Model Pembelajaran Think Pair Share Guna Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI

Authors

  • Agung Widyantoro Universitas PGRI Madiun
  • Nur Samsiyah Universitas PGRI Madiun
  • Cerianing Putri Pratiwi Universitas PGRI Madiun
  • Heny Kusuma Widyaningrum Universitas PGRI Madiun

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v13i2.22100

Keywords:

model think pare share, hasil belajar, matematika

Abstract

Matematika sering dianggap sulit bagi siswa kelas 6karena belum menguasai konsep materi dari kelas. Hal ini terjadi di sekolah dasar Duren 02. Kesulitan yang dihadapi siswa salah satunya pada materi pecahan, di mana siswa kesulitan dalam operasi hitung pecahan yang berbeda bentuk pecahannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran Think Pair Share pada siswa kelas kelas 6. Tempat penelitian di SDN Duren 02 Pilangkenceng Madiun. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah kelas 6 SDN Duren 02ngan jumlah 14 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan tes soal matematika berupa operasi hitung pecahan dengan jenis soal pilihan ganda dan uraian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan observasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data hasil observasi dan tes, reduksi data, penyajian dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran dengan model think pair share menunjukkan dampak positif dan peningkatan ketuntasan belajar yaitu siklus 1 sebanyak 43% dan siklus 2 sebesar 79%. Penggunaan model pembelajaran think pair share diharapkan  tidak hanya digunakan di kelas 6 tetapi juga kelas lain.

 

Mathematics is often considered difficult for 6th-grade students because they have not mastered the concept of the material from the class. This happened at Duren 02 Elementary School. One of the difficulties faced by students is in the fraction material, where students have difficulty in calculating fractions that have different fraction forms. This study aims to determine the improvement in mathematics learning outcomes through the Think Pair Share learning model in 6th-grade students. The research location was at SDN Duren 02 Pilangkenceng Madiun. This study is a qualitative study with the type of classroom action research. The subjects of the study were 14 students in class 6 of SDN Duren 02. The instrument used in this study used a mathematics test in the form of fractional arithmetic operations with multiple choice and descriptive questions. Data collection techniques were carried out using tests and observations. Data analysis was carried out by collecting data from observations and tests, data reduction, presentation, and drawing conclusions. The results showed that learning with the think pair share model showed a positive impact and increased learning completeness, namely cycle 1 by 43% and cycle 2 by 79%. The use of the think pair share learning model is expected to be used not only in class 6 but also in other classes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminuddin, A., & Aprison, W. (2021). Kreativitas Guru dan Kemampuan Mengelola Kelas terhadap Pendidikan Agama Islam. Al-Aulia: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 7(2), 117–128.

Davadas, S. D., & Lay, Y. F. (2017). Factors affecting students’ attitude toward mathematics: A structural equation modeling approach. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(1), 517–529.

Enteding, A. A., Nento, A., Abd, A., & Dunggio, L. (2024). Kinerja Guru dalam Membimbing Belajar Siswa di SD GKST Sea Kecamatan Mamosalato Kabupaten Morowali Teacher Performance in Guiding Student Learning at GKST Sea Elementary School , Mamosalato District , Morowali Regency. 8, 115–123. https://doi.org/10.53090/j.linear.v8i2.754

Faruqi, D. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Melalui Pengelolaan Kelas. Journal EVALUASI, 2(1), 294. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v2i1.80

Hennessey, M. N., Higley, K., & Chesnut, S. R. (2012). Persuasive pedagogy: A new paradigm for mathematics education. Educational Psychology Review, 24, 187–204.

Heriyany, T. W., Sumianto, S., & Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Keterampilan Partisipasi Siswa Melalui Metode Think Pair Share Di Sekolah Dasar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 1(1), 9–15.

Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setyansah, R. K. (2014). Analisis kesulitan yang dihadapi oleh guru dan peserta didik sekolah menengah pertama dalam implementasi Kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika (studi kasus eks-karesidenan Madiun). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1).

Lerner, M. (2001). Math Smart. The Princeton Review.

Lubis, Y. P., & Dafit, F. (2023). Upaya Guru dalam Membimbing Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV SDN 009 Senama Nenek Kabupaten Kampar Teacher ’ s Efforts in Guiding Students ’ Learning Difficulties in Class IV SDN 009 Senama Nenek Kabupaten Kampar. 1, 30–37.

Masroza, F. (2013). Prevalensi anak berkesulitan belajar di sekolah dasar se Kecamatan Pauh Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 215–227.

Maurin, H., & Muhamadi, S. I. (2018). Metode Ceramah Plus Diskusi dan Tugas Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 1(2), 65–76. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v1i2.3526

Meilana, S. F., Aulia, N., Zulherman, Z., & Aji, G. B. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 218–226.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. sage.

Nelson, C. (2006). Fostering critical thinking: Comments and conversations. The Center for Excellence in Learning and Teaching (CELT). Brockport, NY.

Ningsih, Y. S., Lubis, S. S. W., Oviana, W., & Jarmita, N. (2020). Penelitian Tindakan Kelas Aplikatif. Ar-Raniry Press.

Robertson, K. (2006). Increase student interaction with “think-pair-shares” and “circle chats.” Colorin: Colorado. Diakses Dari Http://Www. Colorincolorado. Org/Article/13346 Pada, 5.

Rudyanto, H. E., Jatmiko, Ghufron, A., & Hartono. (2019). Do Elementary School Students Like Mathematics? 326(Iccie 2018), 241–245. https://doi.org/10.2991/iccie-18.2019.43

Rustiyarso, M. S. (2021). Panduan dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas. Noktah.

Samosir, S., Sihombing, B., & Purba, Y. O. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Kelas VIII di SMP N 12 Pematang Siantar. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 3561–3575.

Sari, M. N., Mudrikah, S., & Keban, Y. B. (2024). Metodologi Penelitian Tindakan Kelas & Research and Development. Sukoharjo: Pradina Pustaka Grup.

Siregat, M. H. S. (2021). Pembelajaran Think-Pair-Share (TPS) dalam Meningkatkan Berpikir Kritis dan Akademik Siswa. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 1(4), 270–280.

Suardin, S., & Yusnan, M. (2021). Pengaruh Manajemen Waktu Belajar Terhadap Efikasi Diri Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. JEC (Jurnal Edukasi Cendekia), 5(1), 61–71.

Sudarsih, A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS ( Think Pair Share) Terhadap Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI B SDN 19 Cakranegara. Reflection Journal, 1(2), 93–99. https://doi.org/10.36312/rj.v1i2.682

Sudirman, S., Yunita, I., Senjaya, A. J., Son, A. L., & Gunadi, F. (2020). Literasi Matematika Siswa Sekolah Menengah Pertama Pada Materi Relasi Dan Fungsi. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 66–74.

Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian tindakan kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).

Wood, T. (1994). Patterns of interaction and the culture of mathematics classrooms. In Cultural perspectives on the mathematics classroom (pp. 149–168). Springer.

Downloads

Published

03/31/2025

Issue

Section

Articles