Kajian Ekranisasi Novel “Assalamualaikum Beijing” Karya Asma Nadia dalam Bentuk Film “Assalamualaikum Beijing” Sutradara Guntur Soeharjanto

Widya Nur Puspitasari, Sigit Ricahyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi tentang proses ekranisasi yang muncul pada alur, tokoh, dan latar dalam novel “Assalamualaikum Beijing” karya Asma Nadia ke bentuk film “Assalamualaikum Beijing” sutradara Guntur Soeharjanto. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Sumber data yaitunovel “Assalamualaikum Beijing” karya Asma Nadia dan film “Assalamualaikum Beijing” sutradara Guntur Soeharjanto. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan interactive model. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses ekranisasi pada alur terdiri dari penciutan, penambahan, dan perubahan bervariasi. (2) Proses ekranisasi pada tokoh terdiri dari penciutan sebanyak 6 tokoh, penambahan sebanyak 2 tokoh, dan perubahan bervariasi. (3) Proses ekranisasi pada latar terdiri dari penciutan sebanyak 3 latar, penambahan sebanyak 5 latar tempat, dan perubahan bervariasi sebanyak 2 latar tempat dan 2 latar waktu.


Keywords


Ekranisasi; Alur; Tokoh; Latar.

Full Text:

PDF

References


Ardianto, D. T. (2016). Teori Adaptasi Sebuah Pendekatan dalam Penciptaan Film. MUDRA: Jurnal Seni Budaya, 31(2): 150-251.

Armiati, Y. (2018). Ekranisasi Novel Assalamualaikum Beijing Ke Dalam Film Assalamualaikum Beijing. Master Bahasa, 6(3): 301-310.

Carmila, S. D., Mursalim., & Rohkmansyah, A. (2018). Transformasi Novel Sabtu Bersama Bapak Karya Aditya Mulya Menjadi Film Sabtu Bersama Bapak Karya Monty Tiwa: Kajian Ekranisasi. Jurnal Ilmu Budaya, 2(4): 381-388.

Eneste, P. (1991). Novel dan Film. Flores: Nusa Indah.

Isnaniah, S. (2015). Ketika Cinta Bertasbih Transformasi Novel Ke Film. KAWISTARA, 5(1): 1-98.

Karkono, K. (2009). Perbedaan Makna Novel dan Film Ayat-Ayat Cinta: Kajian Ekranisasi. ATAVISME, 12(2): 167-180.

Martin, M. (2017). Ekranisasi Novel Surga Yang Tak Dirindukan Karya Asma Nadia Ke Film Surga Yang Tak Dirindukan Karya Sutradara Kuntz Agus. Jurnal KATA, 1(1): 94-100.

Oktafiyani, A., Suseno, & Nuryanti, A. (2017). Transformasi Makna Simbolik Mihrab pada Novel ke Film dalam Mihrab Cinta Karya Habiburrahman El Shirazy: Kajian Ekranisasi. Jurnal Sastra Indonesia, 6(3): 39-45.

Praharwati, D. W., & Romadhon, S. (2017). Ekranisasi Sastra: Apresiasi Penikmat Sastra Alih Wahana. Buletin Al-Turas, XXIII (2): 267-285.

Suwastini, N. K. A. (2014). In/fidelity Criticism: Menuju Kajian Adaptasi yang Lebih Kritis dan Terbuka. Seminar Nasional Riset Inovatif, ISSN: 2339-1553, 829-842.


Article Metrics

Abstract has been read : 264 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/linguista.v3i2.5728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya indexed by:


View My Stats