Assesmen Portofolio untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika

Muhammad Syahrul Kahar

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan meningkatkan hasil belajar fisika Mahasiswa di Prodi Pendidikan Matematika  UM-Sorong dengan penerapan assesmen portofolio. Penelitian ini terdiri dari dua siklus yaitu siklus I selama 5 kali pertemuan dan siklus II selama 3 kali pertemuan. Dalam penelitian ini terdapat tiga aspek dalam pembelajaran fisika yang menjadi perhatian, yaitu hasil belajar, penilaian portofolio dan partisipasi. Subjek penelitian ini adalah Mahasiswa Kelas D Prodi Pendidikan Matematika  UM-Sorong yang berjumlah 30 orang. Data yang terkumpul diolah dengan menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Untuk hasil belajar skor rata-rata yang dicapai setelah penerapan assesmen portofolio dari 30 Mahasiswa pada Siklus I  adalah yang diperoleh sebesar 87,5 dengan kategori sangat tinggi dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 6,4 sedangkan pada siklus II sebesar 89,3 dengan kategori sangat tinggi dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10. Untuk hasil portofolio skor rata-rata yang diperoleh pada siklus I sebesar 82,7 dengan kategori tinggi dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 12,6 sedangkan pada siklus II sebesar 86,5 dengan kategori sangat tinggi dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10,7. Partisipasi Mahasiswa dalam pembelajaran mengalami peningkatan. Hal ini di lihat dari perhatian Mahasiswa dalam proses belajar mengajar, mahasiswa mengajukan pertanyaan, Mahasiswa menjawab pertanyaan dosen, dan mahasiswa yang mengumpul tugas.


Keywords


Assesmen; Portofolio; Hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Abdurrahim. (2005). Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran Melalui Penerapan Assesmen Portofolio Pada Siswa Kelas I4 Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar: Jurusan Fisika FMIPA UNM.

Asdar. (2005). Portofolio: Alternatif Assesmen Berkelanjutan dalam Pembelajaran matematika Eksponen. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika. Edisi khusus, Januari 2005 halaman 94 – 104

Bani. (2005). Implementasi Assesmen Portofolio Untuk Menigkatkan Kualitas Hasil Belajar matematika siswa Kelas I Tekstil SMK Negeri 2 Somba Opu Sungguminasa.Skripsi.

Budimansyah. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian portofolio. : PT Ganesindo. Bandung.

Djaali. (1991). Konsep dan Strategi Pengajaran matematika di SD dalam Rangka Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia. Ujung Pandang: IKA IKIP jurnal alumni vol. 1 No. 1 tahun 1991.

Haling. (2004).Belajar dan Pembelajaran (Suatu Ringkasan). Makassar:FIK UNM.

Hudoyo, H,.(1990). Strategi Belajar Mengajar Fisika. Malang. IKIP Malang.

Johnson, David W. & Johnson, Roger T..(2002). Meaningfull Assesment USA.: Allyn and Bacon.

Kardi, Soeparman, Nur,. 2000. Pengajaran Langsung. UNESA UNIVERSITY PRESS. Surabaya.

Maesuri.(2001). Portofolio Matematika dalam Pembelajaran Matematika. Pusat pengkajian pendidikan Sains dan Matematika Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Maesuri. (2003). Sistem Penilaian (Assesment) dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Pusat pengkajian pendidikan Sains dan Matematika Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Maesuri. (2002). Penilaian Performens dalam Pembelajaran Matematika dan Contoh Penerapannya. Pusat pengkajian pendidikan Sains dan Matematika Pasca Sarjana Universitas Negeri Surabaya. Surabaya.

Nurhadi. (2004). Kurikulum 2004 (Pertanyaan dan Jawaban). Penerbit PT Grasindo Midiasarana Indonesia. Jakarta.

Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan depertemen Pendidikan Nasional, (2002). Penilaian Portofolio. Program Pascasarjana Magister Teknologi pendidikan FKIP Universitas Lampung.

Suherman, dkk., (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI.

Surapranata. (2004). Penilaian Portofolio Implementasi Kurikulum 2004. Penerbit PT Remaja Rosdakarya Bandung. Bandung.


Article Metrics

Abstract has been read : 2 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

Creative Commons License
JURNAL EDUKASI MATEMATIKA DAN SAINS by http://e-journal.ikippgrimadiun.ac.id/index.php/JEMS is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


View My Stats