Analisis Self Confidence Pada Siswa Kelas XI Sekolah Kejuruan (SMK) Dalam Pembelajaran Matematika Daring

Authors

  • Dina Pratiwi Dwi Santi Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Setiyani Setiyani Universitas Swadaya Gunung Jati http://orcid.org/0000-0002-6680-789X
  • Ena Suhena Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Fasha Dwiyanti Universitas Swadaya Gunung Jati
  • Nana Suryana Universitas Swadaya Gunung Jati

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8338

Keywords:

self confidence, Matematika, Daring

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis self convidence pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Cirebon dalam mengikuti pembelajaran online. metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini mengambil informasi self convidence pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan dicirebon. Sampel dalam penelitian ini adalah Siswa Sekolah Menengah Kejuruan di Cirebon yang terdiri dari 30 siswa oleh 29 laki – laki dan 1 perempuan dari jurusan Teknik Kendaraan Ringan Otomotif. instrumen yang digunakan adalah angket kepercayaan diri siswa, yang dibentuk dari 7 indikator kepercayaan diri  atau self convidence terdiri dari 1.)Percaya pada kemampuan diri sendiri I sebesar 55,3%, kemudian 2.).Percaya.pada kemampuan.diri.sendiri.II sebesar 59%, 3.) Bertindak.mandiri.dalam mengambil keputusan sebesar 61,5%,4.)Menghargai diri dan usaha sendiri sebesar 55,6%, 5.)Bersemangat Ketika menggemukakan pendapat dalam diskusi sebesar 65,1%, 6.) Berani menghadapi tantangan I sebesar 58,6%, 7.)Berani menghadapi tantangan II sebesar 46,9%. Dari hasil perhitungan rata-rata berdasarkan indikator kemampuan self convidence diperoleh hasil dengan pencapaian 6 indikator bernilai sedang dan 1 indikator bernilai rendah. siswa yang tergolong rendah disebabkan karena kurangnya percaya diri dengan cenderung menghindari kegagalan dan enggan berubah atau atau mencoba sesuatu yang baru, sedangkan siswa yang tergolong sedang siswa yang cenderung berani dan percaya diri saat kegiatan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Setiyani Setiyani, Universitas Swadaya Gunung Jati

Pendidikan Matematika

References

Afifah, A, dkk.2019. Studi Komperasi

Tingkat Kepercayaan Diri (Self

Confidence) SiswaAntara Kelas

Homogen Dengan Kelas Heterogen

Di Sekolah Menengah Atas. Vol.3

(No.1) : 43-45

Aisyah, A.2016. Studi literatur:

Pendekatan induktif untuk meningkatkan kemampuan

generalisasi dan self confident siswa

SMK. Vol.2 (No.1) : 1-12

Akbar, G.A.M, dkk.2018. Analisis Kemampuan Kemampuan Penalaran Dan Self ConfidenceSiswa SMA Dalam Materi Peluang. Vol.1 (No. 1 ) : 14-21

Ifdil, Emria, F., Zola, N. (2018). Profil

Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. 4(1), 1-2.

Lestari, Kurnia Eka dan Yudhanegara,

Mokhammad Ridwan. 2015.

Penelitian

Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama Indonesia. 3(2), 77-83.

Masruroh, A.A, dkk.2019. Analisis Self

Confidence Siswa Kelas X HT 3 SMK Sangkuriang 2 Dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif. Vol.2 (No. 6) : 379-384

Neviyarni.,& Monnalisza. (2018).

Kepercayaan Diri Remaja Panti

Asuhan Aisyiyah dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Penelitian Guru

Nirwana, H., Marjohan., & Zamratul, A.

(2018). Kontribusi Penguatan Guru Mata Pelajaran KepercayaanDiri Siswa Terhadap Keaktifan Siswa

Dalam Belajar.Jurnal Kajian Konseling dan Pendidikan. 1(1), 1-11.

Nurafni, A. Pujiastuti, H.2019. Analisis

Kemampuan Koneksi Matematis

Ditinjau Dari Self Confidence Siswa : Studi Kasus Di SMKN 4 Pandeglang. Vol.2 (No.1) : 28-33

Nurqolbiah, S.2016. Peningkatan kemampuan

pemecahan masalah, berpikir kreatif

dan self confidence siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah. Vol.2 (No.2) : 143-158

Purnama, S. Mertika.2018. Analisis

Kemampuan Pemecahan Masalah

Siswa Ditinjau dari Self Confidence. Vol.1 (No.2) : 59-63

Taufik, Reski, N., & Ifdil. (2017). Konsep Diri

Dan Kedisiplinan Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. 3(2),85-91.

Tresnawati, dkk.2017. Kemampuan Berfikir

Kritis Matematis Dan Kepercayaan Diri Sisw SMA. Vol.2 (No.2) : 116-122

Wiyono.2018. Penerapan Teknik Role Playing

Untuk Meningkatkan Self Confidence

Siswa Kelas X E SMA NEGERI 5

Banjarmasin. Vol.4 (No.1) : 83-96

Downloads

Published

09/07/2021

Issue

Section

Articles