Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Cibadak
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v7i2.3651Keywords:
koneksi matematis, soal cerita, koneksi pemodelan, koneksi konsep dan koneksi prosedurAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita, khususnya pada materi Kesebangunan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IX SMP Negeri 3 Cibadak yang terdiri atas 25 siswa. Instrumen yang digunakan diantaranya yaitu tes kemampuan koneksi matematis, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal cerita masih rendah. Hal ini terbukti dari Persentase kemampuan koneksi matematis tiap indikator koneksi kemampuan siswa dalam menuliskan model matematis hanya 48%, kemampuan menghubungkan konsep 60% dan melakukan koneksi prosedur 40%. Dari hasil tes terlihat bahwa kesulitan koneksi matematis siswa belum mampu menggunakan semua informasi dari masalah yang ada dalam soal cerita, belum mampu membuat model matematis dari permasalahan yang dimunculkan dalam soal, sehingga terjadi kesalahan dalam menghubungkan dengan koneksi konsep dan prosedur. Akibatnya, diperoleh jawaban yang tidak relevan. Hendaknya guru dalam proses pembelajaran memfasilitasi siswa untuk mengembangkan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita.
Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
03/31/2019
Issue
Section
Articles
License
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â