Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Panti

Astari Asrar, Yerizon Yerizon, I Made Arnawa, Dony Permana

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Panti. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Pengembangan LKPD Elektronik Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik  yang valid, praktis, dan efektif. Prosedur penelitian berpedoman pada desain pengembangan Plomp. Hasil penelitian ini menunjukkan penilaian validitas LKPD elektronik dari aspek materi oleh para ahli skor rata-rata 88,4% Sedangkan validitas Modul Ajar diperoleh 92,4 %. Berdasarkan hasil uji kepraktisan perangkat pembelajaran oleh guru 85,88% dan peserta didik 83,76% dengan kriteria praktis. Sedangkan hasil uji efektivitas LKPD elektronik Berbasis PBL dengan memberikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis diperoleh rata- rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik 78,15%. Maka dapat disimpulkan bahwa modul ajar dan LKPD elektronik yang dikembangkan layak untuk digunakan dan bisa kembangkan lagi dalam pembelajaran matematika kelas X SMA

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, LKPD Elektronik , PBL.

Full Text:

PDF

References


Adhyan, A. R. (2022). Siswa Mts Pada Materi Himpunan. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(2), 451–462. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i2.451-462

Bukhori, B. (2018). Pengembangan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PBL berorientasi pada penalaran matematis dan rasa ingin tahu. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 133–147. https://doi.org/10.21831/pg.v13i2.21169

Buyung, B., & Sumarli, S. (2021). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah. Variabel, 4(2), 61. https://doi.org/10.26737/var.v4i2.2722

Haqiqi, A. K. S. N. S. (2021). Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Video dalam Liveworksheets Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 193–210.

Khikmiyah, F., & Gresik, U. M. (2020). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pedagogik, 6(1).

Mawaddah, S. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153.

Nuryana, D., & Rosyana, T. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Smk Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematik Pada Materi Program Linear. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 11–20.

Payadnya, N. L. P. K. W. L. I. P. A. A. (2022). Penerapan Blended Learning Berbantuan E-Worksheet Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa Implementation Of Blended Learning Using E-Worksheet To Improve Mathematics Learning Achievement Of Students In Pendahuluan Matematika adalah salah satu. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 14(1).

Putra, D. H., Fathia Thahiram, N., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90. Retrieved from http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm

Syahril, R. F., Maimunah, & Roza, Y. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma Kelas Xi SMAN 1 Bangkinang Kota Ditinjau dari Gaya Belajar. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 78–90. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/edumatica/article/view/15320/12330

Umaroh, U., & Setiani, Y. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik ( E-LKPD ) Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) untuk Memfasilitasi Kemampuan Penalaran Peserta Didik pada Materi Lingkaran. 3(1), 61–70.

Vatillah, V., Ambarwati, L., Hakim, L. El, Pendidikan, M., Pascasarjana, M., & Negri, U. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dan Self Regulated Learning Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 13(1).

Wardhani, A. K., Haerudin, & Ramlah. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal TIMSS Materi Geometri. Didactical Mathematics, 4(1), 94–103. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2017

Yustianingsih, R., Syarifuddin, H., & Yerizon, Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 258. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.563


Article Metrics

Abstract has been read : 983 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14361

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats