Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) Berbantuan Teknik Scaffolding
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Baroody, A.J. 1993. Problem Solving, Reasoning and Communicating. New York: Macmillan Publishing.
Budiyanto, A.K. 2016. Sintaks 45 Metode Pembelajaran dalam Student Centered Learning (SCL). Malang: UMM Press.
Bruner, J.S. 1957. Going beyond the information given. New York: Norton.
Daimaturrohmatin dan Rufiana, I.S. 2019. Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau dari Gaya Belajar Kolb. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 3(1): 17-31.
Hernawati, K. , Mahmudi, A., dan Lestari, H.P. 2012. The Role of Problem Solving Method on The Improvement of Mathematical Learning. International Scientiffic Publication and Consulting Service (ISPACS), 1-9.
Hamdi,, R., Jamal, m.A., Annur, S. 2014. Meningkatkan Hasil Belajar Fisika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(3), 265-273.
Hidayat, M.T., Daroni, Setijowati, U. 2018. Peningkatan Pembelajaran Materi Pesawat Sederhana di Sekolah Dasar melalui Model Two Stay Two Stray. Pancasakti Science Education Journal, 3(2), 65-72.
Huda, M. 2014. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jollife, W. 2007. Cooperative Learning in the Classroom. London: Paul Chapman.
Kadiriandi, R & Ruyadi, Y. 2017. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Sosiologi di SMA Pasundan 3 Bandung. Sosietas, 7(2): 429-433.
Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: NCTM.
Nuraeni, Zuli. Penerapan Metode Peer Teaching Pada Mata Kuliah Kapita Selekta Matematika Pendidikan Menengah Untuk Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Terhadap Kisi-Kisi Soal Un Matematika Smp. Jurnal Silogisme : Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 84-91, dec. 2017. ISSN 2527-6182. Available at: http://journal.umpo.ac.id/index.php/silogisme/article/view/469.
Nurdayana, Sumarno, Feny Trisnawati. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi di Kelas X1 SMAN 3 Tanah Putih Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa, 3(2): 1-9.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 22 Tahun 2006.
Permendikbud Republik Indonesia Nomor 58 tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. 2014. Jakarta: Kemendikbud.
Ratnasari, Mardiyana, Usodo, B. 2015. Eksperimen Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Pendekatan Saintifik (TSTS-PS) dan Tipe Teams Assissted Individualization dengan Pendekatan Saintifik (TAI-PS) pada Materi Himpunan Ditinjau dari Kecemasan Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri Se-Kabupaten Karanganyar. JMEE, v(1):1-11.
Sokoine, S.C.K. 2015. The Perceived Importance of Communication Skills Couerses among University Students: The Case of Two Universities in Tanzania. International Journal of Education and Research, 3(2), 497-508.
Sutiarso, Sugeng. 2009. Scaffolding dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Fakultas MIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, 16 Mei 2009.
Vygotsky, L.S. 1978. Mind an Society: The Development of Higher Mental Processess. Cambridge, MA: Harvard University Press.
Wood, D., Bruner, J.S., & Ross, G. 1976. The Role of Tutoring in Problem Solving. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 17(2), 89-100.
Zurek, A., Torquati, J., Acar, I. 2014. Scaffolding as a Tool for Environment Education in Early Chilhood. International Journal of Early Chilhood Environmental Education, 2(1), 27-57.
Article Metrics
Abstract has been read : 1842 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v8i1.5673
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :
View JEMS Stats