Efektivitas Model Pembelajaran Inquiry dan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD

Rika Dwi Susilowati, wahyudi wahyudi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menguji perbedaan efektivitas model Inquiry dan Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada mata pelajaran matematika kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan populasi sekolah dasar di Gugus Gatot Subroto Kecamatan Ungaran Timur. Teknik pengambilan sampel dengan probabily sampling jenis cluster sampling. Sampel penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Beji 02 sebagai kelas eksperimen dan SD Negeri Beji 01 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi dan soal tes uraian. Desain penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik analisis data dilakukan dengan uji normalitas Saphiro-Wilk dan uji homogenitas untuk mengetahui perbedaan digunakan  statistik parametrik uji T-Test (Independent Samples T-test) dan uji efektivitas dengan Normalized Gain (N-Gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) pada uji t-test sebesar 0,000 < 0,05 sehingga Ha diterima. Tingkat keefektifan dihitung dengan analisis N-Gain pada model Problem Based Learning sebesar 48,9681% termasuk kategori kurang efektif, sedangkan pada model pembelajaran Inquiry sebesar 38,9476% termasuk kategori tidak efektif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan efektivitas dalam penerapan model Inquiry dan Problem Based Learning terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah. Dengan tingkat efektivitas model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dari model pembelajaran Inquiry.


Keywords


Inquiry, Problem Based Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah

Full Text:

PDF

References


Arends, R.I. (2012). Learning To Teach. New York :McGraw-Hill Companies, Inc.

Ariyana, dkk. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Astuti, D.A.P.,Slameto, S., & Setyaningtyas, E. W. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. JS (JURNAL SEKOLAH), 2(2), 102-109.

Daryanto & Karim, Syaiful. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Penerbit Gava Media.

Indarwati, D., Wahyudi W., & Ratu, N. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning Untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30(1), 17-27

Karso, dkk. (2014). Pendidikan Matematika I. Tangerang Selatan : Universitas Terbuka.

Komalasari, M.D. (2011). Meningkatkan Pemahaman Konsep Penjumlahan dan Pengurangan pada Pecahan melalui Penerapan Teori Belajar Bruner pada Siswa Kelas IVB Sekolah Dasar Negeri Keputran A Yogyakarta. Skripsi. UNY.

Nadhifah, G., & Afriansyah, E.A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 33-44.

Maarif, Hanafi & Wahyudi. (2015). Eksperimentasi Problem Based Learning dan CIRC dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas 5 SD. Scholaria.5 (2): 97-115.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Slameto. (2012). Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Salatiga : Widya Sari Press Salatiga.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif - Berorientasi Kontruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyudi, I., & Anugraheni, I. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika. Salatiga: Widya Sari Press.

Wardani, N.S., & Slameto, A.W.. (2012). Asesmen Pembelajaran SD. Salatiga: Widya Sari Press Salatiga.

Litbang Kemendikbud. (2016). Kurikulum 2013: Pergeseran Paradigma Belajar Abad 21 (0nline).(http://litbang.kemendikbud.go.id /index.php.index-berita-kurikulum/234-kurikulum-2013-pergeseran-paradigma-belajar-abad-21, diakses pada 11 November.


Article Metrics

Abstract has been read : 3529 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6084

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats