Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Memecahkan Masalah Open-Ended Trigonometri
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8331Keywords:
Berpikir kreatif, Masalah open-ended, Trigonometri.Abstract
Salah satu keterampilan abad 21 yang dapat membantu mahasiswa untuk melihat serta menganalisis suatu masalah dari sudut pandang baru atau lainnya adalah keterampilan dari berpikir kreatif. Mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa Pendidikan Matematika dalam memecahkan masalah open-ended trigonometri merupakan tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sebanyak 35 mahasiswa diberikan pretest kemudian direduksi menjadi empat subjek untuk diteliti dan dianalisis secara lebih mendalam untuk menyelesaikan soal open-ended trigonometri. Peneliti, soal open-ended trigonometri, serta pedoman wawancara adalah instrumen yang digunakan pada penelitian. Hasil penelitian dianalisis berdasarkan indikator dan tingkatan kemampuan berpikir kreatif. Triangulasi data juga dilakukan pada tahap mendeskripsikan hasil dari penelitian. Hasil menunjukkan, aspek kelancaran terlihat pada mahasiswa berkemampuan matematika tinggi dan sedang, tetapi pada mahasiswa yang memiliki kemampuan rendah tidak terlihat. Aspek keluwesan hanya terlihat pada salah satu mahasiswa dengan kemampuan matematika tinggi. Aspek kebaruan terlihat pada kedua mahasiswa berkemampuan tinggi. Kesimpulannya, dua mahasiswa berkemampuan matematika tinggi memiliki tingkatan yang berbeda yakni sangat kreatif dan kreatif. Mahasiswa berkemampuan sedang dan rendah memiliki tingkat yang kurang kreatif dan tidak kreatif.
Downloads
References
Akgül, S., & Kahveci, N. G. (2016). A Study on the Development of a Mathematics Creativity Scale. Eurasian Journal of Educational Research, 16(62). https://doi.org/10.14689/ejer.2016.62.5
Amir, Z. (2010). The Implementation of Mathematics Teaching with Open-ended Approach to UIN Suska Riau Mathematics Student’s Ability of Mathematical Creative Thinking. Proceedings of the International Seminar on Mathematics, 11.
Anggraeny, D. B., & Siswono, T. Y. E. (2013). Identifikasi Tingkat Berpikir Kreatif Siswa Menggunakan Multiple Solution Task (MST). Jurnal Math Edunesa, 1(2).
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/1434/pdf
Becker, J. P., & Shimada, S. (Eds.). (1997). The open-ended approach: A new proposal for teaching mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.
Damayanti, H. T., & Sumardi, S. (2018). Mathematical Creative Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Open-Ended Problem. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 3(1), 36.
https://doi.org/10.23917/jramathedu.v3i1.5869
Demir, S., & Şahin, F. (2014). Assessment of Open-ended Questions Directed to Prospective Science Teachers in Terms of Scientific Creativity. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 692–697. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.264
Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif (Kreano), 3(2). https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2616
Hadar, L. L., & Tirosh, M. (2019). Creative thinking in mathematics curriculum: An analytic framework. Thinking Skills and Creativity, 33, 100585. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.100585
Hu, R., Xiaohui, S., & Shieh, C.-J. (2017). A Study on the Application of Creative Problem Solving Teaching to Statistics Teaching. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(7). https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.00708a
Krulik, S., Rudnick, J. A., & Milou, E. (2003). Teaching mathematics in middle school: A practical guide. Allyn and Bacon.
Madyani, I., Yamtinah, S., Utomo, S. B., Saputro, S., & Mahardiani, L. (2020). Profile of Students’ Creative Thinking Skills in Science Learning. Proceedings of the 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019). Proceedings of the 3rd International Conference on Learning Innovation and Quality Education (ICLIQE 2019), Solo Baru, Indonesia. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200129.119
Magno, C. (2009). Explaining the Creative Mind. The International Journal of Research and Review, 3. https://www.researchgate.net/profile/Carlo_Magno4/publication/277405437_Explaining_the_Creative_Mind/links/556a7fd508aeccd7773a004b.pdf
Özdas, F., & Batdi, V. (2017). A Thematic-based Meta Analytic Study Regarding the Effect of Creativity on Academic Success and Learning Retention. Journal of Education and Training Studies, 5(3), 53. https://doi.org/10.11114/jets.v5i3.2043
Putri, V. S. R., & Wijayanti, P. (2013). Identifikasi Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif (TKBK) Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open Ended pada Materi Segiempat di Kelas VIII SMP. Jurnal Math Edunesa, 2(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2708/5691
Silver, E. A. (1997). Fostering creativity through instruction rich in mathematical problem solving and problem posing. ZDM, 29(3), 75–80.
Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling Students’ Creative Thinking in Solving and Posing Mathematical Problem. Indonesian Mathematical Society Journal on Mathematics Education, 1(1), 17–40.
Suripah, S., & Retnawati, H. (2019). Investigating Students’ Mathematical CreativeThinking Skill Based on Academic Level and Gender. International Journal of Scientific & Technology Research (IJSTR), 8(8), 227–231.
Published
Issue
Section
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â