Tinjauan Gaya Belajar: Bagaimana Kemampuan Numerasi Siswa Auditorial Dalam Menyelesaikan Soal Tes Tertulis AKM Materi Bentuk Aljabar

Authors

DOI:

https://doi.org/10.25273/jipm.v13i1.20538

Keywords:

numeracy, auditorial students, AKM, algebraic form

Abstract

Kemampuan numerasi merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki siswa pada abad ke-21 untuk menyelesaikan permasalahan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa auditorial dalam menyelesaikan soal tes tertulis. Penelitian dilakukan dengan prosedur menyusun instrumen, menyebarkan angket gaya belajar untuk memilih subjek penelitian, mengumpulkan data penelitian dengan tes tertulis AKM dan wawancara yang dianalisis berdasarkan indikator numerasi, menguji keabsahan data dengan member check, menyajikan data penelitian, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah siswa auditorial cenderung mampu menyebutkan strategi dan operasi matematika secara lisan. Siswa auditorial cenderung mampu menyajikan informasi yang ada pada soal secara lisan, tetapi terdapat siswa auditorial yang menyajikan informasi secara lisan dan tertulis. Siswa auditorial cenderung tidak mampu merepresentasikan model matematika dikarenakan tidak tahu bagaimana cara memodelkan, tetapi terdapat siswa auditorial yang mampu merepresentasikan model matematika dari permasalahan untuk mendapatkan solusi. Siswa auditorial cenderung mampu menerapkan strategi dan operasi yang dipilih untuk menyelesaikan soal secara tertulis dan lisan. Siswa auditorial cenderung mampu memberikan interpretasi dari hasil perhitungan yang telah dilakukan. Meskipun demikian, siswa tetap perlu dibiasakan mengerjakan latihan soal numerasi untuk meningkatkan kemampuan numerasi yang dimiliki.

 

Numeracy skills are one of the abilities that students must have in the 21st century to solve math problems in everyday life. This type of research is qualitative descriptive research with the aim of describing the numeracy skills of auditorial students in solving written test questions. The research was conducted with the procedure of compiling instruments, distributing learning style questionnaires to select research subjects, collecting research data with AKM written tests and interviews analyzed based on numeracy indicators, testing data validity with member checks, presenting research data, and drawing conclusions. The results of this study are that auditorial students tend to be able to mention mathematical strategies and operations orally. Auditorial students tend to be able to present information in the problem orally, but there are auditorial students who present information orally and in writing. Auditorial students tend to be unable to represent mathematical models because they do not know how to model, but there are auditorial students who are able to represent mathematical models of problems to get solutions. Auditorial students tend to be able to apply the strategies and operations chosen to solve problems in writing and orally. Auditorial students tend to be able to provide interpretations of the results of calculations that have been carried out. However, students still need to be familiarized with numeracy exercises to improve their numeracy skills.

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmed, M. (2018). A Case Study on the Development of Adult Language , Literacy and Numeracy Skills. EAI Endorsed Transactions on E-Learning, 6(19), 1–6.

Arofa, A. N., & Ismail, I. (2022). Kemampuan Numerasi Siswa MA dalam Menyelesaikan Soal Setara Asesmen Kompetensi Minimum pada Konten Aljabar. MATHEdunesa, 11(3), 779–793. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p779-793

Craig, J., & Guzmán, L. (2018). Six Propositions of a Social Theory of Numeracy: Interpreting an Influential Theory of Literacy. Numeracy, 11(2). https://doi.org/10.5038/1936-4660.11.2.2

DePorter, B., & Hernacki, M. (2016). Quantum learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.

Fatmawati, Khaeruddin, Haris, A., Palloan, P., & Usman. (2022). Relationship Between Learning Styles and Physics Learning Outcomes of Class X Science Students. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(3), 237–247. https://doi.org/10.26618/jpf.v10i3.8987

Ginanjar, A. Y. (2019). Pentingnya Penguasaan Konsep Matematika Dalam Pemecahan Masalah Matematika di SD. Jurnal Pendidikan UNIGA, 13(1), 121–129.

Islamiah, M. A. U., Trapsilasiwi, D., Oktavianingtyas, E., Kurniati, D., & Murtikusuma, R. P. (2022). Analisis Pemecahan Masalah SPLTV Berdasarkan IDEAL Problem Solving Ditinjau Dari Gaya Belajar Visual-Auditorial-Kinestetik (VAK). Journal of Mathematics Education and Learning, 2(1), 74. https://doi.org/10.19184/jomeal.v2i1.25589

Karmeliana, D. S., & Ladyawati, E. (2023). Analysis of Senior High School Students’ Numeracy Based on Learning Style. JRPIPM, 6(2), 2581–0480.

Kemendikbud. (2017). Materi Pendukung Literasi Numerasi. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(9), 1–58.

Kemendikbud. (2020a). AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan KebudayaanPembelajaran Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–37.

Kemendikbud. (2020b). Desain Pengembangan Soal Asesmen Kompetensi Minimum. Pusat Asesmen Dan Pembelajaran, Badan Penelitian Dan Pengembangan Dan Perbukuan, Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–125.

Kemendikbud. (2021). Inspirasi Pembelajaran yang Menguatkan Numerasi pada Mata Pelajaran Matematika untuk Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1(1), 90.

Lestari, N. D. S., Pambudi, D. S., Kurniati, D., Maulana, A. P., Murtafiah, W., & Suwarno, S. (2023). Kesiapan Guru Matematika Sekolah Menengah Dalam Mengajarkan Literasi Dan Numerasi Melalui Kurikulum Merdeka. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 1650. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v12i2.6674

Marpaung, J. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 2(2), 13–17. https://doi.org/10.33373/kop.v2i2.302

Mubarkah, R. E., & Masriyah. (2023). Kemampuan Numerasi Siswa AMP/MTs yang Bergaya Belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik Pada Konten Pengukuran dan Geometri. MATHEdunesa, 12(1), 176–193. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n1.p176-193

Mulyani, A., Indah, E. K. N., & Satria, A. P. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Smp Pada Materi Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 251–262. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i2.24

Nurdiana, E., Sarjana, K., Turmuzi, M., & Subarinah, S. (2021). Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(2), 202–211. https://doi.org/10.29303/griya.v1i2.34

Pulungan, S. A. (2022). Analisis kemampuan literasi numerasi pada materi persamaan linear siswa SMP PAB 2 Helvetia. Journal On Teacher Education, 3(3), 266–274. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jote/article/view/4574/3287

Putri, B. A., Utomo, D. P., & Zukhrufurrohmah. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Aljabar. JRPM, 6(2), 141–153. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/jrpm

Putri, N. W. S., & Suryati, N. K. (2020). Analysis of The Style of Learning Based on Visual, Auditorial, Kinesthetic on Students of Computer System. IJECA (International Journal of Education and Curriculum Application), 3(1), 43. https://doi.org/10.31764/ijeca.v3i1.2056

Rambe, M. S., & Yarni, N. (2019). Pengaruh Gaya Belajar Visual, Auditorial, Dan Kinestetik Terhadap Prestasi Belajar Siswa Sma Dian Andalas Padang. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 2(2), 291–296. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.486

Retnaninggalih, P. D., Trapsilasiwi, D., & Putri, I. W. S. (2021). Profil Pemecahan Masalah SPLDV Berdasarkan Kemampuan Metakognisi Siswa Ditinjau dari Self Regulated Learning. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(1), 20. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i1.24372

Rosidi, A. A., Nimah, M., & Rahayu, E. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Siswa SMP ditinjau dari Gaya Belajar. Jurnal Kewarganegaraan, 6(2), 3303–3315.

Saaroh, F., Abdul Aziz, T., & Antari Wijayanti, D. (2021). Analysis of Students’ Misconceptions on Solving Algebraic Contextual Problem. Risenologi, 6(1), 19–30. https://doi.org/10.47028/j.risenologi.2021.61.165

Sari, L. M., Sutirna, & Firmansyah, D. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa. 6(1), 207–218. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i1.14034

Situmorang, A. S., & Sinaga, D. F. (2022). Analysis of numeracy literacy skills of students on the Pythagorean Theorem material in Class VIII UPT SMP Negeri 7 Medan T.A. 2021/2022 1). 2(1).

Trisnaningtyas, N. O., & Khotimah, R. P. (2022). Analisis Kemampuan Literasi Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Akm Ditinjau Dari Gaya Belajar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2714. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.5662

Umar, & Widodo, A. (2022). Analysis of The Numerical Ability of Elementary School Students in Terms of Gender Differences. Jurnal Scientia, 10(02), 270–274. http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan

Wijaya, A. (2016). Aljabar : Tantangan Beserta Pembelajarannya. JURNAL GANTANG Pendidikan Matematika FKIP, 1(1), 1–14.

Winata, R., & Friantini, R. N. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Landak pada Pemecahan Masalah Operasi Aljabar. Al -Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6, 2, 89–104. https://doi.org/https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.281

Downloads

Published

09/30/2024

Issue

Section

Articles