Pengembangan Aktivitas Pembelajaran Menggunakan Aplikasi MathCityMap Untuk Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v13i1.19726Keywords:
penelitian pengembangan, kemampuan pemecahan masalah kontekstual, aktivitas math trail, MathCitymapAbstract
Penalaran dalam matematika akan menjadi dasar dalam mengkonstruksi pengetahuan konsep-konsep awal matematika. Hasil studi literatur mengatakan siswa mengalami peningkatan hasil belajar dan motivasi belajar matematika, jika pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan sebuah produk aktivitas pembelajaran matematika menggunakan aplikasi MathCityMap dengan tujuan penelitian 1) mengembangkan produk aktivitas pembelajaran menggunakan aplikasi MathCityMap untuk mengembangkan kemampuan pemecahan masalah kontekstual 2) mengetahui dan mendeskripsikan hasil kualitas produk aktivitas pembelajaran menggunakan aplikasi MathCityMap. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan dengan model ADDIE dari Robert Maribe Branch (2009) dalam Sugiyono (2022). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, hasil pengukuran aktivitas pembelajaran soal kontekstual, penyebaran angket respon siswa, dan validasi produk aktivitas MathCityMap. Data tersebut akan dianalisis dengan teknik deskriptif dan kuantitatif untuk mengukur kevalidan, kepraktisan aktivitas, dan tingkat kemampuan pemecahan masalah siswa. Uji coba produk aktivitas math trail dilakukan kepada 32 orang, siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Yogyakarta. Hasil penelitian dalam mengembangkan produk aktivitas pembelajaran matematika menggunakan aplikasi MathCityMap untuk 1) mengembangkan kemampuan pemecahan masalah kontekstual dengan tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil uji validitas produk MathCityMap diperoleh persentase 83,33% dengan kriteria sangat valid. Kemudian, 2) hasil kepraktisan produk dari angket respon siswa diperoleh persentase 74,13% dengan kriteria praktis. Hasil rata-rata pengerjaan aktivitas math trail adalah 77,7 dengan kriteria baik. Hasil rata-rata kemampuan pemecahan masalah yaitu 69,51% dengan kriteria sedang.
Downloads
References
Amelia, R., Sartono, K. E., & Pasani, C. F. (2020). Kajian Neuroscience dalam Pengembangan Ilmu Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 4(1), 1. https://doi.org/10.24036/jippsd.v4i1.110447
Arafani, E. L., Herlina, E., & Zanthy, L. S. (2019). Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah Matematik Siswa SMP Dengan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 323–332. https://doi.org/10.31004/cendekia.v3i2.112
Cahyadi, M. R., Darmayanti, R., Muhammad, I., Sugianto, R., & Choirudin. (2023). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika (KAM). Jurnal Sains Dan Pembelajaran Matematika, 1(2), 37–43. https://doi.org/10.51806/jspm.v1i2.55
Ditasari, D. D., Sugiman, & Munahefi, D. N. (2023). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII MTs Abadiyah Gabus pada Materi Bangun Datar. 7(2), 951–957. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.1990
Dwi Putra, H., Fathia Thahiram, N., Ganiati, M., Nuryana, D., Studi, P., Matematika, P., Siliwangi, I., Jenderal, J. T., Cimahi, S., Kunci, K., Pemecahan, K., Matematis, M., & Siswa, P. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90. http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm
Fatmala, R. R., Sariningsih, R., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smp Kelas VII Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 227–236. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.192
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309
Hengki, W. (2018). Pendidikan Neurosains Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Masa Kini. Pendidikan Dasar, 2(March), 1–19.
Ismaya, B. F., Cahyono, A. N., & Mariani, S. (2018). Kemampuan Penalaran Matematika dengan Math Trail Project berbantuan MathCityMap. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, November 2020, 17–26. https://www.researchgate.net/profile/Bayu-Fajar-Ismaya/publication/346407893_Kemampuan_Penalaran_Matematika_dengan_Math_Trail_Project_berbantuan_MathCityMap/links/5fc05675458515b797772bb5/Kemampuan-Penalaran-Matematika-dengan-Math-Trail-Project-berbantuan
Latifah, R. A., & Mahmudi, A. (2018). Pengaruh Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Brain Based Learning terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Teorema Pythagoras. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1–9.
Ludwig, M., & Jablonski, S. (2019). Doing Math Modelling Outdoors- A Special Math Class Activity designed with MathCityMap. 1–8. https://doi.org/10.4995/head19.2019.9583
Martin, B., Nuni, N., Shinta, M., & Nadila, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar. Journal of Mathematics Education, 2(2).
Mashuri, S. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Deepublish.
Ramadani, S. P. A., & Siswono, T. Y. E. (2023). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Kontekstual pada Materi Perbandingan Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 59–66. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v12n2.p652-662
Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 111–128. https://doi.org/10.22342/jpm.5.2.581.
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Statistika. Jurnal Pendidikan Matematika, 2, 335–344. https://doi.org/10.35438/inomatika.v4i1.279
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan (Research and Development/R&D). ALFABETA, cv.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â