Peningkatan Kinerja Guru dalam Manajemen Pengelolaan Kelas Melalui Supervisi Klinis di Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun

M Fuad Hariri

Abstract


Keberhasilan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan Kepala Sekolah dalam mengelola tenaga kependidikan yang tersedia di sekolah. Dalam hal ini peningkatan produktivitas dan prestasi kerja sekolah dapat dilakukan dengan meningkatkan perilaku tenaga kependidikan di sekolah melalui berbagai aplikasi konsep dan teknik manajemen personalia yang moderen. Manajemen tenaga kependidikan di sekolah bertujuan untuk mendayagunakan tenaga kependidikan secara efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang optimal, namun tetap dalam kondisi yang menyenangkan. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah (PTS) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan Kepala Sekolah melalui supervisi klinis meningkatkan kinerja guru dalam manajemen pengelolaan kelas. Dalam penelitian tindakan sekolah (PTS) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru dengan mencapai standar ideal.Dari 60,00 % pada siklus I, dapat meningkat menjadi 67,50 %  pada siklus II, dan siklus ke III  80,83 %. Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui supervisi klinis kepala sekolah  dapat meningkatkan kinerja  guru dalam manajemen pengelolaan kelas  dengan ketuntasan mencapai 100  %.


Keywords


Kinerja; Manajemen Pengelolaan Kelas; Supervisi Klinis

Full Text:

PDF

References


Arikunto,Suharsimi,2007.Penelitian Tindakan Sekolah.Jakarta : PT Bumi Aksara.

Danim,Sudarman,2002.Inovasi Pendidikan Dalam Upaya Peningkatan Profesionalisme Tenaga Kependidikan.Bandung : CV.Pustaka Setia.

Dirjen PMPTK,2009.BBM Kelompok Kerje Kepala madrasah Dimensi Kompetensi Manajerial.Jakarta :PMPTK Depdiknas.

Krajewsky,R.J.1978.Scondary Principals Want to be Instruction Leaders.Phi Delta Kappan,September 1978

Mulyasa,E.( 2003 ) Menjadi Kepala Seklah yang Profesional.Bandung :PT Remaja Rosdakarya

Permen Diknas RI No. 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru

Undang Undang No 23 tentang Sistem Pendidikan Nasional.( Undang Undang Sisdiknas ).


Article Metrics

Abstract has been read : 183 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats