Desain Didaktis Simetri Lipat untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar

Ratih Widuri, Nyiayu Fahriza Fuadiah, Aldora Pratama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat desain didaktis simetri lipat untuk siswa kelas III Sekolah Dasar berdasarkan Learning Osbtacle. Menggunakan pendekatan kualitatif metode DDR (Didactical Disegn Research) yang meliputi tiga tahapan yaitu; analisis prosfektif, analisis metapedadidaktik, dan analisis retrosfektif. Berdasarkan analisis LO disusun Hypotethical Learning Trajectory (HLT) yang meliputi: tujuan pembelajaran, aktivitas siswa dan hipotesis kemudian dapat merancang desain didaktis hipotetik materi simetri lipat dan ada tiga tujuan pembelajaran yaitu; mengidentifikasi bangun datar yang memiliki simetri lipat dengan tepat, menyelesaikan simetri lipat pada bangun datar menggunakan benda konkret, menentukan banyak simetri lipat pada sebuah bangun datar yang benar. Desain didaktis ini dapat diimplementasikan menggunakan media pembelajaran gambar dan bangun datar, setelah diterapkan mengalami penurunan pada LO yang muncul pada materi simetri lipat, artinya desain didaktis ini mampu menjadi solusi dari hambatan belajar yang terjadi pada siswa kelas III Sekolah Dasar.


Keywords


Desain Didaktis;Learning Obstacle;Hypothetical Learning Trajectory

Full Text:

PDF

References


Fuadiah, N. F. (2017). Hypothecial Learning Trajectory Pada Pembelajaran Bilangan Negatif Berdasarkan Teori Situasi Didaktis Di Sekolah Menengah. JURNAL MOSHARAFA, 6.

Fuadiah, N. F. (2021). Theory Of Didactical Situation (TDS) Kajian Krakteristik Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika : Judika Education, 4.

Lestari, J., Pratanata, O. H., & Muiz, D. A. (2018). Desain Didaktis Jaring-jaring kubus dan balok untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH, 5, 263-273.

Manullang, F. R. (2021). Konsep Dasar Matematika SD untuk PGSD. Jakarta: PRENAMEDIA GROUP.

Muhibba, I. (2018). "Perkembangan Teknologi" Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Kemendikbud.

Munawar. (2018). Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika Simetri Lipat dan Simetri Putar Pendekatan Kooperatif Tpe STDA. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2, 3-16.

Nurwani, Putra, W. R., Putra, F. G., & Putra, N. W. (2017). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Materi Pemefaktoran Bentuk Aljabar pada Pembelajaran Matematika. NUMERICAL: JURNAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA, 1, 97-101.

Priatna, N., & Yuliardi, R. (2019). Pembelajaran Matematika Untuk Guru SD dan Calon Guru SD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Putra, R. W., & Setiawati, N. (2018). Pengembangan Desain Didaktis Bahan Ajar Persamaan Garis Lurus. JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 11, 139-148.

Rismaya, R., Rustono, & Lidnillah, D. A. (2018). Desain Didaktis Simetri Lipat untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SD. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKIOLAH DASAR, 5, 296-307.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suryadi, D. (2019). Landasan Filosofis Penelitian Desain Didaktis (DDR). (T. G. Press, Ed.) Bandung: Gapura Press.

Suryadi, D. (2019). Monograf 2 Didactical Design Research (DDR). Bandung: GAPURA PRESS.

Suryadi, D. (2019). Penelitian Desain Didaktis (DDR) dan Implementasinya. Bandung: GAPURA PRESS.

Syahrul, S., & Nur'aeni, E. (2018). Desain Didaktis Pembelajaran Matematika Konsep Perkalian Berbasis Permainan Congkak di Sekolah Dasar. PEDADIDAKTIK: JURNAL ILMIAH, 5, 206-216.

Zuliana, E. (2017). Desain Siputmatika Dan Rancangan Lintasan Belajar Siswa Sekolah Dasar Materi Simetri Putar. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA, 2, 34-45.


Article Metrics

Abstract has been read : 1080 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v11i1.14088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats