Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Differentiated Instruction untuk Pembelajaran Blended Learning

Yulia Fatmianeri, Erry Hidayanto, Hery Susanto

Abstract


Hasil belajar matematika siswa masih rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa adalah minat belajar. Minat belajar siswa dipengaruhi oleh gaya belajar siswa (Iin Asikin, 2017). Salah satu inovasi yang dapat dilakukan adalah pengembangan bahan ajar berupa e-modul berbasis Differentiated Instruction berdasarkan gaya belajar siswa untuk pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini memiliki tujuan menghasilkan e-modul berbasis Differentiated Instruction berdasarkan gaya belajar siswa untuk pembelajaran Blended Learning yang menarik minat siswa. Research and Development dengan tipe 4D merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini. Pendefenisian, perancangan, pengembangan dan penyebaran merupakan tahapan dari pengembangan e-modul berbasis Differentiated Instruction untuk pembelajaran Blended Learning. Penelitian ini hanya sampai pada tahap pengembangan karena hasil penelitian sudah didapatkan. Instrumen yang digunakan adalah Lembar Penilaian Validasi Differentiated Instruction untuk model pembelajaran Blended Learning. Validator hanya dilakukan oleh praktisi Pendidikan. Hasil validasi e-modul berbasis Differentiated Instruction untuk pembelajaran Blended Learning pada materi Relasi dan Fungsi pada seluruh aspek memiliki persentase 82.32% dengan kategori layak. Oleh sebab itu, e-modul pembelajaran matematika berbasis Differentiated Instruction untuk pembelajaran Blended Learning ini layak digunakan sebagai bahan ajar pendukung, atau bahan ajar pokok pada materi Relasi dan Fungsi untuk siswa kelas VIII MTs/SMP. Implikasi dari penelitian ini agar e-modul berbasis Differentiated Instruction untuk pembelajaran Blended Learning dapat dikembangkan pada materi dan mata pelajaran lain, serta hendaknya ada pelatihan untuk guru-guru membuat e-modul yang menarik minat siswa dalam belajar.


Keywords


E-modul; Differentiated Instruction; Blended Learning; Relasi dan Fungsi

Full Text:

PDF

References


Aminatun, T., Subali, B., Prihartina, I., Masing, F. A., Dwiyani, A., Sidiq, A., & Luthfi, M. 2016. Pengembangan E-Modul Berbasis Android Mobile Materi Ekosistem Lokal Nusa Tenggara Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa SMA. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 8.

Carol Ann Tomlinson & Jay McTighe. 2006. Integrating Differentiated Instruction and Understanding by Design. Alexandria: Association for Supervision and Curriculum Development.

DePorter, B. 2000. Quantum Teaching (Terjemahan). Bandung: Kaifa.

Dermawan, & Fahmi, R. 2020. Pengembangan E-Modul Berbasis Web Pada Mata Pelajaran Pembuatan Busana Industri. Jurnal Pedagogi dan Pembelajarna, 8.

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Gede, R. P., I Gede, M. D., & I Gede, P. S. 2018. Pengembangan E-Modul Berbasis Project Based Learning Menggunakan Schoology (Studi Kasus Mata Pelajaran Web Design Kelas XI Multimedia Di SMK TI Bali Global Singaraja). Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), 7(2), 50. https://doi.org/10.23887/karmapati.v7i2.15269

Gunawan, A. W. 2006. Genius Learning Strategi. Jakarta: Pustaka Utama.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. 2018. Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Kusuma, D., & Hidayanto, E. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Tutor Sebaya Untuk Siswa Kelas Vii-F SMP Negeri 7 Malang. 1(1). http://jurnal-online.um.ac.id/article/do/detail-article/1/31/409

Laili, I. 2019. Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pengajaran, 3, 10.

Margaret Driscoll. 2002. Blended Learning: Let’s Get Beyond the Hype. IBM Global Service

Masykur, R., & Andriani, S. 2019. Pengembangan E-modul Matematika Berbasis Open Ended pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Valiabel Kelas VIII. Aksioma: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 10(1), 12.

Pritchard, A. 2009. Ways of Learning (second). Londong: Routledge.

Rusman. 2013. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi: Mengembangkan Profesionalitas Guru. Rajawali Pers.

Siregar, N. R. 2017. Persepsi siswa pada pelajaran matematika: Studi pendahuluan pada siswa yang menyenangi game. Prosiding Temu Ilmiah X Ikatan Psikologi, 9.

Solihudin JH, T. 2018. Pengembangan E-Modul Berbasis Web Untuk Meningkatkan Pencapaian Kompetensi Pengetahuan Fisika Pada Materi Listrik Statis Dan Dinamis SMA. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 3(2), 51. https://doi.org/10.17509/wapfi.v3i2.13731

Sugihartini, N., & Jayanta, N. L. 2017. Pengembangan E-Modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830

Thorne, S. L. 2013. Language Learning, Ecological Validity, and Innovation under Conditions of Superdiversity. Bellaterra Journal of Teaching & Learning Language & Literature, 6(2), 1. https://doi.org/10.5565/rev/jtl3.526

Tomlinson. 2000. Differentiation of Instruction in the Elementary Grades. ERIC Development Team. www.eric.ed.gov

Tomlinson, C. A., & Tomlinson, C. A. 2005. How to Differentiate Instruction in Mixed-Ability Classrooms. Alexandira: Association for Supervision & Curriculum Development.

Wahyu Asih, W. S. 2019. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Case (Capture, Solve And Evaluation) Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan Balok Untuk Sekolah Menengah Pertama Tahun Ajaran 2017/2018. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 24. https://doi.org/10.33474/jpm.v4i1.2613

Winatha, K. R. 2018. Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 15(2). https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i2.14021

Wiryanto. 2020. Proses Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 6, 2.

Yasa, A. D., Chrisyarani, D. D., Akbar, S., & Mudiono, A. 2018. E-Module Based on Ncesoft Flip Book Maker for Primary School Students. International Journal of Engineering, 4.


Article Metrics

Abstract has been read : 2425 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8709

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)