Profil Kemampuan Guru SMA Negeri 6 Bandar Lampung dalam Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran

Gusti Ayu Putu Romiasih, Herpratiwi Herpratiwi, Sugeng Widodo

Abstract


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi bisa dijadikan salah satu cara untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru. Untuk bisa mewujudkan hal tersebut, seorang guru perlu memahami dan mimiliki kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK). Tujuan penelitian ini adalah meninjau kemampuan guru dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran terkhusu di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil kemampuan guru di SMA Negeri 6 Bandar Lampung dalam pemanfataan TIK sebagai media pembelajaran terkhusus pada era di masa pandemi covid-19 saat ini.Penelitian yang dipilih adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah guru di SMA Negeri 6 Bandar Lampung yang berjumlah 52 guru. Meninjau profil kemampuan guru dalam pemanfataan TIK sebagai media pembelajaran menggunakan pengukuran TPACK. Data penelitian yang diperoleh akan dianalisis dengan statistik deskriptif dan analisis dokumen.Hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan terhadap 52 guru SMA N 6 Bandar Lampung diperoleh bahwa presentase tertinggi pada aspek CK dengan rerata 84%, aspek PK dengan rerata 73% dengan sementara persentase terendah terdapat pada TK yaitu 26,14% dengan demikin disimpulkan bahwa profil kemampuan guru dalam pemanfaatan TIK sebagai media pembelajaran masih rendah dan perlu ditingkatkan.

Keywords


TIK, Media Pembelajaran, TPACK

Full Text:

PDF

References


Abbitt, J. T. (2011). Measuring technological pedagogical content knowledge in preservice teacher education: A review of current methods and instruments. Journal of Research on Technology in Education, 43(4), 281-300.

Agustina, P., Yusron, F. N., & Muyassarah, F. (2018). Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP UMS pada Matakuliah Microteaching Tahun Akademik 2015/2016. Proceeding of The URECOL, 101-108.

Baser, D., Kopcha, T. J., & Ozden, M. Y. (2016). Developing a technological pedagogical content knowledge (TPACK) assessment for preservice teachers learning to teach English as a foreign language. Computer Assisted Language Learning, 29(4), 749–764.

Canbazoglu Bilici, S., Guzey, S. S., & Yamak, H. (2016). Assessing pre-service science teachers’ technological pedagogical content knowledge (TPACK) through observations and lesson plans. Research in Science & Technological Education, 34(2), 237–251.

Cox, S., & Graham, C. R. (2009). Using an elaborated model of the TPACK framework to analyze and depict teacher knowledge. TechTrends, 53(5), 60-69.

Cuhadar, C. (2018). Investigation of Pre Service Teachers' Levels of Readiness to Technology Integration in Education. Contemporary Educational Technology, 9(1), 61-75.

Dhawati, D. A. A. (2017). Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Biologi Fkip Ums Dalam Menyusun Rpp Kurikulum 2013 Tahun Akademik 2016/2017 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Drew, S. V. (2012). Open up the ceiling on the Common Core State Standards: Preparing students for 21st‐century literacy-now. Journal of Adolescent & Adult Literacy, 56(4), 321–330.

Fathonah, L. (2017). Kemampuan TPACK (Technological Paedagogical and Content Knowledge) Calon Guru Biologi FKIP UMS dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Tahun Akademik 2016/2017(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Harris, J. B., & Hofer, M. J (2011). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) in Action : A Descriptive Study of Secondary Teachers’ Curriculum Base, Technology–Related Instructional Planning. Journal of Research on Technologi in Education, 43 : 211- 229.

Hayati, D. K., Sutrisno, & Lukman, A. (2014). Pengembangan Kerangka Kerja TPACK pada Materi Koloid untuk Meningkatkan Aktivitas Pembelajaran dalam Mencapai HOTS Siswa. Edusains, 3: 53- 61.

Huda, I. A, (2020). Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kualitas Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 2(1): 121-125.

Jang, S. J., & Tsai, M. F. (2012). Exploring the TPACK of Taiwanese elementary mathematics and science teachers with respect to use of interactive whiteboards. Computers & Education, 59(2), 327–338.

Kereluik, K., Mishra, P., Fahnoe, C., & Terry, L. (2013). What knowledge is of most worth: Teacher knowledge for 21st century learning. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 29(4): 127–140.

Khoiri, N., & Huda, C. (2017). Deskripsi Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Pada Mahasiswa Calon Guru Fisika.

Khoiri & Huda, 2017 Koehler, M. J., & Mishra, P. (2005). Teachers learning technology by design. Journal of computing in teacher education, 21(3): 94–102.

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2008). What Is Technological Pedagogical Content Knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education. CITE Journal, 9(1), 60-70

Koehler, M., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?. Contemporary issues in technology and teacher education, 9(1), 60-70.

Koehler, M. J., Mishra, P., & Cain, W. (2013). What is technological pedagogical content knowledge (TPACK)?. Journal of Education, 193(3): 13-19.

Koehler, M. J., Mishra, P., Bouck, E. C., DeSchryver, M., Kereluik, K., Shin, T. S., & Wolf, L. G. (2011). Deep-play: Developing TPACK for 21st century teachers. International Journal of Learning Technology, 6(2): 146–163.

Listiawan, T., & Baskoro, W. W. (2015). Analisis Technological Content Knowledge (TCK) Calon Guru Matematika Dalam Menggunakan Perangkat Lunak Geometri Dinamis. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY (pp. 827-834).

Maeng, J., Mulvey, B., Smetana, L., & Bell, R. (2013). Preservice Teachers' TPACK: Using Technology to Support Inquiry Instruction. Journal of Science Education and Technology, 22(6), 838-857.

Mishra, P. dan M. J. Koehler. (2006). Technological Pedagogical Content Knowledge: A Framework for Teacher Knowledge. Teachers College Record. 6 (108): 1017-1058.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of Teacher of Mathematics, Inc. Retrieved from. http://webapp1.dlib.indiana.edu/virtual_disk_library/index.cgi/4273355/FID3542/DOCS/ENC2280/28023310.HTM

Nevrita, Asikin, N., dan Amelia, T. (2020) Analisis Kompetensi TPACK Guru Melalui Mdia Pembelajaran Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesia Journal of Science Education), 8(2): 203-217.

Rahmadi, I.F., Hayati, E., & Nursyifa, A. 2020. Comparing pre-service civic education teachers’ TPACK confidence across course modes: insights for future teacher education programs. Research in Social Sciences and Technology, 5(2):113-133

Raman, A. (2014). TPACK Confidence of Pre-service Teachers in Universiti Utara Malaysia. Mediterranean Journal of Social Sciences.

Schmidt, dkk., 2009 Schmidt, D. A., Baran, E., Thompson, A. D., Mishra, P., Koehler, M. J., & Shin, T. S. (2009). Technological pedagogical content knowledge (TPACK) the development and validation of an assessment instrument for preservice teachers. Journal of research on Technology in Education, 42(2), 123-149.

Sholihah, M. A. (2016). Technological Pedagogical Content Knowledge dan Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika melalui Model Pembelajaran POST-PACK di Universitas Negeri Malang. DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM.

Shulman, L. S. (1986). Those who understand: Knowledge growth in teaching. Educational researcher, 15(2), 4–14.

Siahaan, S. (2010). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran. Jakarta: Pustekkomdiknas.

Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical And Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Pada Mata Kuliah PP Bio. In Prosiding SNPS (Seminar Nasional Pendidikan Sains) (pp. 58-64).

Trust, T. (2018). 2017 ISTE Standards for Educators: From Teaching With Technology to Using Technology to Empower Learners. Journal of Digital Learning in Teacher Education, 34(1), 1– 3.

Umardulis. (20129). Peningkatan Kompetensi Guru Menggunakan Teknologi Informasikan dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran Di Sekolah Dasar Melalui Supervisi Klinis, Jurnal PAJAR (Pendidikan dan Pengajaran), 3(4): 870-878.

Yuliati, L., & Wartono, W. (2016). Peranan TPACK terhadap Kemampuan Menyusun Perangkat Pembelajaran Calon Guru Fisika dalam Pembelajaran Post-Pack. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(2), 144-153.

Yusrizal, I. S., and Nurhaidah. 2017. Kompetensi Guru Dalam Memanfaatkan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Di Sd Negeri 16 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(2):126–34.


Article Metrics

Abstract has been read : 653 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i2.12132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats