Pengembangan E-modul Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Materi Persegi Panjang Untuk Siswa SMP

Indah Septi Ningsih, Destiniar Destiniar, Nyiayu Fahriza Fuadiah

Abstract


Penggunaan bahan ajar maupun media pembelajaran yang tepat dapat menunjang proses pembelajaran sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan berpikir, hasil belajar peserta didik dan penguasaan materi bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi pesegi panjang untuk kelas VIII SMP/MTs yang valid, praktis dan untuk mengetahui efek potensial e-modul terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan teori Sugiyono yang memiliki 10 tahapan yaitu (1) Identifikasi potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Ujicoba skala kecil, (7) Revisi produk, (8) Ujicoba skala besar, (9) Revisi produk, dan (10) Produksi massal. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa angket validasi, angket respon peserta didik dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, penilaian kevalidan terlihat dari hasil validasi oleh expert review (validator) berdasarkan aspek kelayakan kegrafikan, aspek kelayakan bahasa dan aspek kelayakan penyajian dengan hasil penilaian kevalidan sebesar 92,3%. E-modul juga dinyatakan sangat praktis berdasarkan angket respon peserta didik dengan persentase sebesar 87,2% untuk kelompok kecil (small group), dan e-modul dikatakan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik dengan persentase sebesar 86,25%. Jadi pengembangan e-modul berdasarkan tahap pengembangan Sugiyono dinyatakan valid, praktis dan mempunyai efek potensial sehingga produk layak digunakan di dalam proses pembelajaran.

 

 


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (2016). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa Melalui Pembelajaran Matematika. Desimal:Jurnal Matematika, 2(2),147-153.

Harisa. (2019). Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Persamaan Dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Melalui Penerapan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 8 Palopo. Palopo: IAIN PALOPO.

Joenaidy, A, M. (2019) Konsep dan Strategi Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Laksana.

Lubis, M. A., & Azizan, N. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika di SMP Muhammadiyah 07 Medan Perjuangan Tahun Pelajaran 2018/2019. Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains, 6(02), 150-163.

Malik, R., & Mudjiarti, T. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Luas Persegi dan Persegi Panjang Kelas III Sdn Jeruk II Surabaya. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(2), 1-10.

Purwanto, N. (2017). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Satriawati, H. (2015). Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Sumber Belajar Elektronika Dasar Kelas X SMKN 3 Yogyakarta. Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yuniarti, V. F., Anriani, N., & Santosa, C. A. (2020). Pengembangan E-modul Berbasis Smartphone Pada Materi Integral Tak Tentu Berorientasi Keterampilan Abad 21. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (JARTIKA), 222-233.


Article Metrics

Abstract has been read : 1379 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i2.11804

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats