Pembelajaran keterampilan berbicara melalui pendekatan kontekstual dengan media cetak artikel pada siswa kelas VII SMP PGRI Karangjati
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran keterampilan berbicara melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatan media cetak artikel pada siswa kelas VII SMP PGRI Karangjati, Kecamatan Karangjati. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan, peristiwa dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII. Peristiwa dalam penelitian ini adalah segala bentuk kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Dokumen penelitian ini adalah RPP, silabus, daftar nilai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakanwawancara mendalam, observasi; dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik metode trianggulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat pembelajaran keterampilan berbicara melalui pendekatan kontektual dengan memanfaatkan media cetak artikel pada siswa kelas VII berjalan dengan baik. Adanya kerjasama antara guru dan siswa. Guru telah melakukan perencanaan pembelajaran dengan runtut dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang pembelajaran keterampilan berbicara melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatan media cetak artikel pada siswa kelas VII SMP PGRI Karangjati, Kecamatan Karangjati. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan, peristiwa dan dokumen. Informan dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru bahasa Indonesia dan siswa kelas VII. Peristiwa dalam penelitian ini adalah segala bentuk kegiatan pembelajaran di dalam kelas. Dokumen penelitian ini adalah RPP, silabus, daftar nilai. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakanwawancara mendalam, observasi; dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik metode trianggulasi dengan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa saat pembelajaran keterampilan berbicara melalui pendekatan kontektual dengan memanfaatkan media cetak artikel pada siswa kelas VII berjalan dengan baik. Adanya kerjasama antara guru dan siswa. Guru telah melakukan perencanaan pembelajaran dengan runtut dan sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Downloads
Article Details
References
Djamarah, S. B & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sanjaya, W. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Pranada Media Group.
Slamet, St.Y. (2008). Dasar-dasar Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Sekolah Dasar. Surakarta: UNS Press.
Sumandiria, A.S.H. (2006). Menulis Artikel dan Tajuk Rencana. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trianto. (2008). MendesainPembelajaran Kontekstual. Surabaya: Cerdas Pustaka.