Analisis Self Confidence Pada Siswa Kelas XI Sekolah Kejuruan (SMK) Dalam Pembelajaran Matematika Daring
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8338Keywords:
self confidence, Matematika, DaringAbstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis self convidence pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Cirebon dalam mengikuti pembelajaran online. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini mengambil informasi self convidence pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dicirebon. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Cirebon yang terdiri dari 30 siswa oleh 29 laki – laki dan 1 perempuan dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. instrumen yang digunakan adalah angket kepercayaan diri siswa, yang dibentuk dari 7 indikator kepercayaan diri atau self convidence terdiri dari 1.)Percaya pada kemampuan diri sendiri I sebesar 55,3%, kemudian 2.).Percaya.pada kemampuan.diri.sendiri.II sebesar 59%, 3.) Bertindak.mandiri.dalam mengambil keputusan sebesar 61,5%,4.)Menghargai diri dan usaha sendiri sebesar 55,6%, 5.)Bersemangat Ketika menggemukakan pendapat dalam diskusi sebesar 65,1%, 6.) Berani menghadapi tantangan I sebesar 58,6%, 7.)Berani menghadapi tantangan II sebesar 46,9%. Dari hasil perhitungan rata-rata berdasarkan indikator kemampuan self convidence diperoleh hasil dengan pencapaian 6 indikator bernilai sedang dan 1 indikator bernilai rendah. siswa yang tergolong rendah disebabkan karena kurangnya percaya diri dengan cenderung menghindari kegagalan dan enggan berubah atau atau mencoba sesuatu yang baru, sedangkan siswa yang tergolong sedang siswa yang cenderung berani dan percaya diri saat kegiatan.
Downloads
References
Afifah, A, dkk.2019. Studi Komperasi
Tingkat Kepercayaan Diri (Self
Confidence) SiswaAntara Kelas
Homogen Dengan Kelas Heterogen
Di Sekolah Menengah Atas. Vol.3
(No.1) : 43-45
Aisyah, A.2016. Studi literatur:
Pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan
generalisasi dan self confident siswa
SMK. Vol.2 (No.1) : 1-12
Akbar, G.A.M, dkk.2018. Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self ConfidenceSiswa SMA Dalam Materi Peluang. Vol.1 (No. 1 ) : 14-21
Ifdil, Emria, F., Zola, N. (2018). Profil
Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. 4(1), 1-2.
Lestari, Kurnia Eka dan Yudhanegara,
Mokhammad Ridwan. 2015.
Penelitian
Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama Indonesia. 3(2), 77-83.
Masruroh, A.A, dkk.2019. Analisis Self
Confidence Siswa Kelas X HT 3 SMK Sangkuriang 2 Dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol.2 (No. 6) : 379-384
Neviyarni.,& Monnalisza. (2018).
Kepercayaan Diri Remaja Panti
Asuhan Aisyiyah dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Penelitian Guru
Nirwana, H., Marjohan., & Zamratul, A.
(2018). Kontribusi Penguatan Guru Mata Pelajaran KepercayaanDiri Siswa Terhadap Keaktifan Siswa
Dalam Belajar.Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. 1(1), 1-11.
Nurafni, A. Pujiastuti, H.2019. Analisis
Kemampuan Koneksi Matematis
Ditinjau Dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. Vol.2 (No.1) : 28-33
Nurqolbiah, S.2016. Peningkatan kemampuan
pemecahan masalah, berpikir kreatif
dan self confidence siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah. Vol.2 (No.2) : 143-158
Purnama, S. Mertika.2018. Analisis
Kemampuan Pemecahan Masalah
Siswa Ditinjau dari Self Confidence. Vol.1 (No.2) : 59-63
Taufik, Reski, N., & Ifdil. (2017). Konsep Diri
Dan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. 3(2),85-91.
Tresnawati, dkk.2017. Kemampuan Berfikir
Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Sisw SMA. Vol.2 (No.2) : 116-122
Wiyono.2018. Penerapan Teknik Role Playing
Untuk Meningkatkan Self Confidence
Siswa Kelas X E SMA NEGERI 5
Banjarmasin. Vol.4 (No.1) : 83-96
Downloads
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â