Practicality of Treffinger Model-Based Linear Program Student Worksheets in Grade XI High School
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v13i2.20593Keywords:
Practicality, Student Worksheets, Treffinger ModelAbstract
Masalah yang terjadi pada pembelajaran matematika seringkali disebabkan oleh materi matematika yang abstrak, sehingga sulit bagi peserta didik untuk memahaminya terutama pada materi program linear. Peserta didik dituntut untuk mampu memahami kalimat pada soal dan mengubahnya menjadi model matematika, serta mampu membuat dan membaca grafik. Materi yang abstrak ini perlu dipoles dengan penyampaian tulisan yang mengajak belajar serta tampilan yang menarik, dengan begitu penyampaian materi mampu dipahami oleh peserta didik. Salah satu solusi yang diberikan ialah dengan membuat lembar kerja peserta didik (LKPD) yang berbasis model treffinger yang praktis agar dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi program linear. Jenis penelitian ini yaitu Research and Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Penelitian dibatasi sampai pada tahap develop dikarenakan hanya melakukan uji praktikalitas. Pengambilan data praktikalitas dilakukan dengan memberikan angket respon kepraktisan kepada seorang guru matematika dan 27 orang peserta didik kelas XI di SMA Kota Medan, Sumatera Utara. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa tahap define, design, dan develop telah teruji dengan hasil kevalidan dinyatakan sangat valid. Hasil uji praktikalitas pada peserta didik diperoleh sebesar 3,6 dengan kategori praktis. Demikian bahwa LKPD berbasis model treffinger praktis digunakan dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi program linear.
Problems that occur in mathematics learning are often caused by abstract mathematical material, making it difficult for students to understand, especially in linear program. Students are required to be able to understand the sentences in the problem and convert them into mathematical models, as well as being able to create and read graphs. This abstract material needs to be polished with the delivery of writing that invites learning and an attractive appearance, so that the delivery of material can be understood by students. One of the solutions provided is to make worksheets based on the practical Treffinger model, so they can be applied in mathematics learning activities on linear program. This type of research is Research and Development (R&D) using the 4-D model, namely Define, Design, Develop, and Disseminate. Research was limited to the development stage due to the practically test only. Practicality data were collected by giving a practicality response questionnaires to a mathematics teachers and 27 student grade XI at SMA in Medan City, Sumatera Utara Province. The previous research show that the define, design, and develop stages have been tested with the results of the validity declared very valid. The results of the practicality test on students were obtained at 3.6 with the practical category. Thus, the LKPD based on the Treffinger model is practically used in mathematics learning activities on linear program.
Downloads
References
Alfiansyah, M., & Rusmining, R. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Menanamkan Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VII. JIPM: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(2), 307–317. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i2.12649
Azahar, A., Yulia, Y., & Mardika, F. (2023). Pengembangan Modul dengan Setting Model Treffinger dalam Pembelajaran Matematika Kelas IX. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 421–433. https://doi.org/10.33654/math.v9i3.2219
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika.
Effendi, R., Herpratiwi, H., & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846
Fauziah, A. M., & Nurita, T. (2019). Activities of students in using worksheet based on Contextual Teaching and Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1417(1), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012088
Handayani. Risa. (2020). Efektivitas Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal At-Tarbawi, 12(1), 93–107. https://doi.org/10.32505/tarbawi.v12i1.2062
Huda, R., Rahardi, R., & Susanto, H. (2022). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis REACT Materi SPLDV. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 93–107. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.12757
Khairunnisa, S. A., Dayu, D. P. K., & Hastuti, D. N. A. E. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3, 1166–1185. https://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID/article/view/2978
Lukito, N. R. D. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika SMP Berbasis Model Treffinger dengan Pendekatan Saintifik untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Materi Kubus dan Balok. UIN Sunan Klijaga.
Mayasari, D., Natsir, I., & Zulfiah, M. (2022). How to Design Student Worksheet Based ELPSA Model to Improve Understanding of Mathematics Concepts? JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(3), 732–743. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i3.8622
Muhammad, I., & Yolanda, F. (2022). Minat Belajar Siswa Terhadap Penggunaan Software Adobe Flash Cs6 Profesional Sebagai Media Pembelajaran. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 11(1), 1–12. https://doi.org/10.25273/jipm.v11i1.11083
Munandar, U. (2016). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. PT Rineka Cipta.
Nasution, I. Y. P., Desnita, D., Putra, A., & Murtiani, M. (2021). Meta Analysis of The Effect of Student Worksheet Use on Student Learning Outcomes. Pillar of Physics Education, 14(4), 251–258. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24036/12191171074
Pioke, I., Rivai, S., Pakaya, W. C., & Abdullatif, N. (2022). Hubungan Antara Kemampuan Awal Matematika Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 SDN 08 Paguyaman. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(2), 803. https://doi.org/10.37905/aksara.8.2.803-808.2022
Priciliya, S., Sunardi, Yudianto, E., & Susanto. (2022). Development of Student’s Worksheet Based on Realistic Mathematics Education (RME) Approach to Know Students’ Mathematical Problem Solving Abilities. Mathematics Education and Learning, 2633, 1–6. https://doi.org/10.1063/5.0102677
Proulx, J. (2019). Mental mathematics under the lens: Strategies, oral mathematics, enactments of meanings. Journal of Mathematical Behavior, 56. https://doi.org/10.1016/j.jmathb.2019.100725
Ramadhan, S., Dahlia, A., & Qudsi, R. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Treffinger Berbantuan Aplikasi Geogebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kelas VIII SMP. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 4(5), 1083–1082. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1083-1092
Rangkuti, U. N. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Dengan Model Pembelajaran Treffinger Untuk Meningkatkan Pemahaman Dan Kreativitas Belajar Matematika Pada Siswa SMP. JIMEDU, 2(6), 478–484. https://jurnalmahasiswa.umsu.ac.id/index.php/jimedu/article/view/2047
Safenita, N., Jufri, L. H., & Yunita, A. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pada Materi Segiempat dan Segitiga di Kelas VII SMP. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 10(2), 68–78. https://doi.org/https://doi.org/10.26714/jkpm.10.2.2023.68-78
Sudjana, N. (2017). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.
Umbaryati. (2016). Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika Pentingnya LKPD pada Pendekatan Scientific Pembelajaran Matematika. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 217–225. https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21473
Whitney-Smith, R., Hurrell, D., & Day, L. (2022). The Role of Mathematics Education in Developing Students’ 21 st Century Skills, Competencies and STEM Capabilities. In Annual Meeting of the Mathematics Education Research Group of Australasia (MERGA) (pp. 554–561). MERGA. https://eric.ed.gov/?id=ED623713
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â