Analisis Pemahaman Konsep Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Menggunakan Soal Hots Berdasarkan Teori APOS
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v13i2.21405Keywords:
pemahaman konsep, perkalian dan pembagian, teori APOS, soal HOTSAbstract
Pemahaman konsep dalam mata pelajaran matematika terutama pada materi perkalian dan pembagian bilangan cacah di Sekolah Dasar, sangat penting agar siswa dapat mengaitkan prinsip-prinsip dasar untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dibutuhkanlah trobosan dengan menerapkan soal HOTS pada mata pelajaran matematika agar pemahaman konsep pada siswa dapat maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana siswa kelas IV di Sekolah Dasar Kota Malang memahami konsep operasi perkalian dan pembagian menggunakan soal HOTS yang ditinjau berdasarkan teori APOS. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskrptif. Terdapat 3 siswa yang dipilih dari Gugus 1 Lowokwaru kota Malang yang menjadi subjek dalam penelitian ini. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tes, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menggunakan model Miles and Huberman meliputi tahap reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing). Hasil menunjukkan pada tahap aksi, sebagian siswa sudah mampu memberikan penyelesaian yang tepat. Pada tahap proses, sebagian siswa telah mampu menentukan langkah pengerjaan yang digunakan dalam menyelesaikan soal perkalian dan pembagian bilangan cacah. Pada tahap skema, sebagian siswa telah mampu membuat kesimpulan dari langkah pengerjaan serta jawaban terhadap soal perkalian dan pembagian bilangan cacah. Meski tidak sepenuhnya sempurna, siswa telah berhasil melalui semua langkah dalam Teori APOS. Di tahap aksi, proses, objek dan skema siswa memiliki pemahaman konsep yang berbeda-beda.
Concept understanding in mathematics subjects, especially in the material of multiplication and division of integers in elementary schools, is very important so that students can relate basic principles to be applied in everyday life. A breakthrough is needed by applying HOTS questions in math subjects so that students' understanding of concepts can be maximized. This study aims to describe how fourth grade students in Malang City Elementary School understand the concept of multiplication and division operations using HOTS questions based on APOS theory. This research was conducted using descriptive qualitative approach. There were 3 students of SDN 1 Gugus Lowokwaru Malang city who became the subjects in this study. The data collection instruments used in this study were tests, interviews and documentation. Data analysis in this study is using the Miles and Huberman model including data reduction, data display, and conclusion drawing. The results show that at the action stage, some students have been able to provide the right solution. At the process stage, some students have been able to determine the working steps used in solving multiplication and division problems of integers. At the schema stage, some students have been able to make conclusions from the working steps and answers to the multiplication and division of integers problems. Although not completely perfect, students have successfully gone through all the steps in APOS Theory. At the action, process, object and scheme stages, students have different conceptual understandings.
Downloads
References
Anderson. (2018). Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika.
Anwar, Y. S., Mandailina, V., & Pramita, D. (2014). Efektivitas penerapan teori APOS (Action, Process, Object, Schema) terhadap hasil belajar persamaan diferensial pada mahasiswa program studi pendidikan matematika tahun akademik 2012/2013.
Beckmann, S., & Izsák, A. (2015). Two perspectives on proportional relationships: Extending complementary origins of multiplication in terms of quantities. Journal for Research in Mathematics Education, 46(1), 17–38. https://doi.org/10.5951/jresematheduc.46.1.0017
Damayanti, F., & Rufiana, I. S. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Bangun Ruang Kubus dan Balok Ditinjau dari Motivasi Belajar.
Darmiany, G. S. A., & Nurhasanah. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas III pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 9 Ampenan Tahun Pelajaran 2022/2023. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(1), 56–66. https://doi.org/10.29303/griya.v3i1.271
Elsani, H. (2021). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Siswa Pada Pembelajaran Matematika Berbasis Daring Kelas 2 SDN 2 Cibadak. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 38–49.
Faiz, A., & Kurniawaty, I. (2020). Konsep Merdeka Belajar Pendidikan Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Progresivisme. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran,.
Faujiah, S., & Nurafni. (2022). Analisis Pemahaman Konsep Perkalian Pada Pembelajaran Matematika Peserta Didik Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 829–840. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2588
Gusman, A., Kamid, & Syamsurizal. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berdasarkan Teori Apos pada Materi Fungsi Kuadrat. 38(5), 1–6.
Khofifah, L., Supriadi, N., & Syazali, M. (2021). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah Matematis. Prisma, 10(1), 17. https://doi.org/10.35194/jp.v10i1.1098
Lenterawati, B. S., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Analisis Kesalahan Berdasarkan Tahapan Kastolan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Gaya Berpikir Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPPM), 2(6), 471–482. https://jurnal.uns.ac.id/JMMS/article/view/38031/25107
Lestari, L., & Surya, E. (2017). The Effectiveness of Realistic Mathematics Education Approach on Ability of Students’ Mathematical Concept Understanding. International Journal of Sciences.
Marlena, L., & Nugrheni, E. A. (2019). Probit Regression Analysis in Estimating the Effect of Learning Assisted by Cabri 3D on Students’ Mathematical Understanding Ability. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 319–326. https://doi.org/10.24042/ajpm.v10i2.4729
Mulyono. (2014). Teori APOS Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran.
Ningsih. (2018). Pemahaman mahasiswa terhadap persamaan diferensial biasa berdasarkan teori APOS.
Ningsih, E. W., Budianti, Y., & Sumirat, F. (2020). Model Pembelajaran Open Ended Sebagai Solusi Untuk Memaksimalkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sd. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(2), 234. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i2.192
Nurafni, N., Miatun, A., & Khusna, H. (2018). Profil Pemahaman Konsep Teorema Pythagoras Siswa Berdasarkan Perbedaan Gaya Kognitif Field Independent Dan Field. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 175–192.
Pramesti, B. T., & Mampouw, H. L. (2020a). Analisis Pemahaman Konsep Peluang Siswa SMP Ditinjau Dari Teori APOS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1054–1063. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.230
Pramesti, B. T., & Mampouw, H. L. (2020b). Analisis Pemahaman Konsep Peluang Siswa SMP Ditinjau Dari Teori APOS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 1054–1063.
Putri, H. E., & Adiputra, Y. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Pada Materi Trigonometri. Jurnal Ilmu Pengetahuan Internasional: Riset Dasar Dan Terapan (IJSBAR), 2(2)(2015), 309–320. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/758399
Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 10. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.652
Setyaningsih, V. P., & Firmansyah, D. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan Garis Lurus. Prisma, 11(1), 10. https://doi.org/10.35194/jp.v11i1.2048
Silfia, I., & Pranyata, Y. I. P. (2021a). Analisis pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan teori APOS.
Silfia, I., & Pranyata, Y. I. P. (2021b). Analisis pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear tiga variabel berdasarkan teori apos 1,2. 141–147.
Syafri, F. S. (2016). Pemahaman Matematika Dalam Kajian Teori APOS. At - Ta’lim, 15(2), 458–477.
Tasrif. (2022). Higher Order Thinking Skills (HOTS) dalam pembelajaran social studies di sekolah menengah atas. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 10(1), 50–61. https://doi.org/10.21831/jppfa.v10i1.29490
Tata, T., & Haerudin, H. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX pada Materi Aljabar. Prisma, 11(2), 363. https://doi.org/10.35194/jp.v11i2.2385
Unaenah, E., & Sumantri, M. S. (2019). Anderson. (2018). Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. Anwar, Y. S., Mandailina, V., & Pramita, D. (2014). Efektivitas penerapan teori APOS (Action, Process, Object, Schema) terhadap hasil belajar persamaan diferensial pada mahasiswa prog. Jurnal Basicedu, 3(1), 106–111.
Yuliandini, N., Hamdu, G., & Respati, R. (2019). Pengembangan Soal Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots) Taksonomi Bloom Revisi di Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 6(1), 37–46. http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â