Analisis Tingkat Kognitif Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika Kelas X Berdasarkan Taksonomi Bloom

Yohana Adventika Hapsari, Hanifah Hanifah, Edi Susanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif soal uji kompetensi pada buku teks matematika siswa kelas X semester 1 edisi revisi 2017 berdasarkan taksonomi Bloom. Taksonomi Bloom yang digunakan adalah taksonomi Bloom revisi dengan dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data pada penelitian ini adalah soal-soal uji kompetensi pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu variabel serta sistem persamaan linier tiga variabel yang terdapat pada buku teks matematika siswa kelas X. Penelitian dilaksanakan dengan metode pengumpulan data dokumentasi serta menggunakan instrumen penelitian berupa lembar analisis dan lembar kesesuaian analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebaran tingkat kognitif soal uji kompetensi pada materi persamaan dan pertidaksamaan nilai mutlak linier satu variabel adalah C1 (0%), C2 (21,8%), C3 (65,5%), C4 (12,7%), C5 (0%), dan C6 (0%). Sedangkan pada materi sistem persamaan linier tiga variabel, sebaran tingkat kognitif soal uji kompetensinya adalah C1 (8%), C2 (12%), C3 (80%), C4 (0%), C5 (0%), dan C6 (0%).


Keywords


Buku Teks Matematika; Soal Uji Kompetensi; Taksonomi Bloom; Tingkat Kognitif

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Kerangka Landasan untuk: Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Terjemahan: Agung Prihantoro). Pustaka Pelajar.

BSNP. (2014). Instrumen Penilaian Buku Teks Pelajaran Matematika SMA/MA. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Hardani, Auliya, N. H., Andriani, H., Fardani, R. A., Ustiawaty, J., Utami, E. F., Sukmana, D. J., & Istiqomah, R. R. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV Pustaka Ilmu Group Yogyakarta. http://www.elsevier.com/locate/scp

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2019). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2019a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R. Alfabeta.

Sugiyono. (2019b). Statistika untuk Penelitian. Alfabeta.

Suharman, A., & Ramadhona, R. (2020). Analisis Soal-Soal Uji Kompetensi pada Buku Teks Matematika SMA Kelas XI Peminatan IPA Semester 1 Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom. Journal of Education and Teaching, 1(1), 45–50. http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/tanjak/article/view/81/47

Syarifah, L. L., Yenni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau dari Aspek Kognitif. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(02), 1259–1272. https://j-cup.org/index.php/cendekia/article/view/335/231


Article Metrics

Abstract has been read : 647 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats