Pengembangan LKPD Berbasis SFAE Terhadap Literasi Numerasi Dan Minat Belajar Siswa Kelas II SDN Kalipucang Kecamatan Kasihan Kabupaten Bantul
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v13i2.21110Keywords:
LKPD, SFAE, Literasi Numerasi, Minat Belajar, Pengembangan PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengevaluasi, dan menganalisis dampak LKPD berbasis SFAE terhadap literasi numerasi dan minat belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, yang mencakup tahap desain, validasi, uji coba, dan revisi LKPD. Instrumen penelitian meliputi angket, observasi, dan tes literasi numerasi. Data dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif untuk mengukur peningkatan literasi numerasi, serta analisis kualitatif untuk mengevaluasi minat belajar, kepraktisan, dan efektivitas LKPD. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan model ADDIE (analysis, design, development, implementasion, dan evaluasion) pada LKPD berbasis SFAE memberikan dampak positif yang signifikan terhadap literasi numerasi dan minat belajar siswa. 2) Kelayakan dari ahli media memperoleh penilaian sebesar 80% dan ahli materi 86% yang masuk dalam kategori "Layak". 3) Kepraktisan dari penilaian/respon guru berada di persentase 90%. Sementara itu, penilaian siswa untuk produk 96,67%, persentase minat 62,33% menunjukkan bahwa LKPD ini praktis dalam meningkatkan pemahaman materi dan minat belajar siswa. 4) Efektivitas menunjukkan skor 69.75%, mengindikasikan respon positif yang konsisten dari sebagian besar siswa yang menandakan pemahaman materi kuat. Penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis SFAE tidak hanya membantu siswa dalam memahami materi dengan lebih baik tetapi juga meningkatkan minat dan motivasi belajar mereka.
This study aims to develop, evaluate, and analyze the impact of SFAE-based LKPD (Student Worksheets) on elementary school students' numeracy literacy and learning interest. The method used is development research (R&D) employing the ADDIE development model with both quantitative and qualitative approaches, which includes the stages of design, validation, trial, and revision of the LKPD. Research instruments include questionnaires, observations, and numeracy literacy tests. The data were analyzed using descriptive statistical techniques to measure the improvement in numeracy literacy, as well as qualitative analysis to evaluate learning interest, practicality, and effectiveness of the LKPD. The research results show that: 1) The development of the ADDIE model (analysis, design, development, implementation, and evaluation) for the SFAE- based LKPD has a significant positive impact on numeracy literacy and students' learning interest. 2) The feasibility assessment from media experts received a score of 80%, and from material experts, 86%, both of which fall into the "Feasible" category. 3) The practicality assessment/response from teachers is at a percentage of 90%. Meanwhile, the student assessment for the product is 96.67%, and the interest percentage is 62.33%, indicating that this LKPD is practical in enhancing material understanding and students' learning interest. 4) Effectiveness shows a score of 69.75%, indicating a consistent positive response from most students, which signifies a strong understanding of the material. The study shows that the SFAE-based LKPD not only helps students better understand the material but also enhances their learning interest and motivation.
Downloads
References
Abidin, Z. (2017). Literasi Numerasi dalam Pendidikan Matematika: Pemahaman dan Implementasi.
Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Anggraeni, M., Listiani, D., & Kusuma, A. P. (2019). Penerapan Teknologi dalam Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi, 12(3), 56-64.
Anisa, S. (2017). Pengaruh Penggunaan LKPD dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 19(1), 45-54.
Ashri, A. (2021). Budaya Literasi dan Tantangannya dalam Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(2), 82-90.
Abu Ahmadi, & Widodo Supriyono. (2013). Psikologi Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Cahyanovianty, D., & Wahidin, S. (2021). Meningkatkan Potensi Siswa Melalui Pembelajaran yang Berfokus pada Minat dan Kreativitas. Jurnal Pendidikan Indonesia, 14(1), 22-30.
Ekowati, T., Hidayati, N., & Sukandar, S. (2019). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 78-86.
Fuadati, N., & Wilujeng, W. (2019). Pengembangan LKPD Matematika yang Efektif di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 15(1), 44-52.
Indrayani, I., Rusdi, R., Fitri, H., & Rahmat, T. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMPN 2 Ampek Angkek Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Pendidikan Matematika, 18(2), 112-120.
Karim, J. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Student Facilitator and Explaining (SFAE) pada Materi Lingkaran Kelas VIII MTS Muhammadiyah 02 Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Matematika, 19(3), 201-210.
Khikmiyah, H. (2021). Peran LKPD dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar.
Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 24(4), 35-42.
Kurnia Eka Lestari, K. E., Istarani, D., & Ridwan, R. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap Hasil Belajar Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(1), 14-22.
Listiani, D., & Kusuma, A. P. (2017). Pemanfaatan Teknologi Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Teknologi, 13(2), 88-97.
Miralda, N., & Marhaeni, L. (2023). Efektivitas Penggunaan LKPD untuk Meningkatkan Literasi Numerasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 22(2), 77-84.
Mudzalifah, M., & Maarif, M. (2023). Model Pembelajaran Student Facilitator & Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 25(3), 101-109.
Ngalimun, N. (2017). Psikologi Pendidikan: Teori dan Aplikasinya dalam Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nurrita, N. (2018). Pendidikan di Era Globalisasi: Tantangan dan Peluang. Jurnal Pendidikan, 12(1), 25-33. Pangesti, A. (2018). Pemahaman Matematika pada Siswa Sekolah Dasar: Hambatan dan Solusinya. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 7(1), 51-59.
Pereira, J., Tejedor, F., & Setyowati, L. (2020). Peran Pendidikan dalam Menyiapkan Lulusan Berkualitas di Era Global. Jurnal Pendidikan Global, 10(2), 112-119.
Priatna, P. (2018). Strategi Pembelajaran untuk Generasi Z: Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Globalisasi. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 14(3), 98-106.
Rahayuningsih, S. (2018). Pengembangan LKPD sebagai Alat Evaluasi dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, 20(1), 34-42.
Rahmawati, R., & Wulandari, D. (2020). Penggunaan LKPD dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 16(4), 66-73.
Rusmiati, R. (2017). Pengaruh Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 19(2), 23-30.
Rusniati, N. (2017). Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan, 19(1), 21-28. Setyowati, L., & Wahidin, H. (2020). Peran Pendidikan dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Nasional, 13(2), 74-82.
Subagyo, Y., & Arsana, I. W. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika, 18(1), 45- 53.
Susanty, L. (2020). Peningkatan Kreativitas dan Inovasi Melalui Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 22(4), 125-132.
Tejedor, F., Pereira, J., & Nurrita, N. (2019). Education in the Digital Age: Challenges and Opportunities for the Future. Jurnal Global Education, 8(2), 67-75.
Borg, W. R., & Gall, M. D. (2009). Educational Research: An Introduction (7th ed.). Pearson Education. Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer.
Sukmadinata, N. S. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Black, P., & Wiliam, D. (2018). Assessment and classroom learning. Assessment in Education: Principles, Policy & Practice, 5(1), 7-74.
Cohen, A. (2019). Designing and developing test items: Theoretical and practical aspects. Journal of Educational Measurement, 35(2), 211-226.
Hattie, J., & Timperley, H. (2020). The power of feedback. Review of Educational Research, 77(1), 81-112.
Messick, S. (2019). Validity of psychological assessment: Validation of inferences from persons' responses and performances as scientific inquiry into score meaning. American Psychologist, 50(9), 741-749.
Mudzalifah, & Maarif, M. (2023). Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Matematika Siswa. [Tahun Terbit]. [Penerbit].
Praitaimai, R. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis SFAE pada Pembelajaran Matematika. [Tahun Terbit]. [Penerbit].
Sairi, M. (2021). Penggunaan LKPD Berbasis SFAE dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. [Tahun Terbit]. [Penerbit].
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Subagyo, D., & Arsana, I. (2021). Keefektifan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining dalam Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â