Implementasi Model Pembelajaran ALC berbasis E-Modul Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Masa Pandemi COVID-19
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah sangat diperlukan baik dalam proses pembelajaran maupun dalam kehidupan sehari-hari. Namun, hasil penelitian PISA menunjukkan kemampuan pemecahan masalah siswa masih rendah. Oleh karena itu, perlu dikaji lebih lanjut mengenai kemampuan pemecahan masalah siswa khususnya dimasa pandemi COVID-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran ALC berbasis E-Modul terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada masa pandemi COVID-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental. Sampling pada penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dirancang dalam desain Posttest Only Control Group Design. Instrument yang digunakan berupa tes essay kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 4 Mengwi yang berjumlah 277 siswa dengan sampel penelitian 62 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dari tanggal 18 Agustus sampai 31 Agustus 2020 secara pembelajaran daring. Data dianalisis menggunakan uji ANOVA. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran ALC berbasis E-Modul terhadap kemampuan pemecahan masalah dengan nilai Fhitung > Ftabel yakni 4,852> 4,00 dan nilai signifikansi 0,031 £ 0,05.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia. (2010). Mathematical problem solving and mathematical connections abilities of students with accelerated learning cycle. International Conference on Mathematics and Science Education, 3. https://doi.org/10.1787/9789264091450-en
Ariasa, K., Santyadiputra, G. S., & Sindu, I. G. P. (2016). Pengembangan E-Modul Berbantuan Media CAI Pada Mata Pelajaran Fotografi Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 5(3), 127–135.
Ayubi, I. I. A., & Bernard, M. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA. JPMI, 1(3), 335–360.
Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika X UNS, 10.
Căprioară, D. (2015). Problem Solving—Purpose and Means of Learning Mathematics in School. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1859–1864. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.332
Diantari, L. P. E., Damayanthi, L. P. E., Sugihartini, N. S., & Wirawan, I. M. A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Mastery Learning Untuk Mata Pelajaran KKPI Kelas XI. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 7(1), 33. https://doi.org/10.23887/janapati.v7i1.12166
Erland, J. K. (2000). Brain-Based Accelerated Learning Longitudinal Study Reveals Subsequent High Academic Achievement Gain for Low Achieving, Low Cognitive Skill Fourth Grade Students. Journal of Accelerated Learning and Teaching, 25(3–4), 5–47.
Fausih, M. (2015). Bahasan “Instalasi Jaringan LAN (Local Area Network)” Untuk Siswa. Teknologi pendidikan Universitas Negeri Surabaya, 1(1), 1–9.
Fendrik, M., Ain, S. Q., & Mulyani, E. A. (2018). Pengaruh Accelerated Learning Cycle Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunjuk Ajar, 1(2), 116–128.
Fitria, N. F. N., Hidayani, N., Hendriana, H., & Amelia, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP dengan Materi Segitiga dan Segiempat. Edumatica, 8(1), 49–57.
Fleener, M. J., Westbrook, S. N., & Rogers, L. N. (1995). Learning cycles for mathematics: An investigative approach to middle-school mathematics. The Journal of Mathematical Behavior, 14(4), 437–442.
Hergüner, G., Son, S. B., Son, S. H., & Dönmez, A. (2020). The Effect of Online Learning Attitudes of University Students on their Online Learning Readiness. The Turkish Online Journal of Educational Technology, 19(4), 102–110.
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013.
Kinard, K., & Parker, M. (2007). The Accelerated Learning Cycle: Are You Ready to Learn? Am I Ready to Lead?". United States Conference On Teaching Statistics.
Kusuma, A. P., Kurniasari, N., & Ramadoni. (2020). The Application of the Accelerated Learning Cycle, Brain-based Learning Model, and Direct Instruction Model toward Mathematical Reasoning in Term of Mathematical Communication. Al-Jabar: Jurnal Prendidikan Matematika, 11, No.1, 21–28.
Mandala Putra, D. S., Sugiyarti, S., & Putra, Y. Y. (2018). Pengaruh Model Accelerated Learning Cycle Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Materi Bilangan Bulat. Journal Of Mathematics Science And Education, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.31540/jmse.v1i1.136
Mardiani, D. (2019). Model Accelerated Learning Cycle dalam Pembelajaran Pertidaksamaan Linear dan Nilai Mutlak. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 483–492.
Mentri Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran COVID-19. KEMDIKBUD.
Moore, J. L., Dickson-Deane, C., & Galyen, K. (2011). E-Learning, online learning, and distance learning environments: Are they the same? Internet and Higher Education, 14, 129–135. https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2010.10.001
Muligar, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Accelerated Learning Cycle untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Representasi Matematis serta Mengurangi Kecemasan Matematis Ditinjau dari Perbedaan Gender Siswa SMP. Pascasarjana UNPAS Bandung.
Murniati, S., & Winarti, E. R. (2019). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kerjasama Siswa SMPN 24 Semarang melalui Model Pembelajaran SSCS. PRISMA, 2, 99–102.
NCTM. (2000). Executive Summary Principles and Standards for School Mathematics. https://www.nctm.org/uploadedFiles/Standards_and_Positions/PSSM_ExecutiveSummary.pdf
NCTM. (2017). The Power of Problem Solving. https://www.nctm.org/uploadedFiles/publications/write_review_referee/journals/mtms2017-09-39a.pdf
Nurfatanah, Rusmono, & Nurjannah. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar, 546–551.
OECD. (2019). PISA 2018 Results. : www.oecd.org/about/publishing/corrigenda.htm. https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf
Rohaendi, S., & Rahmah, M. A. (2018). Penerapan Model Accelerated Learning Cycle (ALC) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Dampaknya Pada Motivasi Siswa SMA. BIORMATIKA Jurnal Ilmiah, 4(2), 8.
Roheni, Herman, T., & Jupri, A. (2017). Scientific Approach to Improve Mathematical Problem Solving Skills Students of Grade V. Journal of Physics: Conference Series, 895, 012079. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012079
Roswanti, R., Supandi, S., & Nursyahidah, F. (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berkemampuan Matematis Rendah Pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(3), 191–201. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i3.5878
Smith, A. (2007). Accelerated Learning in Practice (fifth). Network Educational Press Ltd.
Tambychik, T., & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ Difficulties in Mathematics Problem-Solving: What do they Say? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8, 142–151. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.020
TIMSS. (2015). East Asian Countries Top Achievers at Fourth Grade in Mathematics TIMSS 2015. http://timss2015.org/timss-2015/mathematics/student-achievement/
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.1489
Article Metrics
Abstract has been read : 1904 timesPDF file viewed/downloaded: 0 times
DOI: http://doi.org/10.25273/jipm.v9i2.8286
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View JIPM Stats
JIPM indexed by:
Copyright of JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) ISSN 2502-1745 (Online) and ISSN 2301-7929 (Print)