Penggunaan Google Sites Dalam Membangun Kolaborasi Pada Materi Korosi Ditinjau Dari Kemandirian Belajar Siswa

Agustian Kahar Hidayat, Dwi Yulianti, Herpratiwi Herpratiwi

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan kolaborasi setelah diterapkan pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan google sites ditinjau dari kemandirian belajar siswa (tinggi, sedang dan rendah) pada materi korosi. Jenis penelitia yang dilkukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain ekperimen yang digunakan adalah The One-Shot Case Study. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, observasi, dokumentasi dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan bahwa tingkat kemampuan kolaborasi siswa berdasarkan tingkat kemandirian belajar siswa disimpulkan bahwa (1) kemampuan kolaboratif siswa ditinjau dari tingkat kemandirian belajar tinggi dikategorikan sangat tinggi atau tinggi, (2)  kemampuan kolaboratif siswa ditinjau dari tingkat kemandirian belajar sedang dikategorikan cukup; dan (3) kemampuan kolaboratif siswa ditinjau dari tingkat kemandirian belajar rendah dikategorikan rndah. Selanjutnya diharapkan penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi pengembangan pembelajaran dalam penggunaan googe sites dengan menerapkan pembelajaran yang lebih optimal. 


Full Text:

PDF

References


Abidin, Y., (2014). Desian Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: Refika Aditama.

Afip, M. B., (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SMPIT Nurul Fajri – Cikarang – Bekasi). Edunasia: Jurnal Ilmiah Pendidikan. 2 (1). 2018- 218.

Arief, R. (2017). Aplikasi Presensi Siswa Online Menggunakan Google Forms, Sheet, Sites, Awesome Table dan Gmail. Sntekpan V, Itats, Surabaya, 137-143.

Asmuni, (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 7 (4). 281-288.

Budianingsih, A. C., (2005). Belajar Dan Pembelajaran. Jakarta: Rinekacipta.

Cynthia, Riche, dkk. (2017). Konsep Pendidikan Jarak Jauh dan Implementasinya. Bahan Ajar Mata Kuliah SBJJ, Universitas Pendidikan Indonesia.

Delors, J., Al Mufti, I., Amagi, I., Carneiro, R., Chiung, F., Geremek, B., Gorham, W., Kornhauser, A., Manley, M., Padrón Quero, M., Savané, M-A., Singh, K., Stavenhagen, R., Won Suhr, M. and Nanzhao, Z. (1996). Learning: The Treasure Within: Report to UNESCO of the International Commission on Education for the Twenty-First Century. Paris, UNESCO.

Dianne Amor Kusuma. (2020). Dampak Penerapa Pembelajaran Daring terhadap Kemmandirian Belajar (Sel-Regulated Learning) Mahasiswa Pada Mata Kuliah Geometri Selama Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Teorem: Teori dan Riset Matematika, 5 (2), 169-175.

Fraenkel, J. R. & Wallen. N.E. (2006). How To Design and Evaluate Research In Education Eighth Edition. New York: The McGrawHill Companies.

Greenstein, L. (2012). Assessing 21st Century Skills: A Guide to Evaluating Mastery and Authentic Learning. California: Corwin.

Hamdani Hamid. (2013). Pengembangan Sistem Pendidikan di Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Hampson, M., Patton, A. and Shanks, L. (2011). Ten Ideas for 21st Century Education. London, Innovation Unit.

Knain, E. & Turmo. (2000). Self Regulated Learning. (Online). Tersedia : www.pisa.no/nordisk-pisa.2000/kap.8pdf. (02 Agustus 2021).

Le, H., Jeroen, J.,dan Theo.,W. (2017). Collaborative learning practices: teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal Of Education,48(1), 110-118.

Lenar, S., Artur, F., Ullubi, S., & Nailya, B. (2014). Problems And Decision In The Field Of Distance Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 131, 111–117. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.04.088

Mashuri, I. (2012). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Inkuiri Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA Negeri Kabupaten Blora. JMEE, II(1), 19–35. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/jmme/article/view/9079/6750

Mona. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek

Contagious (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan Universitas Indonesia, 2 (2). 81-93.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nugroho. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Web. JurnaL Transformatika, 9 (2), 72-78.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Priyono Budi Santoso, L. M. W., Hyun, C. C., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Journal Education Psychology and Counseling, 2 (1), 1–12.

Qiong, J. 2012. A Brief on the Implication of Construktivism Teaching Theory on Classroom Teaching Reform in Basic Education. International Education. 3 (2). Pp 197-199.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesional oleh Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Scott, C.L. (2015b). The Futures of Learning 2: What kind of learning for the 21st century? UNESCO Education Research and Foresight, Paris. [ERF Working Papers Series, No. 14].

Sumarmo, U. (2005). Pengembangan Berpikir Matematik Tingkat Tinggi Peserta Didik SLTP dan SMU serta Mahapeserta didik Strata Satu (S1) Melalui Berbagai Pendekatan Pembelajaran [Laporan Hibah Penelitian Pascasarjana Tahun Ketiga]. https://scholar.google.com/citations?user=3NdVEzoAAAAJ&hl=es

Wylde, V., Beswick, A., Dennis, J., & Gooberman-Hill, R. (2017). Postoperative patient-related risk factors for chronic pain after total knee replacement: a systematic review. BMJ Open, 7 (11), [e018105].

Yamin, M. (2013). Paradikma Baru Pembelajaran. Jakarta :Referensi.

Yusuke, U., Nagisa, N., dan Masato, K.. (2021). Change to Tenth-Grade Japannese Students’ Identities I Mathematics earning Dirung the COVID-19 Pandemic. Internasiona Electronic Journal of Mathematics Education, 16 (2), 1306-1326.

Zimmerman, J. Barry, Bonner, Sebastian, Kovach, R. (1996). Developing Self-Regulated Learners: Beyond Achievement to Self-Efficacy. Washingto: American Psichological Association


Article Metrics

Abstract has been read : 1186 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats