Pengembangan Media Bio Pop-Up Book Terintegrasi Science, Environment, Technology, And Society (SETS) Pada Pembelajaran Biologi Materi Daur Biogeokimia

Wahyu Dwi Lestari, Wachidatul Linda Yuhanna, Marheny Lukitasari

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran Bio Pop-Up Book terintegrasi SETS pada materi daur Biogeokimia. Hal ini karena pada materi ini diperlukan sebuah media yang nyata sehingga peserta didik dapat membayangkannya. Sehingga dalam proses pembelajarannya peserta didik dapat memunculkan kemampuan intelektual dalam memecahkan suatu masalah. Selaras dengan ilmu sain, lingkungan, teknologi,dan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Metode penelitian pengembangan yang digunakan adalah ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yang meliputi analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), implementasi (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Data diperoleh dengan validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran. Hasil dari validasi ahli materi di peroleh 87% termasuk kualifikasi sangat baik dengan dan hasil validasi ahli media pembelajaran di peroleh 83,57% termasuk kualifikasi sangat baik dengan keterangan tidak revisi/valid. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran ini layak untuk di gunakan pada proses pembelajaran.


Keywords


Bio Pop-Up Book; SETS; Biogeokimia

Full Text:

PDF

References


Ambinari, M., Yuhanna, W. L., & ... (2019). Penyusunan Modul Anatomi Dan Histologi Hewan Berbasis Hasil Penelitian. Prosiding Seminar …, September, 29–35. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/simbiosis/article/view/635

Baiduri, B. B., Taufik, M.-, & Elfiani, L.-. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Audio Pada Materi Bangun Datar Segiempat Di Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 248–261. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1951

Hadi, H., & Agustina, S. (2016). Pengembangan Buku Ajar Geografi Desa-Kota Menggunakan Model Addie. Jurnal Educatio, 11(1), 90–105.

Handaruni Dewanti, Anselmus J E Toenlioe, Y. S. (2018). Pengembangan media Pop-Up Book untuk Pembelajaran Lingkungan Tempat Tinggalku Kelas IV SDN 1 Pakuaden Kabupaten Ponorogo. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(3), 221–228.

Harahap, Y., Indriyanti, dyah rini, & Mariyanti, A. (2016). Journal of Biology & Biology Education. Keefektifan Media Pembelajaran “Si Imut” Berbasis Masalah Materi Sistem Imun Terhadap Sikap Peka Dan Peduli Keselamatan Diri Dan Lingkungan Siswa, 5(24), 3–4.

Kusjuriansah, & Yulianto.Agus. (2019). Unnes Physics Education Journal Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis I-SETS Terkomplementasi Karakter Pada. 8(2).

Nikmah, S., Nuroso, H., & Reffiane, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Terpadu Tipe Shared Berbantu Media Pop- Up Book Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 264. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17920

Novianti, N., Nugroho, E. D., & Ilma, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran pop-upsnakes and ladders pada materi archaebacteria dan eubacteria kelas x sma/ma di daerah perbatasan. 1(1), 34–45.

P., S., Binadja, A., & -, S. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kimia Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan (Ksp) Dengan Pendekatan Sets Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Journal of Educational Research and Evaluation, 1(1), 149–158.

Permatasari, I., Ramdani, A., & Syukur, A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Inkuiri Terintegrasi Sets (Science, Environment, Technology And Society) pada Materi Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal Pijar Mipa, 14(2), 74–78. https://doi.org/10.29303/jpm.v14i2.1256

Puspasari, R. (2019). Pengembangan Buku Ajar Kompilasi Teori Graf dengan Model Addie. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.702

Rahmawati, A., Ermawati, I. R., & Laksanawati, W. D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Fotonovela Berbasis Nilai Karakter Untuk Anak Tunarungu Smalb Pada Materi Magnet. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 5(1), 56–60.

T. Megadani, M. Lukitasari, W. Y. (2018). Pengembangan modul biologi pada materi pertumbuhan dan perkembangan berbasis metakognisi. Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS III, September, 302–311.

Umami, R., & J. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri dengan Pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, Society) Pada Pokok Bahasan Fluida Statis untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gedangan. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(03), 2013.

Yörük, N., Morgil, I., & Seçken, N. (2010). The effects of science, technology, society, environment (STSE) interactions on teaching chemistry. Natural Science, 02(12), 1417–1424. https://doi.org/10.4236/ns.2010.212173

Yuhanna, W. L., Retno, R. S., & Juwanita, J. (2017). Implementasi Pembelajaran “Inquiry Small Research” Untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah Dan Prestasi Belajar Mahasiswa Pendidikan Biologi. Bioilmi: Jurnal Pendidikan, 3(2), 71–77. https://doi.org/10.19109/bioilmi.v3i2.1397

Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Developing the Learning Materials of Biotechnology Subject Based on Students’ Need and Character of Nusantara Pgri University of Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30. https://doi.org/10.22219/jpbi.v2i1.3368


Article Metrics

Abstract has been read : 4001 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i2.7442

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats