms of this policy. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will not be held liable for anything that may arise due to the author(s) internal dispute. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will only communicate with the corresponding author.
5. Miscellaneous
JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains) will publish the article (or have it published) in the journal if the article’s editorial process is successfully completed. JEMS (Jurnal Edukasi Matematika dan Sains)'s editors may modify the article to a style of punctuation, spelling, capitalization, referencing and usage that deems appropriate. The author acknowledges that the article may be published so that it will be publicly accessible and such access will be free of charge for the readers as mentioned in point 3.
Â
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
Â

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.