ANALISIS SOAL BUKU MANDIRI MATEMATIKA TERBITAN ERLANGGA SMP MATERI TRANSFORMASI BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM REVISI

Meicindy Jeny Klorina, Ringki Agustinsa, Agus Susanta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sebaran tingkat kognitif yang terdapat pada soal pilihan ganda dan soal esai materi transformasi dalam buku mandiri matematika terbitan Erlangga SMP kelas IX materi transformasi Taksonomi Bloom revisi yang digunakan ialah pada dimensi proses kognitif yang terdiri dari: mengingat (C1), memahami (C2), mengaplikasikan (C3), menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode Pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode dokumentasi. Sumber data penelitian pada penelitian ini adalah soal pilihan ganda dan soal esai materi transformasi pada buku mandiri matematika Kelas  IX. Soal-soal pilihan ganda dan soal esai yang dianalisis berjumlah 124 soal dengan tingkat kognitif memahami (C2) sebanyak 12 soal (9,68%), mengaplikasikan (C3) sebanyak 109 soal (87,90%), menganalisis (C4) sebanyak 3 pertanyaan (2,42%) serta tidak adanya tingkat kognitif mengingat (C1), mengevaluasi(C5), dan mencipta(C6). Soal pilihan ganda dan esai pada materi transformasi ini mendominasi kedalam tingkat kognitif mengaplikasikan (C3). Sehingga, didapat bahwa sebaran tingkat kognitif soal pilihan ganda dan soal esai materi transformasi belum proposional.


Keywords


Soal; Buku Mandiri Matematika; Taksonomi Bloom; Tingkat Kognitif.

Full Text:

Untitled PDF

References


Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2001). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Terjemahan oleh Agung Prihantoro. 2010. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Arifin, Z (2012). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maemunah, S., & Ramlah. (2019). Analisis buku teks siswa SMP kelas VIII pokok bahasan teorema pythagoras ditinjau dari taksonomi bloom. Prosiding Sesiomadika, 2(4), 903–922.

http://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika

Nursalam. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika. Makasar: Alaudin University Press.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Rukajat, A. (2018). Pendekatan Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Deepublish.

Setiawati,W.,Asmira,O.,Ariyana,Y.,Bestary W.,Pudjiastuti, A (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thingking Skills. Yogyakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alpabeta.

Susanti, N. Y., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2015). Analisis Tingkat Kognitif Uji Kompetensi pada Buku Sekolah Elektronik (BSE) Matematika SMP/MTs Kelas VII Kurikulum 2013 Berdasarkan Taksonomi Bloom. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 6(1), 65-73..

https:// doi.org/10.15294/kreano.v6i1.4509

Syarifah, L. L., Yenni, & Dewi, W. K. (2020). Analisis Soal-Soal Pada Buku Ajar Matematika Siswa Kelas XI Ditinjau Dari Aspek Kognitif. 04(02), 1259–1272.


Article Metrics

Abstract has been read : 650 times
Untitled file viewed/downloaded: 0 times PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jems.v9i2.10356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Eduaksi Matematika dan Sains (JEMS) terindeks oleh :

 

 


 

 

View JEMS Stats