Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama

Aan Putra, Hendra Syarifuddin

Abstract


Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu kemampuan dasar yang harus dikuasai oleh siswa sebagai modal awal untuk menguasai kemampuan matematis yang lebih kompleks. Untuk mengoptimalkan pemahaman konsep matematis siswa, proses pembelajaran matematika yang memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep dan mengkonstruksi sendiri pemahamannya tentang konsep tersebut merupakan salah satu solusi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kebutuhan siswa terhadap pengembangan bahan ajar berupa lembar kerja yang dapat memfasilitasi siswa menemukan dan mengkonstruksi konsep matematika. Data dikumpulkan melalui wawancara, lembar observasi, angket dan analisis dokumen. Hasil pengumpulan data menunjukkan bahwa (1) pemahaman konsep siswa tergolong rendah, (2) proses pembelajaran belum memfasilitasi siswa menemukan dan mengkonstruksi konsep, dan (3) bahan ajar yang digunakan hanya berupa ringkasan materi dan sekumpulan soal. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan, peneliti merekomendasikan pengembangan bahan ajar berbasis penemuan terbimbing dalam bentuk lembar kerja siswa untuk mempermudah guru dalam membimbing siswa dalam melakukan kegiatan penemuan.

 

The mathematical concepts understanding was one of the basic abilities that must be mastered by students as initial capital to master more complex mathematical abilities or skills. To optimize students' mathematical concepts understanding, the process of learning mathematics that facilitates students to find concepts and construct their own understanding of these concepts was a solution. This study aims to analyze student needs for developing teaching materials in students’ worksheets form that can facilitate students to discover and construct mathematical concepts. The data collected through interviews, observation sheets, questionnaires and document analysis. The results of data collection show that (1) students' mathematical concepts understanding was low, (2) the learning process has not facilitated students to find and construct their concepts, and (3) teaching materials used were just as summary of material and some sets of questions. Based on the results of the needs analysis, the researcher recommends the development of teaching materials based on guided discovery like students’ worksheets to facilitate the teacher in guiding students in conducting the discovery activities.


Keywords


Need Analysis; Students’ Worksheets; Guided Discovery Learning; Eighth-Grade Students

Full Text:

PDF

References


Adawiah, Rabiatul. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Pecahan Berbasis Metode Penemuan Terbimbing Untuk Kelas VII Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika, 2(1).

Bani, Asmar. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Herawaty, Dewi. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa SMP di Kota Bengkulu melalui Penerapan Model Pembelajaran Matematika (MPM-SMP). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 2(1).

Hidayat, Toni; Mulyati, Sri & Qohar, Abd. (2017). Penerapan Metode Penemuan Terbimbing di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 2(8), 1116-1122.

Indriani, Marisa; Niswah, Choirun & Arifin, Sujinal. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Transformasi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 3(2), 165-180.

Kesumawati, Nila. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Semnas Matematika dan Pendidikan Matematika, 2, 231-234.

OECD. (2016). PISA 2015 Result. OECD (Organitation for Economic Co-operation and Development).

Pramudi, Titis Abimanyu; Yennita & Primairyani, Ariefa. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Discovery pada Pembelajaran Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan. Journal of Biology Education, 5(3), 279-285.

Selviana, Dita. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Inkuiri Terbimbing pada Materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan di SMP. (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA.

Surbakti, Ermelia. (2016). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing Siswa Kelas VII SMP Materi Bangun Datar Segi Empat. Jurnal Mahasiswa Prodi Matematika UPP, 2(1).

Taqiyyah, Syir Anatut; Subali, Bambang & Handayani, Langlang. (2017). Implementasi Bahan Ajar Sains Berbahasa Inggris Berbasis Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 224-234.

Wahyuni, Rizki; Yunarti, Tina & Noer, Sri Hastuti. (2017). Pengembangan LKPD Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan dan Disposisi Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 5(5).

Yanti, Yulia Damai, & Arcat, Hardianto. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Berbasis Penemuan Terbimbing untuk Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama pada Materi Kubus, Balok, Prisma Dan Limas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Matematika, 2(1).

Yudhi, Prima (2017). Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistics Mathematics Education (RME) PADA Materi FPB dan KPK untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Menara Ilmu, 11(74), 144-149.

Yuliyanto & Jailani. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Geometri SMP Menggunakan Metode Penemuan Terbimbing pada Kelas VIII Semester II. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 127-138.

Yusnia, Desy & Suparman. (2018, Februari). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Guided Discovery. Dipresentasikan pada Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.


Article Metrics

Abstract has been read : 242 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v6i1.5327

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats