Uji Validasi Bahan Ajar Berbasis Keunggulan Lokal di SDN Gili Matra, Lombok Utara Nusa Tenggara Barat

Akhmad Sukri, Bq. Muli Harisanti, Bq. Sri Wahyuni, Suharti Suharti, Amirudin Amirudi

Abstract


Taman Wisata Perairan (TWP) Gili Matra yang terdiri dari Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan merupakan lokasi wisata populer dan banyak dikenal oleh wisatawan nusantara dan mancanegara. TWP Gili Matra terkenal dengan pesona pantai dan alam bawah laut yang eksotis terutama terumbu karang. Kerusakan terumbu karang di daerah Nusa Tenggara Barat dan TWP Gili Matra telah terjadi selama kurun waktu 10 tahun terakhir. Kerusakan terumbu karang di TWP Gili Matra disebabkan oleh faktor pemutihan karang (coral bleaching), pengeboman ikan, dan pelepasan jangkar. Akibat kerusakan ekosistem terumbu karang di TWP Gili Matra dikhawatirkan berpengaruh terhadap aspek sosial ekonomi masyarakat sekitar. Pelestarian ekosistem terumbu karang melalui pembentukan kesadaran telah dilakukan oleh Sukri (2016) melalui penyusunan bahan ajar berbasis keunggulan lokal di Sekolah Dasar Gili Matra. Upaya ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran sejak dini kepada peserta didik akan pentingnya keberadaan dan upaya pelestarian ekosistem terumbu karang di Gili Matra. Bahan ajar yang telah disusun tersebut perlu divalidasi untuk memperoleh bahan ajar siap pakai yang memilik kelayakan dari berbagai aspek seperti penggunaan bahasa yang baik dan benar, kebenaran isi atau substansi, dan aspek tampilan dan penyajian. Berdasarkan hasil uji validasi isi atau substansi bahan ajar, diketahui bahwa secara keseluruhan substansi atau isi bahan ajar telah sesuai dan berada pada kategori sangat baik (rerata skor = 3,4), sedangkan dari segi ketepatan penggunaan bahasa, bahan ajar yang telah disusun berada pada kategori sangat baik (rerata skor = 3,5), dan dari segi kelayakan penyajian dan tampilan, bahan ajar berbasis keunggulan lokal yang telah disusun berada pada kategori sangat baik (rerata skor = 3,8). Secara keseluruhan, baik dari aspek isi atau substansi, ketepatan penggunaan bahasa, dan kelayakan penyajian dan tampilan, bahan ajar yang telah disusun berada pada kategori sangat baik dan layak untuk digunakan.


Keywords


erangkat Pembelajaran; Keunggulan Lokal; Gili Matra

Full Text:

PDF

References


Bachtiar, I. (2004). Status terumbu karang di Propinsi Nusa Tenggara Barat: sebuah kajian. Jurnal Biologi Tropis, Vol 5(1): 1-9.

Bachtiar, I. and Gayles, M. (2014). Tourist satisfaction in the Marine Recreation Park of Gili Matra. Kabupaten Lombok Barat. Proceeding of International Research Symposium on Sustainable Tourism Development. Mataram, 29-30th August 2014. Pp 56-65.

Hannafin, M.J dan Peck, K.L. (1988). The Design, Development, and Evaluation of Instructional Software. New York: Mc Millan Publishing Company.

Mukhlis. (2011). Ekosistem Terumbu Karang di Kawasan Wisata Bahari Gili Trawangan Lombok dan Pengaruh Hidrokarbon pada Masa Lethal Karang Acropora spp. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Sukri, A., Harisanti, Bq Muli.,Wahyuni, Bq Sri.,Suharti.,& Amiruddin. (2016). Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Keunggulan Lokal Daerah di SDN 1 Gili Indah, Lombok Utara, Prosiding 2nd Symbion (Symposium on Biology Education) Edubioconservation for Sustainable Living, Yogyakarta: 27 Agustus.

Yulianto, G.,Fahrudin, A. & Kusmaningsih, N. (2007). Analisis permintaan rekreasi dan strategi pengembangan wisata bahari di Gili Trawangan Kabupaten Lombok Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Buletin Ekonomi Perikanan, Vol 6(2): 72-98.


Article Metrics

Abstract has been read : 990 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v5i2.2074

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats