Pengembangan Media Matematika Virtual Berbasis Teams Game Tournament ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3656

Keywords:

Keywords pengembangan, teams game tournament, media pembelajaran matematika virtual, pemecahan masalah, uno beam magic

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran matematika virtual berbasis teams game tournament ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah yang valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran matematika virtual yang dihasilkan berbasis teams game tournament pada materi pokok bangun ruang sisi datar memuat 4 tingkatan dengan permainan Uno Beam Magic, dimana permainan ini terdapat soal-soal yang harus dikerjakan untuk naik ke level berikutnya. Prosedur pengembangan media matematika virtual menggunakan 5 tahapan yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Uji coba yang dilakukan meliputi ujicoba ahli/validasi ahli (expert judgement), uji coba kelompok kecil (small group try-out) dan uji coba lapangan (field try-out). Uji coba lapangan (field try-out) dilakukan pada dua kelas VIII di SMP N 1 Sedayu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan oleh guru, lembar penilaian kepraktisan oleh siswa, dan instrumen tes keefektifan media. Analisis data dilakukan dengan mengkonversi total skor data kuantitatif yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media matematika virtual berbasis teams game tournament memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

BSNP. (2006). Panduan penyusunan kurikulum tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional Pendidikan.

Geisert, Paul G & Mynga. 1995. Teachers, Computers and Curriculum: Microcomputers in the classroom. United State of America: Allyn & Bacon.

Kemp, E. J. (1994). Instructional design: a plan for unit and course development (2nd ed). New York: Merril.

Lee, W., & Owens, D. (2004). Multimedia based instructional design. San Fransisco: Preiffer.

Munir. 2008. Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung:Alfabeta.

Nieveen, N. (1999). Prototyping to Reach Product Quality dalam Plomp, T; Nieveen, N., Gustafson, K., Branch, R. M., & van den Akker, J (eds). Design approaches and tools in education and training. London: Kluwer Academic Publisher.

Nurfitri R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Uno Beam Magic Pada Materi Logika Matematika Untuk Siswa Kelas X SMA. Malang: Universitas Islam Malang.

Nuryadi. (2018). Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia Keefektifan Media Matematika Virtual Berbasis Teams Game Tournament Ditinjau Dari Cognitive Load Theory. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 1(etnomatnesia), 110–119. Retrieved from http://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/etnomatnesia/article/view/2301/1264

Nuryadi, & Khuzaini, N. (2016). Keefektifan Teams Game Tournament Ditinjau Dari Kemampuan Komunikasi Dan Pemecahan Masalah (Studi Eksperimen Pada SIswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Seyegan). Mercumatika , 1(pendidikan matematika). https://doi.org/https://doi.org/10.26486/mercumatika.v1i1.185

Pustekkom. (2004). Modul Serial Pelatihan Pengembangan Multimedia Interaktif. Jakarta: Pustekkom. Diknas.

Romi Satria Wahono. (2006). Aspek dan kriteria penilaian media pembelajaran. Diambil tanggal 23 April 2016 dari http://romisatriawahono.net/?p=170.

Slavin, R.E. (2008) Cooperatif learning. (Terjemahan Zubaedi). Bandung: Misan Nusa Media. (Buku asli diterbitkan tahun 2005).

Sugiman. (2013). Pengembangan Laboratorium Pendidikan Matematika Virtual:Adaptive E-Learning dan Cognitive Load Theory. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sweller, J. (1999). Instructional Design in Technical Areas. Victoria, Australia: Australian Council for Educational Research.

Sweller, J. (2004). Instructional Design Consequences of an Analogy between Evolution by Natural Selection and Human Cognitive Architecture. Instructional Science, 32(1-2), 9-31.

Sweller, J. (2010). Element Interactivity and Intrinsic, Extraneous, and Germane Cognitive Load. Educational Psychology Review, 22(2), 123-138.

Downloads

Published

03/31/2019

Issue

Section

Articles