Studi Observasi Efektifitas Penggunaan Permainan To The Left dalam Pembelajaran Biologi Kelas VIII di MTs 1 Atap Mlarik Ngawi

Sri Utami, Frendy Oktaris Whidayat, R. Bekti Kiswardianta

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui efektifitas penggunaan permainan To The Left dalam pembelajaran biologi siswa kelas VIII MTs 1 Atap Mlarik Ngawi tahun pelajaran 2015/2016 ditijau dari segi keterlaksanaan RPP, aspek kognitif , afektif dan psikomotorik siswa,  serta Respon siswa, guru dan kepala sekolah. Penelitian ini merupakan Studi Obsevasi terhadap efektifitas penerapan permainan To The Left yang telah diaplikasikan dalam pembelajaran di kelas VIII MTs 1 Atap Mlarik Ngawi sejak 2013, tetapi belum pernah diamati dan dianalisi tinggkat efektifitasnya. Studi Observasi dilaksanakan selama 5 bulan yaitu Februari-Juni 2016 dengan menggunakan lembar pengamatan. Observasi yang dilakukan meliputi: observasi keterlaksanaan pembelajaran/RPP, observasi dan analisis aspek afektif dan psikomotorik siswa selama proses PBM, angket respon siswa, analisis hasil ulangan harian, dan analisi hasil UTS, lembar panduan wawancara untuk guru biologi kelas VIII dan kepala sekolah. Data penelitian menunjukan bahwa: setiap tahab pembelajaran dalam RPP terlaksana dengan baik dan benar. Siswa menunjukan antusias yang tinggi,  keterampilan mengemukakan pendapat dan bertanya yang baik, disiplin, komunikatif dan menghargai pendapat orang lain dalam pembelajaran. Respon siswa terhadap pembelajaran dengan permainan To The Left yang digali menggunakan angket tertutup dari 28 responden menunjukan bahwa efektifitas permainan To The Left adalah 841: 1120 x 100% = 75,08 % termasuk kreteria cukup baik. Respon guru dan kepala sekolah terhadap pembelajaran dengan permainan To The Left yang diambil dengan teknik wawancara adalah pembelajaran dinilai efektif dapat menimbulkan rasa ketertarikan, keceriaan dan kegembiraan siswa dalam pembelajaran. Data nilai rata-rata ulangan harian dari 28 siswa sebanyak 21 siswa (75%) tuntas dan 7 siswa (25%) tidak tuntas, sedangkan untuk nilai UTS 16 siswa (57,2%) tuntas dan 12 siswa (42,8%) tidak tuntas. Dapat disimpulkan bahwa permainan to the left cukup efektif apabila dilihat dari pencapaian rata-rata nilai ulangan harian yang didapat, dan kurang efektif apabila dilihat dari nilai UTS. Hal ini dikarenakan materi UTS adalah materi IPA yaitu meliputi biologi, fisika dan kimia yang tidak hanya diajarkan dengan permainan to the left tetapi dengan metode-metode yang biasa dilakukan misalnya penugasan dengan LKS dan ceramah, atau praktikum tanpa ada persentasi laporan hasil praktikum. Kemudian disarankan untuk pembelajaran selanjutnya perlu adanya perbaikan RPP pada tiap fase PBM, dan diterapkan untuk kurikulum K-13..


Keywords


Permainan To The Left; Kognitif; Afektif; Psikomotorik

Full Text:

PDF

References


Dimyati & Midjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Djiwandono, S. E. W. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Fathurrohman, P dan Sutikno, M.S. (2007). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: PT Refika Aditama.

Isjoni. (2010). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Nur, M. (2008). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah Unesa.

Rahyubi, H. (2012). Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Jawa Barat: Nusa Media.

Riva, I. (2012). Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Jogjakarta: Flashbooks.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfebeta.

Sutopo. (2002). Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, H. B. (2007). Model Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.


Article Metrics

Abstract has been read : 101 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v5i2.2073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

Creative Commons License
JURNAL EDUKASI MATEMATIKA DAN SAINS by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JEMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats