Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Pembelajaran Mind Mapping, Snowball Throwing, dan Teams Games Tournaments (TGT) Ditinjau dari Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Bringin

Erny Untari, Lukas Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan dengan menggunakan metode pembelajar Mind Mapping, Snowball Throwing, dan Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua peserta didik kelas IX SMP Negeri 1 Bringin Tahun Ajaran 2019/2020. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 90 siswa. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dilakukan secara sample random sampling. Teknik pengumpuan data yang digunakan adalah metode tes untuk memperoleh data  hasil belajar matematika. Uji prasyarat yang digunakan yaitu uji normalitas dengan daftar distribusi frekuensi (DDF) dan uji homogenitas dengan uji Bartlett. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji non parametrik (Kruskall Walis). Hasil uji hipotesis dengan uji non parametrik (Kruskall Walis) menunjukkan bahwa hasil belajar matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran tipe Mind Mapping, metode Pembelajaran Snowball Throwing, dan model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) ternyata tidak memberikan beda yang signifikan

Keywords


Mind Mapping; Snowball Throwing; Teams Games Tournaments

Full Text:

PDF

References


A.M, Sardiman. 2012. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Rajawalu Pers. Jakarta.

Arif, S., & Rijanto, T. (2017). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Peserta Didik (Meta-Analisis Data). Pendidikan Teknik Elektro, 6, 371-377.

Fajri, L., Martin, K. S., & C.S., A. N. (2012). Upaya Peningkatan Proses dan Hasil Belajar Kimia Materi Koloid melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Times Games Tournament) Dilengkapi Dengan Teka-Teki Silang Bagi Siswa Kelas XI IPA 4 SMA Negeri 2 Boyolali Pada Semester Genap Tahun Ajaran 2011/2012. Pendidikan Kimia (JPK), 1, 89-96.

Farianti, Rahmi, & Agustina, F. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Laki-Laki Dengan Siswa Perempuan Menggunakan Pembelajaran Kooperatif Model Mind Mapping Pada Pokok Bahasan Klasifikasi Makhluk hidup Siswa Kelas VII Di SMP IT Darul Muhajirin Batam. Simbiosa, 5, 16-24.

Hamruni. 2009. Strategi dan Model – Model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.

Khodijah, Nyunyu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran, Bandung : Remaja Rosdakarya

Sanjaya, Wina. (2010). Strategi Pembelajaran “Bermotivasi Standart Proses”. Jakarta: Prenanda Media Group. Halaman: 24-127.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M.Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok : Holi


Article Metrics

Abstract has been read : 1287 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i1.12171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats