Analisis Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Problem Posing Tipe Pre-Solution untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA Negeri 1 Kisaran

Nova Eliza Silaen

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Problem Posing Tipe Pre-Solution Untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa SMA. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (Library Reasearch) yaitu metode yang digunakan dalam penelitin ini bersumber dari data nilai mata pelajaran Matematika di SMA Negeri 1 Kisaran. Sumber data dibatasi dari 12 kelas unggulan di SMA Negeri 1 Kisaran. Yaitu 6 kelas Program IPA dan 6 kelas Program IPS. Instrumen penelitian ini menggunakan observasi dan dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data-data nilai raport siswa. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa  Pembelajaran Matematika menggunakan  model problem Posing tipe pre-solution sangat berpengaruh dalam  meningkatkan prestasi siswa

Keywords


problem posing; pre-solution

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal 2010. Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik, Prosedur. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Dale H. Schunk, Paul R. Pintrich, Judith L. Meece, 2010, Motivation in Education, Third Edition,

Daniel, W.W. (1980). Statistika nonparametrik terapan. (Terjemahan Tri Kuntjoro). Jakarta : Gramedia.

Effendi,S. (1982). Unsur-unsur penelitian ilmiah. Dalam Masri Singarimbun (Ed.). Metode penelitian survei. Jakarta: LP3ES.

Jihad, A.dan Haris.(2010).Evaluasi Pembelajaran.Yogyakarta:Multi Pressindo.

New Jersey, Pearson Prentice Hall

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajagafindo Persada

Sutiyono, 2012. Menuju Pembelajaran Bermakna melalui Peragaan Kesenian. Jurnal Pembelajaran. Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Yogyakarta.

Suyanto, S (2009). Keberhasilan sekolah dalam ujian nasional ditinjau dari organisasi belajar. Disertasi, tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Jakarta.


Article Metrics

Abstract has been read : 334 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v10i1.11218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats