Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Dan Motivasi Belajar Matematika

Dwi Rismaratri, Nuryadi Nuryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan pengaruh kemampuan berfikir kreatif dan motivasi belajar matematika Model Pembelajaran Quantum dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dengan model konvensional pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 2 Godean, Sleman, Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi eksperimen (eksperimen semu). Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yaitu kelas VII A dan kelas VII C. Untuk mengetahui perbedaan pengaruh antara kelompok model pembelajaran quantum dengan pendekatan RME dan model konvensional peneliti menggunakan uji manova dan untuk uji lanjut dilakukan uji independent sample t-test untuk melihat variabel yang lebih berpengaruh terhadap perbedaan tersebut. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pembelajaran quantum dengan pendekatan RME lebih berpengaru baik terhadap kemampuan berfikir kreatif maupun motivasi belajar matematika siswa.

Keywords


Quantum; Realistic Mathematic Education; Berpikir Kreatif; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Facione, P. A. (2009). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts: California Academic Press/ Insight Assessment. Tersedia di

https://www.gallaudet.edu/Documents/Ac ademic/OAQ/Holistic_Critical_Thinking_Scoring_Rubric.pdf. Diakses tanggal 9 Februari 2016.

Sumiati dan Asra. (2011). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

PPPPTK. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS Yogyakarta: PPPPTK Kemendiknas.

OECD. (2010). PISA 2009 Result: Executive Summary (Figure 1 only). http://oecd.org/dataoecd/54/12/46643496.pdf. Diakses pada tanggal 05 Januari 2016.

DePorter, B ; Readon, M ; Singer-Nourie, Sarah S. (2008). Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas, Terjemahan: Ary Nilandari. Bandung: Kaifa.

Indrawati & Setiawan, W. (2009). Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Jakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK IPA).

DePorter, B. (2003). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Winkel, W.S. (2004). Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.

Hamalik, O. (2011). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Zulkardi. (2001). Realistic Matematics Education (RME). Teori. Contoh Pembelajaran dan Taman Belajar di Internet. Makalah: UPI Bandung.

Siswono, T. Y. E. (2004). Mendorong Berpikir Kreatif Siswa Melalui Pengajuan Masalah (Problem Posing). Makalah disajikan pada Konferensi Himpunan Matematika Indonesia, Denpasar, Bali

-27 Juli 2004. Tersedia di https://tatagyes.files.wordpress.com/2009/11/paper04_berpikirkreatif2.pdf. Diakses pada tanggal 30 Desember 2015.


Article Metrics

Abstract has been read : 2253 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v5i2.2012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Edukasi Matematika dan Sains



Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats