Penerapan Media Praktikum Ayunan Sederhana Berbasis Remot Laboratorium untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMK Swasta di Madiun

Siti Maimunah, Jeffry Handhika

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil penerapan media pembelajaran praktikum ayunan sederhana yang nantinya dapat meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen menggunakan one grup pretest dan posttest dengan data pengamatan, dokumentasi dan tes ketrampilan berfikir kreatif sebagai data teknik pengumpulan data. Hasil dari penelitian diperoleh: (1) Media alat praktikum yang dimiliki SMK Swasta di Madiun masih berbentuk konvensional dan belum terintegrasi teknologi, (2) Hasil ulangan harian siswa yang diperoleh masih rendah dengan nilai rata – rata 44,1 dengan minimum nilai ketuntasan 75. Dilihat dari analisis kebutuhan yang diperoleh maka sangat direkomentasikan untuk mengembangkan media praktikum ayunan sederhana berbasis mikrokontroler

Keywords


Kata kunci: Kemampuan Berfikir Kreatif, Media Pembelajaran, Mikrokontroler

Full Text:

PDF

References


Edidas, A. a. (2018). Voterknika. Pengembangan Trainer Mikrokontroler Sebagai Media Pembelajaran Dengan Metode Fault-Finding, vol.6, no.2.

Fitriani, N., Gunawan, & Satrio. (2017). Berpikir Kreatif Dalam Fisika Dengan Pembelajaran Conceptual Undertanding Procedures (Cups) Bantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi , 24-33.

H. Farida & Y. A. Candra. (2016). Pengembangan odd " Osilator Digital Detector" Sebagai Alat Peraga Praktikum Gerak Harmonik Sederhana,". Jurnal Pendidikan Fisiska, vol 4, no. 1, pp. 1 - 4.

O. Putri., S. B. (2017). "Pengembangan Alat Peraga Kit Optik Serbaguna (AP-COS) Untuk Meingkatkan Ketrampilan Proses Sains,". Jurnal Inovasi PendidikanIPA, vol. 2, no 4, pp. 183-200.

S. A., &. Y. (2007). Strategi Pembelajaran Fisika. Jakarta : Universitas Terbuka.

Sujarwanta. (2018). Penerapan Dan Contoh Pemograman P Basic. Belajar Mikrokontroler BS2SX teori, yogyakarta: deepunlish

T. Marlene & D, B. (2002). "The New Science Literacy:. Using Laguage Skill To Help Students Learn Science, "Regents Of The University Of California, vol. 9, no. 5, pp 75-147.


Article Metrics

Abstract has been read : 404 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats