Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Mengerjakan Soal Cerita Statistika

Ellsa Natassa Bachriani, Sukoriyanto Sukoriyanto, Makbul Muksar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan komunikasi matematis tulis siswa dalam mengerjakan soal cerita statistika. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek pada penelitian ini yaitu 20 siswa kelas IX SMPN 4 Pujon yang dipilih melalui hasil siswa mengerjakan soal matematika. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data pada penelitian ini yakni memberikan soal cerita statistika kepada 20 siswa kemudian melakukan analisis data dengan melihat kemampuan komunikasi matematis tulis siswa berdasarkan indikatornya. Kemudian mengelompokkan siswa menjadi tiga yang terdiri dari kemampuan komunikasi matematis tulis tinggi, kemampuan sedang, dan kemampuan rendah. Hasil pada penelitian ini yakni satu siswa mempunyai kemampuan komunikasi kategori sedang yang mana menuliskan jawaban kurang tersruktur. Empat siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis kategori rendah yang menjawab soal tidak tersruktur dan menulis notasi matematika secara kurang tepat. Sebanyak 15 siswa memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis kategori tinggi yang memenuhi semua indikator komunikasi. 

This study aims to describe students' written mathematical communication in working on statistical story questions. This research uses qualitative methods with descriptive research type. The subjects in this study were 20 students of class IX at SMPN 4 Pujon who were selected through the results of the students working on math problems. The technique used for data collection in this study was to provide statistical story questions to 20 students then analyze the data by looking at the students' written mathematical communication skills based on the indicators. Then group the students into three which consist of high written mathematical communication skills, moderate abilities, and low abilities. The results of this study were that one student had a moderate category of communication skills which wrote less structured answers. Four students have low category mathematical communication skills who answer unstructured questions and write mathematical notations incorrectly. A total of 15 students have high category written mathematical communication skills that meet all communication indicators.


Keywords


komunikasi;matematis; tulis; soal cerita; statistika

Full Text:

PDF

References


Adri, N., Maryuni, N., & Amri, M. A. (2017). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik pada Komunikasi Matematis. Jurnal Gantang, 2(2), 113–122.

Afifah, K. I. N., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). Komunikasi Matematis Siswa pada Materi Statistika. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(6), 1095–1104.

Arfah. (2018). Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Bajeng. Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 86–94.

Aspuri, & Pujiastuti, H. (2019). Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 124–131.

Creswell, J. (2012). Educational Research. (Christina Robb, Ed.) (Fourth Edi). Boston.

Erna, N. D., Khirotunnisa, A. U., & Indriani, A. (2017). Profil Pemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Pemasalahan Pemrograman Linear dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 53–59.

Fahradina, N., Ansari, B., & Saiman. (2014). Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(2), 54–64.

Fathoni, A. A., Nusantara, T., & Sudirman. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK Bergaya Kognitif Reflektif dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 213–224.

Fatia, F. (2009). Komunikasi Matematis dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249–259.

Firda, K. G., As’ari, A. R., & Susanto, H. (2018). Keberhasilan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 723–730.

Fuji, L. D. (2013). Meningkatkan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Melalui Pendekatan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan, 14(2), 80–87.

Hodiyanto. (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal AdMathEdu, 7(1), 9–18.

Kartika, S. F., & Chandra, T. D. (2018). Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(6), 715–722.

Leonard. (2012). Peran Komunikasi Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Formatif, 2(2), 102–110.

Murdiana, I. N., Saharah, & Paloloang, B. (2013). Penerapan Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan. Jurnal Kreatif Tadulako Online, 4(3), 178–192.

Pradini, W., Muhsetyo, G., & Rahardjo, S. (2020). Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Sistem Persamaan Linear. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 31–38.

Purnomo, A., & Hasyim, M. (2019). Pengaruh Pendekatan Kontruktivisme Model Needham Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Komunikasi Matematis `. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(2), 132–139.

Purwati, H., & Nugroho, A. A. (2009). Komunikasi Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Masalah pada Mata Kuliah Program Liniar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 127–134.

Puspita, K. A. (2013). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUD NI, 8(1).

Putra, R. A., Widiyanti, & Sutadji, E. (2020). Keterampilan Berkomunikasi dan Berkolaborasi untuk Lulusan Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1072–1077.

Putri, Dwijanto, & Sugiman. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Kelas X pada Pembelajaran Geometri Model Van Hiele Ditinjau dari Gaya Kognitif. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 97–107. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.1264

Rianti, M., & Chandra, T. D. (2018). Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah. Jurnal Pendidikan, 3(7), 838–850.

Saleh, H. (2012). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Terhadap Komunikasi Matematika Siswa SMP. Jurnal Exacta, 10(2), 115–118.

Sigit, S., Wahyudi, & Budi, H. S. (2009). Penerapan Pendekatan Matematika Realistik dalam Meningkatkan Kemampuan Menyelesaikan Soal Pecahan pada Siswa Kelas V SD. Jurnal FKIP UNS, 1(1), 1–7.

Wida, R., & Zulfah. (2018). Komunikasi Matematis Peserta Didik Melalui Soal PISA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 49–56.

Wulandari, A. A., Dafik, & Susanto. (2014). Penerapan Pembelajaran Realistik dengan Whole Brain Teaching pada Teorema Pythagoras untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Aktivitas Siswa Tunarungu Kelas VIIIB SMPLB Sinar Harapan Probolinggo. Jurnal Edukasi UNEJ, 1(2), 40–46.

Yani, R. (2012). Pengembangan Instrumen dan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Koneksi Matematis dalam Integral. Jurnal Penelitian Pendidikan, 13(1), 44–52.


Article Metrics

Abstract has been read : 1754 times
PDF file viewed/downloaded: 0 times


DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View JIPM Stats

 

JIPM indexed by:

       


Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)