Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick Pada Siswa Kelas VII SMP

Ma'rup Ma'rup, Andi Mulawakkan Firdaus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas VII SMP Saribuana Makassar tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang melibatkan satu kelas sebagai kelas eksperimen tanpa adanya kelas kontrol dengan desain penelitian One Group Pre-test and Post-test Design. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII sebanyak 26 orang siswa yang terdiri dari 16 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Penelitian dilaksanakan selama 4 kali pertemuan. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar untuk melihat hasil belajar siswa, lembar observasi untuk mengamati aktivitas siswa selama pembelajaran berlangsung, dan lembar angket untuk mengetahui respons siswa terhadap pembelajaran melalui penerapan Model Kooperatif Tipe Talking Stick. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum diterapkan model Kooperatif Tipe Talking Stick adalah 33.13, dimana 26 siswa kelas VII memperoleh skor kategori sangat rendah. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar matematika siswa setelah diterapkan model Kooperatif Tipe Talking Stick adalah 82.72, diperoleh 22 siswa atau 84.7% mencapai ketuntasan individu. Ketuntasan secara klasikal tercapai dengan nilai gain ternormalisasi yaitu 0.73 berada pada kategori tinggi, (2) Aktivitas siswa berada pada kategori baik, (3) Angket respons siswa menunjukkan bahwa respons siswa terhadap pembelajaran melalui model Kooperatif Tipe Talking Stick memberikan respon positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model Kooperatif Tipe Talking Stick efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika pada materi bilangan bulat siswa kelas VII SMP Saribuana Makassar.

Keywords


“Model Kooperatif Tipe Talking Stick”, “Hasil belajar”, “Aktivitas siswa”, “Respon siswa”

Full Text:

PDF

References


Firdaus, A. M. (2019). Application of cooperative learning model type think pair share (tps) on mathematical communication ability. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 7(1), 59-68.

Khasanah Diah Laila, dkk. 2013. “Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Aljabar”. Unnes Journal of Mathematics Education (Online). Jurusan Pendidikan Matematika, FMIPA, Universitas Negeri Semarang.

Made Ramayanti, dkk. 2011. “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Hasil Belajar Matematika (Studi Eksperimen pada Materi Bilangan Bulat di Kelas VII SMPN 1 Sausu)”. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, Volume 02 Nomor 02, Desember 2014 (Online).

Meriam Belina, dkk. 2015. “Penerapan Model Talking Stick Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Air Satan Tahun Pelajaran 2015/2016”. Jurnal Pendidikan Matematika (Online).

Sriyanti, A. 2014. “Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Tipe Make A Match Pada Siswa Kelas VII SMP LPP UMI Makassar”. Jurnal Matematika dan Pembelajaran (Online). Volume 3, Nomor 1, Juni 2014. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar. Samata-Gowa.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuatitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi).Yogyakarta 55167. Pustaka belajar.

Suyitno, A. 2004. Dasar-Dasar Proses Pembelajaran Matematika 1. Semarang. Unnes Press.

Syarif Hidayanti, dkk. 2017. “Perbandingan Hasil Belajar Matematika Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Dan Student Teams Achievement Division Materi Aljabar Bagi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Tuntang”. Jurnal Pendidikan Matematika (Online). Jurusan Pendidikan Matematika FKIP. Universitas Kristen Satya Wacana. Salatiga.

Tim Penyusun FKIP Unismuh Makassar. 2014. Pedoman Penulisan Skripsi (Edisi Revisi 1). Makassar.


Article Metrics

Abstract has been read : 251 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i1.6049

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats