Pengembangan Modul Berbasis Etnomatematika Bangunan Masjid di Jember pada Materi Transformasi Kelas IX
DOI:
https://doi.org/10.25273/jipm.v13i1.19539Keywords:
modul, etnomatematika, transformasiAbstract
Bahan ajar berupa LKPD dan buku paket yang digunakan dalam pembelajaran matematika belum membantu siswa dalam memahami materi transformasi karena materi yang terdapat dalam LKPD dan buku paket belum berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul berbasis etnomatematika yang akan mengaitkan materi transformasi kelas 9 dengan bangunan masjid di Jember karena masjid berkaitan erat dengan kehidupan siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan desain model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian terdiri dari 30 siswa kelas 9 SMPN 1 Wuluhan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kevalidan berdasarkan hasil pengisian angket validasi oleh tiga validator, analisis kepraktisan berdasarkan hasil angket respon siswa, dan analisis keefektifan berdasarkan skor tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis kevalidan diperoleh total skor rata-rata kevalidan sebesar 3,7. Hasil analisis kepraktisan menghasilkan total skor rata-rata sebesar 3,39 dengan persentase 84,87%. Hasil analisis keefektifan menunjukan 80% siswa tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil ketiga analisis tersebut, modul berbasis etnomatematika yang dikembangkan telah terbukti valid, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar sehingga dapat membantu siswa kelas IX memahami materi transformasi yang sudah dibuktikan oleh perolehan skor ketuntasan tes siswa.
Learning materials from student worksheets and textbooks in mathematics learning are not able to assist students understanding in transformation materials. If the material did not relate to student daily life. This study aims to generate an ethnomathematics-based module that will connect 9th-grade transformation materials with a mosque building in Jember since mosque related to student daily life. This study used the R&D method with ADDIE model design consisting of five stages, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The subjects of the study consisted of 30 students in SMPN 1 Wuluhan. Data analysis methods used in this study were validity analysis according to the results of the validation questionnaire by three validators, practicality analysis according to the results of students’ response questionnaire, and effectiveness analysis according to the student learning outcomes. Based on the results of the validity analysis, the average score of validity analysis was 3.7. The results of the practicality analysis obtained an average score of 3.39 with a percentage of 84.87%. Moreover, the results of the effectiveness analysis showed that 80% of students have completed classically. According to the results of three analysis, the ethnomathematics-based module developed has been proved to be valid, practical, and effective to be used as learning materials so that it can assist 9th-grade students in understanding transformation materials as proven by the students' test completion scores.
Downloads
References
Alditia, L. M., Witono, H., & Nurnawanti, I. (2023). Pengembangan Modul Etnomatematika Kearifan Lokal Suku Sasak Materi Volume Bangun Ruang Kelas V. Jurnal Pendidikan Matemtaika, 216-234.
Azka, H. H., Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 224-236.
Dirjen SDA KemenPUPR. (2019). Panduan Menyusun Modul. Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan.
Hanggara, Y., & Aini, R. N. (2020). Pengembangan Modul Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Pada Materi Lingkaran Untuk Siswa Kelas VIII SMPN 11 Bintan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 240-247.
Hartindya, R. P., Sunardi, & Yuliati, N. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berorientasi Etnomatematika Batik Nusantara Materi Transformasi Geometri Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 2257-2268.
Hayu, E., Saragih, S., & Kartini, K. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Model Problem Based Learning Pada Materi Segiempat dan Segitiga SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 3006-3017.
Kholisa, F. N. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Terhadap Konsep Geometri Pada Rumah Joglo Pati. Circle: Jurnal Pendidikan Matematika, 89-108.
Maryanto, B. P., Rachmawati, L. N., Muhammad, I., & Sugiyanto , R. (2023). Kajian Literatur: Problematika Pembelajaran Matematika Di Sekolah. Delta-Phi: Jurnal Pendidikan Matematika, 93-106.
Muklisin, A., Hasanah, B., & Silviani, S. (2020). Matematika Keislaman: Identifikasi Penggunaan Konsep Matematika pada Masjid Roudhotul Muchlisin di Jember. Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains, 43-47.
Putri, S. A., Putra, Z. H., & Alpusari, M. (2023). Pengembangan Modul Materi Bangun Datar Berbasis Etnomatematika Melayu Kuansing Di Sekolah Dasar. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 3309-3329.
Ratriana, D., Purwoko, R. Y., & Yunzianah, D. (2021). Pengembangan E-modul berbasis Etnomatematika yang Mengeksplorasi Nilai dan Budaya Islam untuk Siswa SMP. AlphaMath Journal of Mathematics Education, 11-19.
Safrida, L. N., Susanto, Setiawan, T. B., Yudianto, E., Ambarwati, R., & Pangestika, B. W. (2022). Ethnomathematics: Geometry Exploration in Pura's Architecture of Taman National Alas Purwo. Mathematics Education and Learning (pp. 1-5). New York: AIP Publishing LLC.
Setyadi, A., & Saefudin, A. A. (2019). Pengembangan Modul Matematika Dengan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Siswa Kelas VII SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12-22.
Sukendra, I. K., & Sumandya, I. W. (2020). Analisis Problematika Dan Alternatif Pemecahan Masalah Pembelajaran Matematika Di SMP. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 177-186.
Suprihatiningsih, S., & Annurwanda, P. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Masalah Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 57-63.
Tarigan, N. Y., & Syahputra, E. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa di Kelas VII SMP Swasta Santa Maria Kabanje. Science and Education Journal, 506-512.
Yudianto, E., Febriyanti, R. A., Sunardi, S., Sugiarti, T., & Mutrofin, M. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Pada Masjid Jami' Al-Baitul Amien Jember. Ethnomsthemstics Journal, 11-20.
Zega, Y. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Materi Lingkaran. Journal Of Smart Society Adpertisi, 18-24.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Every accepted manuscript should be accompanied by "Copyright Transfer Agreement" prior to the article publication.
JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) by http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JIPM is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Â
Â