Desain Didaktis Pada Pembelajaran Konsep Skala Untuk Kelas V Sekolah Dasar

Cicih Maskunah, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Aldora Pratama

Abstract


Penelitian ini untuk membuat desain didaktis konsep skala kelas V Sekolah Dasar berdasarkan analisis Learning Obstacle (LO). Menggunakan pendekatan kualitatif metode DDR (Didactical Design Research) yang meliputi tiga tahapan yaitu: 1) analisis prosfektif, 2) analaisis metapedadidaktik, dan 3) analisis retrosfektif. Berdasarkan analisis learning obstacle (LO) disusun Hypotethical Learning Trajectory (HLT) meliputi: 1) tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, 2) aktivitas pembelajaran yang mendukung tujuan, dan 3) dugaan-dugaan matematis sebagai hasil aktivitas yang dilandaskan pada level berpikir dan konsep materi dengan bantuan media dan konteks yang sesuai dengan karakter siswa, kemudian dapat merancang desain didaktis hipotetik materi konsep skala. Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan penerapan desain didaktis pada materi konsep skala makalearning obstacle dapat di minimalisir.

Keywords


Desain Didaktis;Learning Obstacle;HLT.

Full Text:

PDF

References


Atsnan, M. (2016). Keterlaksanaan Learning Trajectory Pada Pembelajaran Matematika. Lentera Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol.11 NO.1 , 57-63.

Fuadiah, N. (2017). Hyphotetical Learning Trajectory Pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis Di Sekolah Menengah. Mosharafa. Pendidikan matematika, vol 6. no 1 , 13-24.

Fuadiah, N. (2017). Potential Effect Desain Didaktis Terhadap Penguasaan Konsep Dasar Bilangan Bulat Negatif. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika , 249.

Fuadiah, N. (2021). Desain Didaktis dalam Perspektif Merdeka Belajar. Porsiding ddr conference,4.

Hasanah, R. Z. (2017). Desain Didaktis Konsep Skala Berbasis RME. indonesian journal of primary education , 81-86.

Murfiah, U. (2017). Pembelajaran Terpadu (teori dan praktik terbaik di sekolah). Bandung : refika Aditama.

Prahmana, R. C. (2017). Design Research . Depok : Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Suryadi, D. (2019). Monograf 2 Didactical Design Research (Ddr). Bandung : Gapura Press.

Suryadi, D. (2016). Monograf Didactical Design Research (Ddr). Bandung : RIZQI PRESS.

Suryadi, D. (2019). Penelitian Desain Didaktis (Ddr) Dan Implementasinya. Bandung: GAPURA PRESS.


Article Metrics

Abstract has been read : 322 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats