Analisis Pembelajaran Geometri pada Siswa SMP/MTs Secara Online Menurut Psikologi Warna
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.9433Keywords:
pembelajaran geometri, pembelajaran online, psikologi warna.Abstract
Kondisi Negara Kesatuan Republik Indonesia yang dilanda oleh pandemi virus corona telah memicu pemerintah untuk bertindak lebih responsif. Salah satu upaya dalam ranah pembelajaran yaitu diterbitkannya Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19). Penerapan media komunikasi secara online dalam pembelajaran rupanya berdampak secara siginifikan terhadap kondisi psikologis siswa. Dominasi paham tingkatan berfikir dalam teori Van Hiele terhadap geometri memberikan kesempatan pada psikologi warna untuk memainkan perannya, namun demikian warna kerap kali masih disalahpahami nilainya dalam pembelajaran. Penelitian ini difokuskan untuk mengetahui relevansi penerapan psikologi warna terhadap praktik pembelajaran geometri pada siswa kelas VIII SMP/MTs secara online. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Artikel ini berargumentasi bahwa psikologi warna tidak relevan dengan pembelajaran geometri pada siswa kelas VIII SMP/MTs secara online. Hal ini bisa terjadi karena dominasi platform yang diakses oleh siswa bukanlah platform edukasi serta minimnya penggunaan fitur warna bahkan dalam platform yang dikhususkan untuk geometri, yaitu geogebra.
Downloads
References
Ali, T. (2015). How to Learn (Almost) Anything in 48 Hours. Australia: Hardie Grant Books.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Belawati, T. (2020). Pembelajaran Online (Vol. 2). Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka.
Birren, F. (1973). A Colorful Environment For The Mentally Disturbed. Art Psychotherapy, 1, 255-259.
Faiziah, N. (2018). Geogebra untuk Pembelajaran Matematika. Prosiding URECOL STIKES PKU Muhammadiyah Surakarta, 1-4.
GTK Dikmen Diksus. (n.d.). Pembelajaran Daring Memberikan Banyak Manfaat. Retrieved from pgdikmen.kemdikbud.go.id: http://pgdikmen.kemdikbud.go.id/read-news/pembelajaran-daring-memberikan-banyak-manfaat
Gunhan , B. C. (2014). A case study on the investigation of reasoning skills in geometry. South African Journal of Education, 34(2), 1-19.
Hidayat , R., Kurniawan , S. D., & Syukron , A. (2015). Analisis E-Learning Berdasarkan Faktor Psikologi Warna Studi Kasus- E-Learning STMIK Amikom Yogyakarta. Prosiding Seminar Nasional Informatika, 189-195.
Hidayat, F. A., Zubaidah, R., & Mirza, A. (2015). Analisis Tahap Berfikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau Dari Gaya Kognitif di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(12), 1-12.
Iriyanti, P. (2012, July 22). Fenomena Hilangnya Tahap Melukis Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran pada Geometri SMP. Jakarta, DKI Jakarta , Indonesia.
Jelatu , S., Mandur , K., Jundu , R., & Kurniawan , Y. (2018). Relasi Antara Visualisasi Spasial dan Orientasi Spasial Terhadap Pemahaman Konsep Geometri Ruang. Jurnal Of Songke Math, 1(1), 47-59.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018, Februari 13). Laporan Hasil Ujian Nasional: Persentase Siswa yang Menjawab Benar Tahun Pelajaran 2017/2018. Retrieved from hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2018!smp!daya_serap!99&99&999!T&C&T&T&1&unbk!1!&
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional: Persentase Siswa yang Menjawab Benar Tahun Pelajaran 2018/2019. Retrieved from hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/#2019!smp!daya_serap!99&99&999!T&03&T&T&1&unbk!1!&
Kemp, S. (2020, January 30). Digital 2020: 3.8 billion people use social media. Retrieved from wearesocial.com: https://wearesocial.com/blog/2020/01/digital-2020-3-8-billion-people-use-social-media
Listanti, D. R., & Mampouw, H. L. (2020). Profil Pemecahan Masalah Geometri oleh Siswa SMP Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 365-379.
Mahmudi, A. (2010). Membelajarkan Geometri dengan Program Geogebra. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, (pp. 469-477). Yogyakarta.
Nugroho, E. (2008). Pengenalan Teori Warna. Yogyakarta: CV Andi Offset.
Nurfauziah, P., & Fauzy. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika pada Masa Pandemi COVID-19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 551-561.
OECD. (2013). PISA 2012 Assessment and Analytical Framework: Mathematics, Reading, Science, Problem Solving and Financial Literacy.
OECD Publishing. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1787/9789264190511-en
Ramdhani, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Konsep Luas Bidang Datar Berbasis Perangkat Lunak Geogebra. Jes-Mat: Jurnal Edukasi dan Sains Matematika, 3(2), 95-110.
Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Jurnal Mosharafa, 6(2), 287-298.
Supriadi , N. (2015). Pembelajaran Geometri Berbasis Geogebra Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Komunimasi Matematis. Al-
Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 99-109.
Wardhani, I. S. (2019). Geometri dan Permasalahannya dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah (Suatu Penelitian Meta Analisis). Prosiding Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai Islami Universitas Islam Negeri Malang, (pp. 124-129). Malang.
Yuliana, D., & Ratu , N. (2019). Analisis Keterampilan Dasar Visual Geometri Siswa SMP Ditinjau Berdasarkan Level Berpikir Analisis Van Hiele. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 536-549.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â