Analisis Kemampuan Representasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita HOTS Pada Materi Statistika Menggunakan Media Pembelajaran Daring Dengan Cisco Webex Di Kelas XII SMK Negeri 1 Air Joman T.A 2021/2022

Juwita Rizky Br Dmk, Anil Hakim Syofra, Sri Rahmah Dewi Saragih, Desniarti Desniarti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita HOTS statistika ditinjau dari kemampuan representasi siswa di kelas XII SMK Negeri 1 Air Joman Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 13 siswa kelas XII SMK Negeri 1 Air Joman Tahun Ajaran 2021/2022. Instrumen soal yang digunakan dalam penelitian ini berupa 3 butir soal berbentuk uraian yang mengacu pada indikator kemampuan representasi siswa. Penentuan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Sampling. Dengan jumlah rata-rata yang didapat dari hasil tes soal uraian yaitu 85,71%. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa siswa melakukan kesalahan pada indikator kesatu yaitu memahami menulis sebesar 15,38%, indikator kedua yaitu menggambar sebesar 38,46%, indikator ketiga yaitu ekspresi matematika sebesar 84,61%.  Dengan demikian diperoleh ada pengaruh terhadap pembelajaran dengan bantuan Cisco Webex yang ditinjau dari kemampuan representasi siswa pada materi statistika kelas XII SMK Negeri 1 Air Joman

Keywords


Analisis Kemampuan Representasi siswa;Soal Cerita HOTS;Materi Statistika

Full Text:

PDF

References


Fitrianingrum, F., & Basir, M. A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Aljabar. Vygotsky, 2(1), 1. https://doi.org/10.30736/vj.v2i1.177

Harie, S., Hasanusi, F. S., & Leksono, A. W. (2020). Jurnal Ilmiah Wahana Pendisdikan. 6(3). https://doi.org/10.5281/zenodo.3951007

Maghfiroh, S., & Rohayati, A. (2020). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segiempat. Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 10(1), 64–79. https://doi.org/10.33592/pelita.vol10.iss1.373

Syafitri, E., Astuti, D., Syofra, A. H., Matematika, J. P., Keguruan, F., Ilmu, D., Asahan, U., & Yani, J. J. A. (2020). Penerapan Aplikasi Webex Dalam Pembelajaran Geometri Transformasi Semester Vi Pendidikan Di Era berkembangnya Teknologi dan Informasi yang sangat pesat dan canggih menyebabkan berbagai macam kegiatan pembelajaran yang dapat dilakukan dan berbagai informas. September, 277–283.


Article Metrics

Abstract has been read : 692 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats