Pengembangan Media Video Blog (Vlog) Berbasis Kearifan Lokal Materi Kegunaan dan Siklus Air Pada Siswa Kelas V SD

Elda Theresia, Rohana Rohana, Imelda Ratih Ayu

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk pengembangan media pembelajaran vlog berbasis kearifan lokal materi kegunaan dan siklus air yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan dalam penelitian ini mengacu pada model 4D yang terdiri atas 4 tahap, yaitu define, design, development dan disseminate. Subjek penelitian ini adalah siswa V di salah satu Sekolah Dasar Negeri Kota Palembang. Data penelitian ini diperoleh dari angket validitas, angket respon siswa, angket respon guru serta tes hasil belajar IPA. Kriteria validitas didapatkan dari validator yang menilai dari tampilan media, penyajian materi dan pengunaan bahasa, Untuk kriteria kepraktisan didapatkan dari angket respon siswa dan angket respon guru. Sedangkan, kriteria keefektifan didapat dari tes hasil belajar siswa. Berdasarkan angket validasi dari tim ahli diperoleh skor persentase 92,1% dengan kategori sangat valid. Angket kepraktisan keseluruhan siswa diperoleh skor persentase 94,14% dengan kategori sangat praktis dan angket kepraktisan keseluruhan guru diperoleh skor persentase 91,6% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan keseluruhan siswa memperoleh skor 88% yang diperoleh dari tes hasil belajar IPA materi kegunaan dan siklus air dengan kategori sangat efektif. Dengan demikian, hasil yang dikembangkan oleh peneliti bahwa vlog yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.


Keywords


Pengembangan, Vlog, Kearifan Lokal, Kegunaan dan Siklus Air.

Full Text:

PDF

References


Ardhani, A. D., Ilhamdi, M. L., & Istiningsih, S. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli pada pelajaran IPA. Jurnal Pijar Mipa, 170-175.

Dian Pancasari , N. P. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 104-113.

Fadhli, M. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3. No 1, 24-29.

Fitria, Y., & Juwita. (2018). Refleksi Penerapan Nilai-Nilai Karakter Melalui Video Blog (Vlog) Pada Anak Usia Dini. 739-744.

Hanafi. (2017). Konsep Penelitian R&D Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Kajian Keislaman, : 129-150.

Hapsari, A. S., Gunarhadi, & Roemintoy. (2019). Video Blog: Media Pembelajaran Alternatif untuk Melatih Keterampilan Menulis Paragraf bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 80-89.

Huda, C., Siswoningsih, D., & Nuvitalia, D. (2O2O). Efektivitas Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Sains Berbasis Local wisdompada pembahasan Suhu dan Kalor . Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 89-93.

Irawati, I., Nasruddin, & Ilhamdi, M. L. (2021). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Influence Of Learning Style On The Students Science Learing Achievement. Jurnal Pijar MIPA, 44-48.

Istikomah, & Faizah, U. (2021). Pengaruh Media Vlog Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SDIT Salsabila 8 Pandowoharjo Sleman. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah , 138-148.

Istiqah, W., Agustini, R., & Budijastuti, W. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Menggunakan Model PBL Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Peserta Didik di SMPN O2 Suboh. Jurnal Education and development, 237-243.

Liutammi, D., & Utami, I. S. (2021). Pemanfaatan Youtube Channel Sebagai Media Belajar Untuk Mengungkapkan Gagasan Peserta Didik Dalam Pembelajaran PPKN. Wiyatamandala: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 46-64.

Markhamah, N., Supardi, Z. A., & Sudibyo, E. (2021). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah materi siklus air untuk melatihkan keterampilan berfikir kritis siswa sekolah dasar. Jurnal Education and Development, 343-347.

Nabila, S., Adha, I., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3928-3939.

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari'ah dan Tarbiyah, 171-187.

Panggabean, F., Simanjuntak, M. P., Sinaga, L., Florenza, M., & Rahmadani, S. (2021). Analisis Peran Media Video Pembelajaran Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA SMP. Jurnal Pendidikan Pembelajaran IPA, 7-12.

Pingge, H. D. (2017). Kearifan Lokal dan Penerapannya Di Sekolah. Jurnal Edukasi Sumba, 128 - 135.

Putra, A., & Andriani, M. (2021). Systematic Literature Review: Media Video Blog (Vlog) on Learning. Alauddin Journal of Mathematics Education, 113-121.

Putri, A. I., Kuswandi, D., & Susilaningsih. (2020). Pengembangan video edukasi kartun animasi materi siklus air untuk memfasilitasi siswa sekolah dasar. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 377-387.

Putri, M. K., Septinar, H., & Daulay, R. W. (2019). Analisis Pengaruh Pengelolaan Lingkungan Terhadap Kondisi Masyarakat Hilir Sungai Musi . Jurnal Geografi, 80-89.

Rijali, & Adrian, Y. (2021). Validitas media pembelajaran berbasis vlog pada muatan bahasa indonesia di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11-23.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Sa'adah, N. R., & Wahyu. (2020). Metode Penelitian R&D (Research and Development) Kajian Teoritis dan Aplikasi. Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi.

Shufa, N. K. (2018). Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar: Sebuah Kerangka Konseptual. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 48-53.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D). Bandung: ALFABETA CV.

Suryana , D., & Hijriani, A. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Tematik Anak Usia Dini 5-6 Tahun Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1077-1094.

Sutisna, E., Novita, L., & Iskandar, M. I. (2020). Pengunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi, Informasi dan Komunikasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Lingkungan Tempat Tinggalku. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 01-06.

Suwarti, Laila, A., & Permana, E. P. (2020). Pengembangan media komik berbasis kearifan lokal untuk menentukan pesan dalam dongeng pada siswa sekolah dasar. Propesi Pendidikan Dasar, 140-151.

Wahyuningtyas, R., & Sulasmono, B. S. (2020). Pentingnya Media Pembelajaran Guna meningkatkan Hasil Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23-27.

Widyaningsih, N. (2019). Keefektifan Penggunaan Media Vlog (Video Blog) Dalam Keterampilan Menulis Teks Narasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Gamping Tahun Ajaran 2018/2019. Jurnal Skripta, 12-17.


Article Metrics

Abstract has been read : 531 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14400

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats