Proses Berpikir Mahasiswa Calon Guru Matematika pada Pemahaman Konsep Segiempat Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi

Lady Agustina

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana proses berpikir mahasiswa calon guru dalam pemahaman konsep segiempat berdasarkan teori pemrosesan informasi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 3, subjek yang akan dipilih adalah mahasiswa yang mempunyai kemampuan komunikasi yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek menerima stimulus atau informasi berupa soal melalui sensory register dengan menggunakan indra penglihatan dan pendengaran. Setelah membaca soal dan mendengarkan petunjuk dari peneliti terjadi attention  pada kedua subjek, kemudian muncul perception saat mereka memahami soal. Perception terjadi saat subjek melakukan retrieval terhadap konsep-konsep yang ada pada long term memory untuk dapat menjawab soal tersebut. Perbedaan kedua subjek saat melakukan retrieval adalah untuk S1 dia lupa dengan sifat-sifat yang ada pada kedua bangun tetapi dia bisa menyebutkan kedua bangun tersebut adalah segiempat. Sedangkan untuk S2 dengan ingatan yang ada pada long term memory dia bisa menyebutkan sifat-sifat pada segiempat pada kedua bangun tersebut tetapi dia melupakan nama bangun yang kedua. Jadi kedua subjek sama-sama mengalami lupa atau forgotten lost terhadap suatu konsep tertentu dari segiempat.


Keywords


Proses Berpikir;Pemahaman Konsep Segiempat;Teori Pemrosesan Informasi

Full Text:

PDF

References


Brown, J.L. 2015. Using Information Processing Theory to Teach Social Stratification to Pre-Service Teacher. Journal of Education and Learning. 4(4). 19-24

Ernest, P. 2004. The Philosophy of Mathematics Education. UK: Taylor & Francis

Gagne, R. M. 1975. Esentials of Learning for Instruction. New York: Holt, Rinehart and Winston

Gagne, R. M. 1985. The Condition of Learning and Theory of Instruction. New York: Rinehart and Winston, Inc

Gurbin, T. 2015. Enlivening The Machanist Perpective: Humanising The Information Processing Theory with Social and Cultural Influences. Procedia Social ang Behavioral Sciences. 197(2015). 2331-2338

Hasan, B. 2016. Proses Berpikir Mahasiswa dalam Mengkonstruksi Bukti Menggunakan Induksi Matematika Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Apotema. 2(1). 33-40

Hitipiew, L. 2009. Belajar dan Pembelajaran. UM, Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan

Jorczak, R. L. 2011. An Information Processing Perspective on Divergence and Convergence in Collaborative Learning. International Journal of Computer-Supported Collaborative Learning. 6(2). 207-221

Khan, L. 2015. What is Mathematic – an Overview, International Journal of Mathematic and Computational Science. 1(3). 98-101

Lunenburg, F.C. 2012. Teachers Use of Theoretical Frames for Instructional Planning: Information Processing Theories. Journal of Mathematical Sciences & Mathematics Education. 3(1). 1-14

Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosda Karya

Nayazik, A. & Sukestiyarno. 2012. Pembelajaran Matematika Model Ideal Problem Solving dengan Teori Pemrosesan Informasi untuk Pembentukan Pendidikan Karakter dan Pemecahan Masalah Materi Dimensi Tiga Kelas X SMA. Phytagoras. 7(2). 1-8

Ngilawajan, D.A. 2013. Proses Berpikir Mahasiswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Turunan Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Pedagogia. 2(1). 71-83

Ozkan,M&Bal, AP. 2017. Analysis of the Misconceptionsof 7 th Grade Studenton Polygons and Spesific Quadrilaterals. EurasianJournalofEducationalResearch. 67. 161-182

Panjaitan, B. 2013. Proses Kognitif Mahasiswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmu Pendidikan. 19(1). 17-25

Riyadi, S. 2011. Pemrosesan Informasi dalam Belajar Gerak. Jurnal Ilmiah SPIRIT. 11(2). 1-12

Rohana, R. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahamahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Reflektif. Infinity Journal. 4 (1). 105-119

Ruggiero, V.R. 2011. Beyond Feelings: A Guide to Critical Thingking. New York: Mc Graw Hill

Slavin, R.E. 2009. Educational Psychology: Theory and Practice (9th ed). Boston. Allyn and Bacon

Solso, R. L, Maclin, O.H, & Maclin, M. K. 2008. Psikologi Kognitif. Jakarta: Erlangga

Syifa’ul. 2016. Proses Berpikir Siswa SMP Bergaya Kognitif Field Dependent Dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1(2). 237-245

Van De Walle, J.A. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah : Pengembangan Pengajaran. Jakarta : Gramedia


Article Metrics

Abstract has been read : 206 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i1.16117

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats