Pelaksanaan Perkuliahan Microteaching berbasis E-Learning

Febi Dwi Widayanti, Sri Rahayuningsih, Eny Wahyu Suryanti

Abstract


Pada situasi normal, perkuliahan microteaching di FKIP Universitas Wisnuwardhana, dilaksanakan di ruang laboratorium microteaching. Namun, situasi pandemi Covid-19 yang telah berlangsung kurang lebih selama dua menyebabkan perkuliahan microteaching dilakukan secara daring (e-learning). Pelaksanaan perkuliahan microteacing berbasis e-learning yang diterapkan di FKIP Universitas Wisnuwardhana menjadi suatu tantangan tersendiri, karena matakuliah microteaching identik dengan pembelajaran praktik secara langsung dan merupakan proses awal pembentukan kompetensi pendidik. Universitas Wisnuwardhana telah memiliki sebuah Learning Manajemen Sistem (LMS) berbasis daring (e-learning) untuk memfasilitasi pelaksanaan perkuliahan microteaching melalui laman http://elearning.wisnuwardhana.ac.id/. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan perkuliahan microteaching berbasis e-learning serta meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam praktik microteaching yang direkam dalam format video kemudian diunggah ke media sosial (youtube). Perkuliahan microteaching berbasis e-learning yang dilaksanakan pada mahasiswa calon guru prodi Pendidikan Matematika berjalan dengan lancar, karena Universitas Wisnuwardhana telah berupaya secara institusional dalam menyediakan fasilitas e-learning (LMS). Selain itu, pelaksanaan perkuliahan microteaching berbasis e-learning dapat meningkatkan aktivitas mahasiswa, karena mereka mampu belajar secara mandiri sesuai dengan lembar aktivitas yang disajikan. Indikator kemandirian mahasiswa terdapat pada penyelesaian tugas, dan bertanggungjawab terhadap waktu yang diberikan setiap pertemuan dalam mengumpulkan hasil pekerjaannya.


Keywords


perkuliahan; microteaching; e-learning; daring

Full Text:

PDF

References


Altuk, Y. G., Kaya, V. H., & Bahceci, D. (2012). A Study on Developing “Microteaching Scale” for Student Teachers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 46(December), 2964–2969. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.05.598

Arianti, A. (2017). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62. https://doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161

Budi, B. N. (2012). Pengembangan Metode Pembelajaran Online Berbasis E-learning (Studi Kasus Mata Kuliah Bahasa Pemrograman). Jurnal Sains Terapan Edisi II, 2(1), 49–59.

CoSN. (2020). COVID-19 Response: Preparing to Take School Online. Leading Education Innovation, March.

Edy, I. C. (2011). Studi Pemanfaatan Web Site E-Learning dan Pengaruhnya Terhadap Motivasi Kinerja dan Basil Belajar Pada Guru dan Sisa SMK di Provinsi Jawa Tengah.

Fernández, M. L. (2010). Investigating how and what prospective teachers learn through microteaching lesson study. Teaching and Teacher Education, 26(2), 351–362. https://doi.org/10.1016/j.tate.2009.09.012

Irawan, Y., Susanti, N., & Triyanto, W. A. (2015). Analisa Dan Perancangan Sistem Pembelajaran Online (E-Learning) Pada Smk Mambaul Falah Kudus. Simetris : Jurnal Teknik Mesin, Elektro Dan Ilmu Komputer, 6(2), 345–352. https://doi.org/10.24176/simet.v6i2.471

Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran Elektronik (E-Learning) Terhadap Mutu Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi, 41–54.

Koc, B., & Ilya, A. (2016). Exploring Pre-service Language Teachers’ Perceptions and Actual Practices of Giving Feedback in Micro-teaching. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232(April), 421–429. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2016.10.058

Maryani, Y. (2013). Aplikasi E-Learning sebagai Model Pembelajaran berbasis Teknologi Informasi di Jurusan Kesehatan Gigi Poltekkes Kemenkes Pontianak. Jurnal Vokasi, 9(1), 27–39.

Mulyaningsih, I., Zahidin, M. A., & Nurfiana, N. (2017). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Riset di Jurusan Tadris Bahasa Indonesia FITK IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Journal Indonesian Language Education and Literature, 2(2), 121–135. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24235/ileal.v2i2.1388

Setyawan, D. A. (2010). Konsep Pengajaran Micro. Poltekes.

Sihotang, H., & Simorangkir, S. T. (2020). Buku Pedoman Praktik Microteaching (I. Jatmoko & M. Silalahi (eds.)). UKI Press. http://repository.uki.ac.id/1863/1/BUKU PEDOMAN Praktik.pdf

Suharyanto, & Mailangkay, A. B. L. (2016). Penerapan E-learning Sebagai Alat Bantu Mengajar Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Ilmiah Widya, 3(4), 17–21.

Sukamto, B. C. A. (2012). E-learning Jaringan Komputer Berbasis Web dan Aplikasi Mobile. Jurnal Teknik Elektro, 1(2), 75–85. https://scholar.archive.org/work/xcby6sj62fb6fn45wgmontdw4q/access/wayback/http://jurnal.polines.ac.id/jurnal/index.php/jtet/article/viewFile/17/17

Supriyadi. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jaya Ilmu.

Usman, U. (2019). Komunikasi Pendidikan Berbasis Blended Learning Dalam Membentuk Kemandirian Belajar. Jurnalisa, 4(1), 136–150. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i1.5626

Widayanti, F. D. (2019). Microteaching dan Asesmennya. Unidha Press.

Widodo, W. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, Dan Pembelajaran Bermakna Di Sekolah Dasar. Ar-Risalah, 18(2), 22–37.

Yen, S. C., Lo, Y., Lee, A., & Enriquez, J. M. (2018). Learning online, offline, and in-between: comparing student academic outcomes and course satisfaction in face-to-face, online, and blended teaching modalities. Education and Information Technologies, 23(5), 2141–2153. https://doi.org/10.1007/s10639-018-9707-5


Article Metrics

Abstract has been read : 373 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i2.13357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats